Sikat Gigi Teratur Bisa Cegah Penyakit Jantung

SAAT ini jangan lagi membuat alasan untuk menunda atau bahkan tidak menyikat gigi.

Selain membantu membersihkan gigi dan mencegah timbulnya bau mulut, rutin menyikat gigi ternyata juga membantu anda terhindar dari penyakit jantung.


Peneliti dari Columbia University’s Mailman School of Public Health menemukan bahwa kebersihan mulut yang baik berhubungan dengan tingkat yang lebih rendah dari aterosklerosis, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Temuan ini menjelaskan adanya kaitan antara kesehatan gusi dan penebalan pembuluh arteri.

Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki apakah kebiasaan sehat terkait mulut seperti flossing, menyikat gigi, dan kunjungan rutin ke dokter gigi dapat mempengaruhi tingkat karotid aterosklerosis (penebalan arteri melalui pertambahan kalsium, kolesterol, dan zat lain yang ditemukan dalam aliran darah).
Kondisi ini diketahui berkaitan komplikasi kardiovaskular fatal seperti penyakit jantung koroner dan penyakit arteri perifer.

Menurut Moïse Desvarieux, seorang profesor epidemiologi dan penulis utama penelitian ini, temuan ini menunjukkan bahwa pengaruh kebiasaan sehat terkait mulut mungkin lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya.

sumber jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Sikat Gigi Teratur Bisa Cegah Penyakit Jantung"

  1. baru tahu ini, sepertinya memang nggak ada hubungan ya mas kebiasaan menjaga kesehatan gigi dengan kesehatan jantung

    ReplyDelete
  2. Temen ane ngalamin bahwa virus yang menyebabkan penyakit jantung, malah nyangkut digusi mulut gan, gusinya membentuk benjolan nanah, tapi alhamdulillah sembuh gan... thanks infonya

    ReplyDelete
  3. Oh gitu ya. wah saya harus selalu menjaga kebersihan mulut ya..

    ReplyDelete

Labels