Jumat, 25 April 2014

6 Hal ini Dapat Mengganggu Fungsi Telinga

KESEHATAN telinga sering diremehkan oleh sebagian orang.

Padahal, fungsi telinga bukan hanya sebagai organ pendengaran. Namun di dalam telinga juga terdapat saraf yang mengatur tentang sistem keseimbangan tubuh.

Berikut 6 hal yang dapat mengganggu fungsi telinga Anda:


1. Tidak menggunakan penutup telinga

Tidak menggunakan penutup telinga ketika Anda berada di tempat dengan suara yang keras dapat merusak reseptor pendengaran yang ada di dalam telinga. Jika pekerjaan menuntut Anda berada di lingkungan bersuara keras, earplug atau sumbat telinga adalah suatu kewajiban. Akan lebih baik jika penggunaan earplug ditambah dengan penggunaan earmuff yang dapat menghalau suara.

"Di dalam telinga terdapat bulu-bulu halus yang berfungsi sebagai reseptor suara. Suara keras dapat merusak bulu tersebut, dan sayangnya bulu tersebut tidak dapat tumbuh kembali," kata pakar THT (telinga, hidung, tenggorokan) dari Corsicana, Texas, Matthew Parker Branch, M.D, seperti dilansir Men's Health, Rabu (23/4).

2. Gulat

Olahraga gulat profesional memang menarik untuk ditonton, namun sangat berbahaya jika dilakukan tanpa pengawasan dan pelatihan terlebih dahulu. Salah satu bahayanya adalah auricular hematoma, atau yang lebih dikenal dengan kuping belang (Cauliflower Ear). Kelainan ini menyebabkan daun telinga menggembung seperti bengkak. Kelainan ini biasa ditemukan pada telinga pegulat, petinju, atau pemain rugby.

Hal itu terjadi akibat selaput yang memisahkan daun telinga dengan pembuluh darah di sekitarnya rusak atau lepas, sehingga darah dapat masuk ke dalamnya.

3. Tindikan pada daun telinga

Hati-hati, kegemaran menindik telinga ternyata juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada telinga. Tindikan di bagian keras daun telinga dapat menyebabkan perichondritis, infeksi serius pada bagian daun telinga luar. Pengobatan perichondritis termasuk mahal karena jenis obatnya hanya sedikit.

Jika terdapat bercak kemerahan, bengkak atau nyeri pada daun telinga, segera lepas tindikan Anda dan periksakan diri ke dokter.

4. Penggunaan cotton bud

Penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga masih populer di masyarakat. Padahal tidak sedikit kasus infeksi yang diakibatkan oleh penggunaan cotton bud. Tidak hanya infeksi, cotton bud juga dapat merusak gendang telinga.

Penggunaan cotton bud dapat merusak gendang telinga, yang dapat menyebabkan kehilangan pendengaran permanen atau kehilangan fungsi keseimbangan.

5. Penggunaan obat tetes

Radang telinga luar (otitis externa) memang dapat disembuhkan dengan menggunakan obat tetes telinga. Namun jangan sembarang membeli obat tetes di apotek lalu memakainya tanpa petunjuk dokter. Bukannya sembuh, obat tetes telinga juga bisa menyebabkan tuli permanen.

6. Menyelam

Risiko yang ada ketika menyelam atau diving bukan hanya teriris karang atau tersengat anemon beracun, namun juga barotrauma. Barotrauma adalah pecahnya gendang telinga akibat tekanan udara. Kondisi ini biasanya ditemukan akibat penyelaman mendadak yang terlalu dalam.

Batas aman ketika menyelam adalah 60 kaki atau 18 meter per menit. Jika dilakukan lebih cepat dari itu, tekanan udara dapat menyebabkan pecahnya gendang telinga.(fny/jpnn)

Kamis, 24 April 2014

Ibu Hamil Jangan Minum Soft Drink

KESEHATAN janin selama kehamilan ditentukan asupan gizi ibu saat remaja, sehingga kebutuhan gizi pada saat kehamilan meningkat.

Pengurangi pemakaian gula dan garam yang berlebih, serta mengkonsumsi makanan dan minuman kaleng.

Ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang serta disarankan untuk meminum susu dua kali sehari untuk menambah kalori dan protein.

Kekurangan nutrisi pada seseorang dapat menjadikan penurunan fungsi reproduksi. Hal perlu dihindarkan adalah menghindari diet terlalu ketat dan memilih makanan segar tanpa pengawet serta mengolah makanan dengan baik dan terdapat variasi makanan.

Nungky menjelaskan makanan yang dikonsumsi ibu hamil perbandingannya adalah 40 persen pertumbuhan janin dan 60 persen kebutuhan ibu.

