Tuesday, March 20, 2018

5 Ciri-Ciri Bayi Gumoh dan Muntah yang Berbahaya

Gumoh adalah istilah muntah yang terjadi pada bayi. Mungkin saja gumoh terjadi karena si bayi memang kekenyangan susu ataupun masuk angin.

Muntah merupakan gerak refleks tubuh manusia untuk mengatasi suatu kelainan. Seperti bersin yang mengenyahkan suatu penyakit yang akan datang.

Langsung ke dokter jika mendapati bayi gumoh dengan ciri ini:

1. Cairan yang dimuntahkan berwarna kehijauan, atau ada bercak darah.
2. Muntah berlangsung lebih dari 24 jam tanpa tanda-tanda perbaikan.
3. Selama muntah, bayi mengalami demam 39° C.
4. Bayi menolak makan dan minum lebih dari 2 jam.

itulah ciri muntah yang berbahaya pada bayi. Apakah Anda pernah mengalami gumoh ini? Kalau mendapati lima ciri di atas, segera pergi ke dokter ya.

*Berbagai sumber

14 comments:

  1. Jika muntah seharian
    Bayinya kasihan
    Segera ambil tindakan
    Agar sehat kembali dan mau makan

    ReplyDelete
  2. Tapi saya belum punya bayi
    Gimana dong?

    ReplyDelete
  3. Kalau ada darahnya bahaya itu

    ReplyDelete
  4. KALAU SUDHA KESERINGAN apalagi sering bercakdarah harus langsung ke dokter

    ReplyDelete
  5. wah jadi cepat cepat ambil tindakan jika si kecil mengalami gumoh dengan 4 macam seperti diatas ya MAs ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.
      ..
      Masa saya jawab komentar saya sendiri...

      Delete
  6. Saya sering ingin gumoh kalau kebetulan naik sepeda motor di belakang truk dinas kebersihan. Hehehe....

    ReplyDelete
  7. Anak saya pernah sakit selama empat hari dan gumoh terus. selama itu pula dia nggak mau makan.
    sedih banget waktu itu.

    ReplyDelete
  8. keseringan klo gumoh karena kekenyangan susu.

    orang tua wajib tau nih terlebih orang tua yg baru punya anak. harus tau perbedaan antara gumoh karena kekenyangan susu atau gumoh karena penyakit.

    ReplyDelete
  9. Artikel ini mungkin di arahkan bagi mereka yang memiliki bayi agar lebih waspada.

    Sebenarnya metode pengobatan seperti apa yang dibutuhkan bayi yang memiliki gumoh ?

    ReplyDelete
  10. Innalilahi kok jadi serem yaa bayi ternyata bisa kaya gtu,, semoga aja tidak ada yang sampei sakit gtu ya kak, dan harus dilakukan penanganan secepat mungkin

    ReplyDelete
  11. Info yg bagus.. especially baginyg Ada anak kecil

    ReplyDelete
  12. Aduh kalau dah anak saya mengalami hal itu, rasanya hati ini menangis mas, ya walupun muntahnya tidak menimbulkan bahaya, tapi kasihan melihatnya karena muntahannya keluar dari hidung, pastinya dia menangis dan tersedak2, itu yang membuat saya kasihan sekali dengan anak saya,.

    ReplyDelete

Popular Posts