Minggu, 17 Juli 2011

Flu Berkepanjangan Bisa Sebabkan Sinusitis

Biasanya influenza atau flu hanya berlangsung tiga hingga tujuh hari. Namun, bagaimana jika flu menyerang lebih dari satu minggu atau bahkan berbulan-bulan. Bila influenza terjadi terus menerus, maka bisa jadi itu tanda awal munculnya sinusitis. Apapun penyebabnya, bila flu dibiarkan akan bisa berakibat fatal dari sinusitis hingga penyakit asma.
Penyakit flu merupakan infeksi virus yang hampir setiap orang pernah mengalaminya, termasuk kita dan anak-anak.
Penyebab Sinusitis.
Sebenarnya flu tergolong penyakit yang masa berlangsungnya terbatas. Karena itu, sistem kekebalan tubuh manusia sudah mampu mengatasi virus penyebab flu, atau boleh dikatakan bahwa sebenarnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.
Tetpai harus diingat, pada saat menderita flu, maka solusi pertama yang wajib dilakukan adalah dengan beristirahat yang cukup dan bila perlu mengisolasi diri agar orang lain tidak tertular serta tidak timbul infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri.
Dari penyakit flu inilah yang bisa menyebabkan penyakit sinusitis.

Penyebab lain adalah akibat virus influenza yang berkepanjangan sehingga membuat daerah hidung terus menerus berlendir sehingga kuman atau virus mudah sekali bersarang. Lama kelamaan akan timbul pembengkakan di daerah rongga hidung, sehingga lendir di dalam sinus tidak bisa keluar.
Padahal, sinus harus bersih dan steril agar udara di dalmnya bisa keluar masuk dengan lancar.

Pengaruh Alergi.
Sinusitis juga rentan dialami oleh orang yang memiliki bakat alergi. Karena itu, apabila akar dari sinus sangat berdekatan dengan akar gigi geligi, maka kuman mudah sekali berpindah tempat.
Adenoid yang terletak persis di belakang hidung sebenarnya berfungsi sebagai pertahanan untuk menyaring kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh. tetapi bila adenoidnya terlalu besar, maka akan menghalangi keluarnya sekresi (dahak) yang berasal dari muara sinus.

Wal hasil, jika muaranya ditutup oleh adenoid, lendir tidak bisa keluar dan udara tidak bisa berputar dengan baik. Akibatnya, hidung akan terus berlendir dan kuman gampang sekali tumbuh.


Berdampak Penyakit Asma.
Tanda lain bahwa flu sudah mengarah ke sinusitis adalah kepala pusing, hidung tersumbat dan adanya lendir yang mengalir di tenggorokan atau post nasal drip.
Pusing terjadi karena udara yang seharusnya bisa mengalir dengan lancar jadi terhambat karena adanya pembengkakan di rongga hidung atau infeksi pada adenoid.

Sementara hidung tersumbat, disebabkan oleh produksi lendir yang berlebih akibat alergi, ditambah penyempitan rongga hidung akibat begkak. Akhirnya lendir tidak bisa keluar lewat hidung melainkan masuk ke tenggorokan.
Tak heran, penderita sinusitis sering merasa tenggorokannya berisi lendir. Bila kondisi ini terus didiamkan dan penyebab sinusnya adalah alergi, mungkin sekali akan terjadi penyakit asma, karena tenggorokan yang semula berfungsi dengan baik bisa terganggu akibat lendir yang terus menerus di tenggorokan.

Obat dan Operasi.
Sebelum dilakukan pengobatan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab penyakit yang diderita.
Jika penyebabnya alergi, kita harus menghindarinya (penyebab alerginya), karena bila hanya sinusnya yang diobati dan tidak dicari tahu penyebab alerginya, di kemudian hari sinusitisnya pasti akan kambuh lagi.

Bila penyebabnya infeksi rongga hidung, infeksi inilah yang akan dihilangkan lewat pemberian antibiotik, untuk mematikan kuman atau bakteri dan decongestan, untuk melegakan saluran pernafasan.

Jika setelah sekian lama sinusitisnya tidak kunjung sembuh, biasanya dokter akan melakukan fisioteraphy UKG dan inhalasi, bila perlu dilakukan rontgen untuk melihat penyebabnya, karena dari situ akan terlihat dengan jelas apakah adenoidnya sudah benar-benar mengganggu atau tidak.
Sedangkan pada kasus yang parah, pengobatan bisa dengan operasi untuk mengeluarkan lendir dan nanah dalam sinus.

30 komentar:

  1. ngeri juga mas!!jadi takut juga kalo kena flu di biarin berlamam-lama...nice info..makasih dah mampir.....keep posting&share info...plus sundulan..

    BalasHapus
  2. wah harus hati2 ni kalo kena flu

    jadi takut hehehe ... :)

    BalasHapus
  3. wah mas ngeri juga yah :D kalo pilek kepanjangan karena sering begadang gimana mas??

    BalasHapus
  4. i rasa i ade sinus la...

    :(

    BalasHapus
  5. wah ternyata ngeri juga ya gan, hanya karena flu bisa menyebabkan penyakit lain

    BalasHapus
  6. wahhh,aku harus ke dokter ni.malah aku flu bertahun-tahun.tp klo minum obat takut efek kimianya.