Kebutuhan gizi selama kehamilan meningkat 15 persen untuk pertumbuhan rahim, payudara, volume darah, plasenta, air ketuban dan pertumbuhan janin.

Masa kehamilan kebutuhan energi meningkat 15 persen sekitar 300 kkal dan sumber energi sumber karbohidrat, protein dan lemak. Ibu hamil, sambung dia, harus memperhatikan karbohidrat, protein dan lemak, vitamin dan mineral.

Asam folat atau vitamin B29 berperan sebagai metabolisme, pematangan sel darah merah, sintesis DNA dan pertumbuhan sel.

Sehingga, jika terjadi kekurangan asam folat makan dapat mengakibatkan berat bayi lahir rendah, (BBLR), cacat pada tabung syaraf (neural tube defect, spina bifida dan anenchephalic infant.

Darimana sumber tersebut?
Nungky menjelaskan dapat diperoleh mengkonsumsi asparagus, brokoli, polong, bayam, jeruk,biji gandum, ikan salmon, daging dan telur.

Kemudian, zat besi yang didapatkan dari kuning telur, hati, daging, ikan, sayuran hijau yang berfungsi sebagai persiapan proses persalinan dan menyusui, pembentukan HB darah, peningkatan sirkulasi darah ibu. Selanjutnya, Iodium berfungsi mencegah keterlambatan mental dan kelainan fisik.

Sumbernya dari ikan,ikan laut, garam beryodium.

Nungky menambahkan Kalsium dan Fosfor berfungsi sebagai pertumbuhan tulang dan gigi, perkembangan otot,jantung, syaraf, pembekuan darah,membantu kerja enzim yang bersumber pada susu, kedelai dan produk laut.

Lalu apa saja masalah gizi pada ibu hamil? Nungky menjelaskan mual dan muntah (Emesis) sering terjadi pada trisemester pertama.

Cara mengatasinya dengan mengusahakan asupan nutrisi tetap dengan cara mengkonsumsi makanan yang kering seperti biskuit, roti dan minuman segar.

Lalu hipertensi akibat kejang maka perlu dihindari penggunaan garam yang berlebihan serta makanan dan minuman kaleng atau mengandung pengawet.

Terakhir, Gestational Diabetes dengan mengurangi kebiasaan minum minuman manis atau konsumsi gula dan karbohidrat sederhana tidak berlebihan.

sumber:
jpnn.com

Konsumsi Buah dan Sayur Bisa Cegah Asma

MAKANAN yang sehat tidak hanya menyehatkan sistem pencernaan saja, tetapi juga bagian tubuh yang lain.

Salah satu bagian tubuh yang juga mendapat menfaat dari mengkonsumsi makanan sehat adalah sistem pernapasan. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan banyak sayur dan buah dapat melindungi tubuh dari serangan asma.

Hal itu diketahu setelah ilmuwan melakukan penelitian dengan menggunakan tikus. Grup pertama diberi menu makan yang kaya serat, sedangkan grup kedua hanya diberi sedikit menu sehat.

Ketika terpapar kutu debu rumahan, tikus pada grup pertama mengalami lebih sedikit peradangan paru-paru dibanding tikus grup kedua. Seperti yang telah diketahui, kutu atau tungau debu merupakan hewan renik yang dapat memicu asma dan alergi lainnya.

Para peneliti mengatakan bahwa hal tersebut dapat juga terjadi pada manusia. Mereka menekankan bahwa apa yang dikonsumsi manusia berpengaruh pada perkembangan sel imun tubuh dan pada perlindungan terhadap penyakit di luar usus.

Studi sebelumnya yang juga membahas mengenai asma dan sindrom iritasi usus (IBS) mengatakan bahwa kedua penyakit tersebut disebabkan oleh reaksi inflamasi atau peradangan yang sama. Orang yang menderita IBS juga punya kemungkinan memiliki gejala asma.

IBS adalah gangguan pencernaan yang umum terjadi. Sindrom itu mengakibatkan gejala-gejala seperti kram, kembung, dan gangguan pada buang air besar (BAB) seperti sembelit maupun diare.

"Dalam dekade terakhir, angka kejadian asma telah meningkat di negara-negara berkembang, sementara konsumsi makanan berserat di negara-negara tersebut justru menurun," kata Dr. Benjamin Marsland yang mengepalai penelitian seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (17/2).


Tim Dr. Marsland menemukan bahwa tikus yang diberi makanan rendah serat kemudian mengalami peradangan paru-paru sebagai reaksi ketika terkena kutu debu. Sedangkan tikus yang diberi makanan kaya pektin, yaitu zat yang ditemukan pada dinding sel tanaman, menjadi lebih kebal terhadap penyakit alergi saluran pernapasan.

