Wednesday, November 28, 2018

7 Ragam Kursus Jelang Kelahiran Anak

Melahirkan dan merawat bayi adalah sebuah kebahagian sekaligus momen yak tak akan terlupakan. Namun, sebagian besar calon orangtua baru ada banyak yang harus dipelajari.

Oleh karena itu, segala persiapan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain belajar dari buku-buku dan situs-situs tertentu di internet, ada juga kursus-kursus untuk melatih menjadi orangtua, terutama melahirkan dan merawat bayi.

Kursus persiapan menjelang kelahiran menjadi penting bagi para orangtua. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama. Tentu membutuhkan kesiapan baiksecara mental maupun fisik.

Ibu hami dan pasangan harus memberdayakan diri untuk menghadapi persalinan, baik itu persalinan normal maupun sesar. Kehamilan seringkali dipengaruhi oleh sistem hormon dalam tubuh yang berpengaruh pada kondisi ibu maupun janin.


Misalnya saja dalam kondisi cemas, takut atau khawatir, hormon kortisol dan adrenalin jadi meningkat. Sehingga mempengaruhi keluhan-keluhan di dalam kehamilan, proses kelahiran serta kesejahteraan janin.

Hal ini tentunya akan memberikan efek juga pada emosional janin nantinya. Oleh karena itu, mengapa kursus atau latihan-latihan menjelang kelahiran sangat penting bagi ibu hamil.

Ada tujuh kursus yang bisa diikuti oleh Ibu Hamil dan pasangan untuk menghadapi persalinan, apa saja itu?
Berikut kursusnya.

1. Prenatal Class.

Adlah kursus yang mengajarkan kepada ibu hamil mengenai tanda-tanda bahaya, asupan gizi, keluhan-keluhan yang tidak nyaman saat kehamilan, dan mitos seputar kehamilan.

Selain itu, prenatal class juga mengajarkan kepada Ibu Hamil agar dapat mengetahui apa saja tanda-tanda persalinan, serta hal-hal yang dapat dilakukan di kamar bersalin.

Pengetahuan ini harus diketahui sejak masa kehamilan agar Bumil dan pasangan siap serta paham tentang masa kehamilan sampai persalinan. Tak hanya itu saja, manfaat dari mengikuti kursus ini adalahBuMil bisa menjalani kehamilan dengan senang, tenang, nyaman dan mantap serta yakin saat bersalin.

2. Prenatal Yoga dan Senam Hamil.

Keluhan seperti gatal-gatal, nyeri di bagian tulang kemaluan dan pangkal paha kerap irasakan oleh Ibu hamil. Hal ini terjadi karena volume tubuh yang bertambah sehingga tulang terbebani, dan posisi tubuh cenderung membungkuk karena pembesaran perut serta ligament (jaringan ikat) yang menopang rahim kaku, terpuntir atau memanjang di satu bagian saja.



Sebab itu, prenatal yoga dan senam hamil diperlukan untuk kelenturan, elastisitas dan rileksasi otot. Juga dapat melatih pernafasan yang diperlukan oleh Ibu hamil untuk persiapan selama menghadapi kontraksi dan proses mengejan.

Tak hanya itu saja, kursus ini pun baik bagi para Ibu hamil karena dapat memperlancar peredaran darah dan menjaga kebugaran selama kehamilan.


3. Hypnobirthing.

Merupakan suatu medtode rileksasi mendalam untuk ibu hamil yang bertujuan mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar, nyaman dengan rasa sakit yang minimal.

Keluhan-keluhan di masa kehamilan, rasa takut menghadapi persalinan, kecemasan dalam mengejan, kepanikan saat kontraksi, atau ketakutan-ketakutan lain yang berasal dari cerita pengalaman persalinan negatif adalah hal umum dirasakan para ibu hamil.

Hypnobirthing mampu memicu hormon endorfin yang merupakan hormon penghilang rasa sakit alami tubuh. Selain itu, teknik ini dapat membantu mengubah pikiran-pikiran yang negatif menjadi lebih positif, memberikan efek nyaman dan menenangkan.

Hypnobirthing juga dapat membantu ibu hamil berkomunikasi dengan janin dan melihat kehamilan serta persalinan menjadi suatu yang alamiah.

4. Manajemen Laktasi.

Seorang ibu hamil harus mengetahui apa saja manfaat ASI, cara pemberiannya,posisi menyusui, gizi untuk ibu menyusui, persiapan ASI eksklusif saat hamil, hal-hal yang dapat menghambat ASI serta teknik manajemen ASI perah.

Semua itu wajib diketahui sebelum ibu hamil menghadapipersalinan sehingga ketika bayi lahir, ib sudah siap dan paham. Memang secara alami setelah melahirkan, ibu tentu dapat mengeluarkan ASI.

Namun, karena ada satu dan lain hal, ada saja kendala pemberian ASI jadi terhambat. Melalui manajemen laktasi ini diharapkan masalah tersebut bisa teratasi dengan baik.

Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti kelas ini tentu akan memperoleh penjelasan lengkap mengenai manfaat ASI. Selain itu, paham langkah-langkah pemberian ASI, belajar teknik menyusui yang benar dan jika ada masalah bisa segera tahu cara menyiasatinya.

5. Rencana Persalinan (Birth Planning).

Menjelang persalinan, calon orangtua perlu menetapkan bebera hal seperti:
- pendamping persalinan.
- penolong persalinan.
- tempat bersalin.
- learning channel yang dipakai.
- biaya persalinan.
- dan sebagainya.

Rencana persalinan merupakan program bagi ibu hamil dan pasangan dalam menghadapi persalinan. Menurut beberapa penelitian, ibu hamil dapat menciptakan pengalaman positif terhadap persalinan dengan membuat rencana persalinan.


Dengan adanya kursus tentu akan mengurangi kebingungan dan kekacauan pada saat persalinan. Juga akan meningkatkan ibu hanil akan menerima perawatan yang sesuai dan tepat waktu.

6. Survei Tempat Bersalin.

Sebelum memasuki masa persalinan, perlu melakukan survei mengenai tempat bersalin yang akan dituju. Cari tahu apakah rumah sakit tersebut memiliki fasilitas kelahiran pro-normal dan pro-ASI eksklusif serta bagaimana perawatan yang diberikan pasca bersalin.

Manfaatnya, akan terhindar dari ketidaknyamanan saat melahirkan sehingga proses bersalin berjalan dengan lancar. Juga akan memunculkan kenyamanan, rasa percaya terjalin.

7. Perawatan dan Pijat Bayi.

Meski terlihat sederhana, nyatanya banyak orangtua baru merasa takut untuk melakukan perawatan bayi baru lahir. Oleh sebab itu, kursus perawatan bayi menjadi hal yang "wajib" diketahui para orangtua baru.

Pada kursus ini, akan diajarkan cara memandikan, membedong, dan perawatan tali pusat. Sehingga orantua baru bisa melakukannya sendiri di rumah.

Pijat bayi bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang bayi, seperti saat angkat kepala, berguling, merangkak, duduk, berdiri, berjalan.

Selain itu,ipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur yang tentunya berhubungan dengan kecerdassan bayi.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang SOPAN Pak Boz dan Bu Boz ....