    BalasHapus
  7. Saya pilek...udh lewat satu mnggu..bhkan sx2 kluar darah...apkh itu tnda2 sinustis....atau yg lain..bsa tlong dijelaskn

    BalasHapus
  8. saya malah sudah divonis penyakit polip.. waktu umur 13tahun,sya dah mulai flu dan berkepanjangan..dan sya fikir cuma flu biasa..sampai akhirnya umur 17tahun sya priksa ke dokter, dan katanya saya kena polip..
    ya tuhan...sakit bget.. sya sering gag bsa nafas.. :'(
    disuruh operasi tapi sya gag mau..

    BalasHapus
  9. wah ngeri jga ya.ku sering bgt kena flu.dah capek bgt minum obat trus

    BalasHapus
  10. Apakah sinus bisa berpengaruh ke mata ? soalnya saya merasakan kalau hidung sedang tersumbat dan posisi tidur bantalnya satu dg bantal tinggi (4 bantal) ada pengaruhnya,yaitu bangun tidur mata tidak enak (ada pusingnya),tp kalau posisi pake bantal tinggi, bangun tidur mata agak enak.(Rini)

    BalasHapus
  11. saya alergi debu,saya sering skali pilek dan flu.. pilek nya kyk air aj... sdkit saja kena debu pasti pilek.. tenggorokan sering kering juga..
    saya perokok.
    tlong bantuan nya..terima kasih.
    ryandcongak@rocketmail.com

    BalasHapus
  12. waduuhh sekarang musim kemarau debu dimana mana banyak yang sakit flu hati2 itu bisa berbahaya

    BalasHapus
  13. waduuhh sekarang musim kemarau debu dimana mana banyak yang sakit flu hati2 itu bisa berbahaya

    BalasHapus
  14. trimksh infox gan..
    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

    BalasHapus
  15. aku dah sebulan lebih flu sebelah ngak sembuh sembuh biasanya 3 hari paling lama seminggu sembuh setelah minum obat, tapi kali ini berkepanjangan . takut juga kalu sinusitis ngeri pengobatannya.

    BalasHapus
  16. saya mengalami flu yg berkepanjangan yg tak kunjung sembuh... terkadang 1 hari sembuh nnti kambuh lagi...
    padahal saya sudah minum segala macam obat flu...antibiotik jga sudah.tapi tidak ada perubahan.
    sempat org tua menyuruh saya untuk priksa ke dokter, tapi saya takut kalo hasilnya positif sinusitis....
    saya takut.... solusinya bagaimna ya...

    BalasHapus
  17. saya juga lagi pilek sekarang padahal seminggu yg lalu baru aja smbuh, saya emang tipe orang yg ga suka minum obat kalo sakit2 bginian, lbih suka dibiarin smbuh sndiri,

    tapi wktu 2 minggu yg lalu saya dipaksa minum obat, pagi2nya pas ngeluarin ingus trnyata ingusnya campur darah pdahal sbelumnya ga prnah kyak gitu, ahirnya smpe skarang ingusnya selalu disertai bercak darah, kdang banyak kdang dkit, kdang merah segar kdang merah tua, bahkan saya smpat mimisan pdahal seumur-umur blm prnah skalipun mimisan
    apa mgkin sinusitis ya??

    BalasHapus
  18. sy sudah berbulan2 mengalami flu ini, gk tenang sy,.,.,., sesak bangetttt

    BalasHapus
  19. kalau saya ingusnya mukai kuning, blm sih sakit kepala, apakah fku ke sinusitism tdk merokok

    BalasHapus
  20. semua gejala2nya seperti yang saya alamin sekarang gan. saya flu hampir 4 bulan gak sembuh2 dikarenakan saya bekerja di tempat ber AC. tiap 15menit-30 menit sekali saya selalu ke kamar mandi untuk membuang ingus.

    mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  21. kasus saya sama seperti ryand congak dan Noor Hidayati

    Gimana ya solusinya :( tolong bantuannya dong yg bisa menjawab dan berpengalaman sembuh!

    Terima kasih.

    BalasHapus
  22. saya juga salah satu penderita penyakit flu berkepanjangan..
    tapi belum pernah periksa ke dokter..

    apa ada cara yg aami mengatasi masalah ini???

    BalasHapus
  23. sy dah opr sinusitis bln kmrn..opr nya sih ga skt krn bius total,,ambil tamponnya yg lumayan bikin meringis... apapun yg kita derita jgn anggap sepele

    BalasHapus
  24. sya jg dh 5 buln flu bhkn smpai skarng flunya blum smbuh'' jg. . V flunya hnya pgi smpai siang . .n mlmnya flunya smbuh. . Gmna ya cra ngobtinya?

    BalasHapus
  25. sya flu disetiap pagi di hawa dingin
    setelah mandi dengan air dingin lalu terkena panas matahari tak bisa berhenti untuk bersin2 tapi ketika suhu badan sudah mulai stabil flu itu berhenti, dan itu terjadi disepanjang tahun
    dan selalu flu terus, hidung rasanya gatal untuk selalu mengkucek2 dan akhirnya hingga mimisan, tapi mimisan itu juga hadirnya tidak waktu flu saja, kalau sudah terlalu capai sekali maka mimisan itu keluar dengan sendirinya, itu penyakit apa ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu sama dengan yg saya alami juga,, kira2 apa ya solusinya??

      Hapus
  26. Saya udah cape hampir tiap hari kena flu idung ingusan terus kepala sakit karna sering ngeluarin ingus.padahal udah d kasih obat ini itu tapi tetep aja. Flu oh...flu kau selalu menggangguku

    BalasHapus
  27. Saya udah cape hampir tiap hari kena flu idung ingusan terus kepala sakit karna sering ngeluarin ingus.padahal udah d kasih obat ini itu tapi tetep aja. Flu oh...flu kau selalu menggangguku

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil

Label