Makanan kaya serat telah diketahui memiliki banyak manfaat seperti mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Organisasi kesehatan di seluruh dunia juga telah menyarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi dengan batas minimum asupan harian tertentu.

sumber:
jpnn.com

Rabu, 23 April 2014

Minum Air Delapan Gelas Sehari Apakah Wajib

Kalian pasti pernah mendengar anjuran minum air delapan gelas sehari demi memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh.

Meski begitu, tidak jarang ada orang yang meragukan, apakah benar demi menjaga tubuh tetap terhidrasi, seseorang harus minum 8 gelas sehari.

Menurut Pennie Taylor, peneliti sekaligus pakar diet bersertifikasi di CSIRO Animal, Food and Health Sciences, belum ada bukti ilmiah yang mampu mendukung hal ini. Namun, pakar kesehatan setuju jika tubuh laki-laki membutuhkan 2,6 liter air dan wanita sekitar 2,1 liter air.

Tapi, anda juga mendapatkan air dari minuman dan makanan lain. Rata-rata orang mendapatkan empat gelas atau satu liter air per hari dari makanan yang kita makan misalnya semangka, teh, kopi, susu, yoghurt dan itu semua berkontribusi terhadap total cairan di tubuh kita.

Taylor tidak menyarankan anda terlalu sering mengkonsumsi kafein yang bisa menimbulkan efek diuretik ringan dan alkohol yang justru bisa membuat dehidrasi. Dari asupan yang dikonsumsi, tubuh menproduksi 250 ml air sehari saat proses metabolisme.

Taylor menyarankan untuk minum empat sampai enam gelas standar air per hari. Namun, jumlah air bisa ditambah jika sedang berada di tempat dengan suhu panas dan anda sangat aktif melakukan kegiatan. Sebaliknya, ketika suhu dingin, konsumsi air bisa dikurangi.

Jadi bagaimana mengetahui anda dehidrasi? Lihatlah warna urine anda. Jika warnanya kuning pucat, bisa dipastikan anda butuh lebih banyak cairan.

Seperti diketahui, air membentuk sekitar 50 hingga 80 persen massa tubuh serta membantu menjaga keseimbangan mineral di tubuh. Ketika kebutuhan air terpenuhi, suhu tubuh akan lebih mudah diatur, sistem pencernaan lebih lancar karena usus akan lebih lembab, penyerapan nutrisi juga akan lebih mudah.

sumber:
jpnn.com

Gemar Berolahraga Cegah Sakit Flu

SAAT musim pancaroba, flu gemar menyerang tubuh yang tidak sempurna terlindungi imun.

Berupaya lindungi tubuh dari flu, aneka suplemen dan multivitamin pun laris diborong massa. Padahal, flu tidak harus dicegah dengan obat-obatan.

Menurut sebuah studi flu online yang melibatkan 4,800 partisipan, flu dapat dicegah dengan berolahraga.


Para peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine mengklaim, hanya dengan berolahraga selama 20 menit per hari, serangan flu dapat dihindari. Menurut estimasi mereka, olahraga berat selama 2,5 jam per minggu dapat memangkas kasus flu hingga 10 persen.

Sebanyak 100 kasus flu per 1.000 orang dapat dicegah hanya dengan melakukan olahraga. Akan tetapi, ujar para ilmuwan, olahraga bertaraf sedang hanya sedikit berefek pada flu. Oleh karena itu yang terpenting adalah intensitas olahraga yang dilakukan.

Disarankan untuk melakukan olahraga sedang selama 150 menit per minggu seperti berkebun, menari, atau jalan cepat. Pilihan lain yakni dengan melakukan olahraga berat seperti melakukan olahraga permainan, berlari, atau aerobik selama 75 menit per minggu. Sayangnya masih banyak orang yang gagal mencapai target tersebut.

Temuan awal mengenai aktivitas olahraga dan penyakit flu ini sangatlah menarik, pasalnya olahraga adalah sesuatu yang bisa dilakukan setiap orang untuk mengurangi risiko terserang flu.

Hasil temuan itu perlu dipublikasikan dengan hati-hati karena merupakan temuan tahap awal. Meski demikian, temuan tersebut konsisten dengan beberapa penelitian sebelumnya yang membukitkan bahwa olahraga memiliki manfaat kesehatan.

sumber:
jpnn.com

Perawatan Kulit Perempuan dengan Akupunktur

SALAH satu perawatan yang bisa dilakukan perempuan untuk kulit ideal, singset, dan kencang adalah akupunktur.

