Penyebab Rematik

Penyakit rematik ini bisa menyerang siapa saja termasuk juga anak kecil. Penyakit rematik ini sering juga disebut dengan sakit encok pada umumnya.
Penyakit rematik dapat menimbulkan gangguan pada persendian dan jaringan lunak di sekitar sendi seperti:
  • Urat syaraf.
  • Otot.
  • Tendon.







Penyebab Rematik karena Penyakit.
Penyebab dari rematik ini bermacam-macam. mulai dari peradangan akibat infeksi, kemudian degeneratif seperti osteoartritis, demam rematik, gangguan metabolik seperti, kelebihan asam urat (gout), sampai dengan penyakit autoimun yang sulit disembuhkan seperti rheumatoid arthritis, spondylitis ankylopoetica yang menyerang tulang belakang, dan penyakit lupus.

Penyakit ini dapat terjadi pada semua kelompok umur, walaupun kecenderungan terkena akan lebih sering pada usia paruh baya ke atas.

Penyebab Rematik karena Makanan.
Faktor makanan mungkin saja memiliki pengaruh burk terhadap terjadinya dan kekambuhan gangguan rematik ini, seperti terllau banayk makan daging atau jeroan dapatlah memicu serangan rematik gout (kelebihan asam urat).




Memang dianjurkan pola hidup sehat seperti mengurangi makanan berlemak tinggi, protein hewani bagi yang kelebihan asam urat.
Garam bagi yang memiliki tekanan darah tinggi.
Gula bagi yang sakit kencing manis.

Disamping itu, buanglah kebiasaan merokok dan minuman alkohol. Tentunya perlu ditunjang dengan gaya hidup sehat, seperti aktif berolahraga dan menghindari stres yang berlebihan.

Obat yang cocok.
Obat yang cocok tentunya tergantung dari jenis penyakitnya.
Untuk pertolongan pertama menghilangkan nyeri kita dapat memberikan obat anti inflamasi nonsteroid (seperti yang dijual dipasaran atau apotik).
Untuk selanjutnya adalah konsultasikan kepada dokter Anda untuk mencari penyebabnya, dan mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium dan rontgen.

Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Penyebab Rematik"

  1. kalo mandi di malam hari katanya bisa bikin rematik. apa benar ya?
    kalo mandi di malam hari katanya bisa bikin rematik. apa benar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Said Arsyad yang suka mandi malam, sebenarnya kebiasaan mandi malam jika menggunakan air hangat tidak ada masalah dengan kesehatan. Sejauh ini, belum ada penelitian khusus yang menegaskan bahwa mandi malam dapat mengakibatkan kesehatan memburuk.

      Kabar yang tersebar di masyarakat sangat mungkin dikaitkan dengan orang yang mandi menggunakan air dingin. Karena, dengan suasana dingin bisa saja ada terrasa ngilu di badan dan tulang.

      Meski begitu, sebenarnya tidak ada hubungan mandi malam dengan penyakit rematik. Hal ini didukung dengan tidak adanya penelitian yang menghasilkan kesimpulan demikian. Akan tetapi, dengan bertambahnya usia, seseorang memang terjadi penurunan kepadatan massa tulang.

      Selain itu, cairan sendi pun mengalami perubahan komposisi sehingga hal tersebut akan menyebabkan keluhan nyeri tulang dan sendi yang disebut secara awam sakit rematik.

      Mandi malam dengan air hangat pada dasarnya, tidak ada pengaruhnya terhadap kesehatan seseorang. Akan tetapi, jika dengan air dingin bisa saja dikhawatirkan terjadi vasospasme pada pembuluh darah yang bisa saja berakibat macam-macam, seperti serangan jantung koroner. Akan tetapi, perlu diingat, penelitian yang menegaskan mengenai hal tersebut belum pernah ada. Semoga penjelasan saya dapat membantu anda.

      Delete
  2. Cara pencegahan rematik gimana ya...?

    ReplyDelete
  3. Malah bisa dikatakan Rematik adalah gejala Asam Urat Ringan Sob...

    ReplyDelete
  4. jaga kesehatan lebih baik, daripada mengobati, repot juga klo kena rematik, menghambat aktftas, jaga pola makan, dan gaya hidup seht kayanya mesti diterapkan..ulasan yang bermanfaat sob..

    ReplyDelete
  5. saya biasanya sering linu2 gan apa in gejala rematik ....?hehehe

    ReplyDelete
  6. padahal jaman dulu para orang tua sering bepergian jln kaki namun sehat, tp sekarang serba elektrik n instan justru byk yg terkena rematik yo? Mungkin pola makan lebih menentukan ya kang..

    Met siang....photo profile ganti ya...hehepadahal jaman dulu para orang tua sering bepergian jln kaki namun sehat, tp sekarang serba elektrik n instan justru byk yg terkena rematik yo? Mungkin pola makan lebih menentukan ya kang..

    Met siang....photo profile ganti ya...hehe

    ReplyDelete
  7. perbanyak jalan dengan kaki telanjang bisa jadi obat rematik juga :)

    ReplyDelete
  8. insyaalah.. sy blon prnah ngalamin penyakit ini, mg sehat2 aja y sob...

    ReplyDelete
  9. thanks infonya jdi tau penyebabnya n sebisa mungkin menghindari,kan mencegah lebih baik dari mengobati...

    ReplyDelete
  10. wahh...
    ini yang perlu kita ketahui.
    nice info gan ... :)

    ReplyDelete
  11. ternyata baru tau gan penyebab rematik.. :)

    ReplyDelete
  12. Apa ada ya obat herbal yang cocok untk rematik?

    ReplyDelete
  13. semua penyakit pasti ada obatnya
    saya yakin karena sudah melihat buktinya sendiri

    ReplyDelete
  14. setau saya reumatik bkn krn mandi malam hari,klu mnd malam yg ada mah masuk angin ada bnyk pndapat org indonesia yg salah mnurut ahli kesehatan salah satunya mandi malam bs mnybabkan reumati itu salah besar ...

    ReplyDelete
  15. mandi malam bisa menyebabkan rematik jika kita menggunakan air hangat akan menguranginya

    ReplyDelete
  16. gejalanya apa ya? karena sakit pinggang dan nyeri di pinggul susah membedakannya... kalau di lutut dah jelas rematik...

    ReplyDelete