Yang perlu diperhatikan, terapi ini baru bisa dilakukan 40 hari setelah melahirkan.

Menurut dr Agustin Idajanti MS, akupunkturis, proses melahirkan pasti meninggalkan luka. ''Dan tidak disarankan memberikan rangsangan selama luka belum sembuh,'' katanya.


Selepas 40 hari, terapi awal yang bisa dilakukan adalah acupressure atau pemijatan. Itu dilaksanakan dengan krim khusus sehingga kulit bergelambir bisa kencang. Terapi tersebut dilakukan selama 30 menit, dua kali sepekan, sampai empat kali. ''Kalau hasilnya masih kurang, baru dilanjutkan akupunktur,'' katanya.

Agustin menyatakan, akupunktur akan dilakukan pada titik utama. Yakni, tiga jari di bawah lutut, tiga jari di atas mata kaki bagian dalam, serta titik puncak antara ibu jadi dan telunjuk tangan kanan. ''Titik tersebut untuk menyeimbangkan metabolisme dan hormonal tubuh,'' jelasnya.

Setelah tiga titik utama dirangsang, pasien akan diterapi pada titik-titik lokal yang menyesuaikan dengan lokasi selulit dan daerah yang akan di-treatment.

Pasien juga akan diterapi dengan stimulus khusus pada bagian yang langganan selulit dan kerap jadi tempat penumpukan lemak. Yakni, perut. Dalam terapinya, akupunkturis akan merangsang titik-titik di perut dengan jarak sekitar 10 sentimeter pada jarumnya. Hal itu memberikan efek inflamasi atau peradangan sehingga kulit kian kencang.

sumber:
jpnn.com

Selasa, 22 April 2014

Manfaat Kopi untuk Kulit Wanita

KULIT merupakan aset berharga bagi perempuan.

Tak dimungkiri, mungkin ada selintas kekhawatiran saat melihat kondisi kulit yang kendur, berkerut, atau penuh guratan halus (stretch mark). Kondisi itu biasa terjadi pada perempuan pasca melahirkan atau mereka yang mengalami penurunan bobot tubuh drastis.

Untuk mengembalikan kekencangan kulit atau memudarkan stretch mark, berbagai pilihan dapat dilakukan. Mulai perawatan alami dari dalam seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayur atau perawatan dari luar.

Perawatan luar untuk mengembalikan kekencangan kulit dicontohkan Yuris Sabrina, 25. Ibu rumah tangga itu memilih body contour sebagai treatment pengencangan. Body contour adalah perlakuan pada kulit untuk mengembalikan kekencangan, menghilangkan selulit (sindrom kulit jeruk), dan memudarkan stretch mark.

Step pertama treatment adalah melakukan body scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan membuka pori-pori. Body scrub disertai pijatan-pijatan ringan untuk melunakkan kandungan lemak di bawah kulit. Setelah itu, dilakukan proses steam untuk memasukkan rempah-rempah ke pori-pori kulit yang terbuka.

Setelah melalui proses steam, lanjut Natasha, lemak-lemak yang terkandung di bawah epidermis akan mulai melunak. Kemudian, pijat ringan. Lanjutkan dengan bantuan alat untuk memberikan vibrasi dan panas pada bagian-bagian yang kendur atau berlemak. "Contohnya paha, perut, pantat, dan lengan atas," jelas dia.

Lemak-lemak tersebut akan dihancurkan dan luruh bersama air seni serta keringat beberapa jam pasca perawatan. Terakhir, barulah membalurkan masker di sekujur tubuh untuk mendinginkan dan kembali merapatkan pori-pori.

Untuk bahan body contour, terang Natasha, kopi merupakan pilihan yang sampai saat ini paling sering digunakan. Mulai bahan scrub, steam, minyak gosok, hingga krim dan masker.

Kopi mengandung antioksidan yang tinggi, melembapkan dan memberi efek rileks. Antioksidan yang tinggi efektif mengeluarkan racun. Butiran halusnya yang alami juga bisa menyamarkan gurat-gurat halus.

Selain stretch mark, kekhawatiran yang sering membayangi adalah munculnya selulit. Selulit adalah gumpalan kulit yang menyerupai kulit jeruk dan umumnya menyebabkan gatal. "Godaan menggaruk ini yang menyebabkan bekas-bekas hitam atau garis putih pada kulit," ujar dia.

Untuk menghilangkan stretch mark atau selulit, dibutuhkan berkali-kali perawatan, bergantung dalamnya guratan. Body contour yang rutin akan menipiskan guratan selapis demi selapis dan mengencangkan kulit.

sumber:
jpnn.com

Top Weekend