Thursday, November 30, 2017

Kapan Waktu yang Tepat Makan Buah

Apakah kalian tahu bahwa sebenarnya ada waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan mengandung serat, vitamin dan fruktosa atau penedia gula sederhana alami yang mudah diserap oleh tubuh.

Jika buah dikonsumsi selama 30 menit sebelum makan berat, seperti nasi, penyerapan nutrisi dalam buah dapat lebih optimal. Karena insulin yang dihasilkan pankreas dapat segera mencerna fruktosa secara perlahan sehingga glukosa dapat terserap oleh tubuh lebih cepat.


Penyerapan vitamin pun juga lebih optimal.

Jika buah dikonsumsi setelah makan nasi, pankreas akan bekerja berat untuk mengolah nasi dan protein yang ada dalam lauk pauk yang memerlukan waktu pencernaan berjam-jam.

Mengonsumsi juga dapat dilakukan setelah makan berat. Namun sebaiknya dilakukan beberapa jam setelah makan agar makanan yang sebelumnya masuk ke dalam tubuh sudah dicerna dengan baik sehingga nutrisi dalam buah dapat terserap secara optimal.

*Selamat Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW....

sumber:
berbagai sumber.

Sunday, November 26, 2017

Buah ini Mampu Cegah Serangan Jantung dan Stroke

Makan buah sangat baik untuk kesehatan tubuh. Supaya tubuh menjadi sehat, makan makanan bergizi, olahraga teratur dan tak lupa menyantap buah.

Buah ini banyak tersedia di pasar, supermarket atau tempat perbelanjaan yang lebih besar. Karena digolongkan ke dalam buah-buahan, maka apel tentunya mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang.

Apel merupakan salah satu buah yang identik dengan warna kulit buah yang merah. Hampir semua orang tentu tidak asing lagi dengan bentuk dan rasa apel itu sendiri.



Berdasarkan fakta yang telah teruji kebenarannya, berbagai buah-buahan memang mampu mencukupi kebutuhan berbagai nutrisi, vitamin serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak mengherankan, masyarakat modern pada zaman sekarang selalu menyelingi berbagai macam buah dalam menu hariannya, tidak terkecuali dengan buah apel itu sendiri.

Baru-baru ini sebuah penelitian dari Oxford University menemukan bahwa mengkonsumsi apel setiap hari bisa mengurangi risiko serangan jantung dan juga stroke sebesar 40 persen.




Temuan berasal dari sebuah studi besar setengah juta warga Tiongkok yang kesehatan jantung mereka dilacak selama tujuh tahun oleh peneliti dari Universitas Oxford.

Diperkirakan bahwa antioksidan yang terdapat pada buah dan sayur dapat membantu jantung memerangi bahaya bahan kimia yang terjadi secara alami dalam tubuh.

sumber:
dailymail
jpnn
jawapos

Thursday, November 23, 2017

Akibat Perceraian Bagi Seorang Pria

Perceraian adalah sesuatu yang boleh dilakukan namun dibenci oleh Allah SWT. Oleh karena itu, sebelum menikah, pikir baik-baik perangai pasangan kalian terlebih dahulu.

Sebuah studi terbaru dari Amerika Serikat bahkan menemukan bahwa perceraian juga memicu masalah bagi kesehatan pria. Studi ini menemukan bahwa pria yang bercerai lebih mungkin untuk mengalami kematian dini, melakukan penyalahgunaan zat, dan bahkan depresi hingga ingin bunuh diri.

Tidak hanya itu, pria yang mengalami perceraian juga cenderung lebih mudah menyerah terhadap penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke di usia yang lebih dini.

Risiko pria bercerai untuk melakukan bunuh diri bahkan lebih tinggi 39 persen dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang masih dalam status menikah.



Sebuah studi kasus yang dilakukan oleh Dr Daniel Felix, dari University of Nebraska, AS, mengatakan bahwa profesional kesehatan harus memahami apa saja masalah kesehatan pria, sebab seringkali pria enggan untuk mengakuinya karena malu.

Studi ini ia lakukan pada seorang pria kulit putih berusia 45 tahun yang diketahui mengalami proses perceraian yang sulit. Pria ini mengunjungi seorang dokter untuk pertama kalinya dalam 10 tahun dan mengeluh sulit tidur, serta sakit perut terus-menerus.

Pria tersebut kemudian mengungkapkan bahwa ia kini memiliki kebiasaan minum 6 kaleng bir sehari. Ia juga menceritakan bahwa akhir-akhir ini mulai membenci pekerjaannya di sebuah bank lokal dan cepat jengkel dengan rekan-rekannya.

Tak hanya itu, ia mengeluhkan aksesnya untuk bertemu anak-anaknya semakin sulit.

Para peneliti melaporkan kondisi fisik pria tersebut stabil. Menurut para peneliti, pria ini mengalami depresi yang berhubungan dengan perceraiannya. Mereka pun memperingkatkan dokternya tentang pengobatan dengan dasar psikologis. Namun dokter justru merekomendasikan asupan nutrisi yang baik, rajin olahraga dan tidur cukup.

sumber:
jawa pos

Monday, November 20, 2017

Proses Terapi Bekam Menurut Ahlinya

Pengobatan dengan cara bekam adalah pengobatan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Artinya pengobatan jenis ini jika dilakukan, selain menyembuhkan juga berpahala.

Terapi yang dalam bahasa Arab disebut hijamah ini telah disesuaikan dengan sunah Nabi Muhammad. Tak heran, para terapis umumnya berasal dari pondok-pondok pesantren.

Pengambilan darah dilakukan menggunakan alat berbentuk mangkuk (cupping set) yang ditempelkan pada kulit. Setelah kulit bersih, mangkuk bekam ditaruh dan dipompa untuk mengosongkan udara di dalamnya.





Pemompaan dilakukan sesuai daya tahan pasien. Di sini pasien akan merasa sedikit pegal dan kulit pun berwarna merah kehitaman. Setelah kira-kira 10 menit, mangkuk dilepas dan kulit akan terasa menebal.

Tepat di atas kulit yang menebal dilakukan penusukan menggunakan jarum dan tusukan berkali-kali ini tidak keras.

Selanjutnya, mangkuk kembali ditempelkan dan dipompa. Tindakan inilah yang membuat darah keluar seperti merembes. Perlahan-lahan darah semakin banyak, bahkan menggenang di dalam mangkuk.

Dalam bekam, inilah yang dimaksud "darah kotor". Dalam konsep bekam, darah kotor adalah darah yang tidak berfungsi lagi, sehingga tidak diperlukan tubuh dan harus dibuang.






Proses pengisapan darah berlangsung tak lebih dari 10 menit. Setiap kali terapi bekam dijalankan, biasanya dilakukan dua sampai tiga kali pengisapan darah, tergantung pada jenis keluhan serta volume darah yang keluar.

Jika darah hanya keluar seperempat mangkuk setiap kali bekam, pengulangannya lebih sering dibandingkan dengan pasien yang darahnya keluar lebih banyak.

sumber:
jpnn
kompas

Friday, November 17, 2017

Anak yang Tidak Diberi ASI Beresiko Alami Kegemukan

ASI eksklusif harus dikampanyekan terus.

Hanya anak yang diberi bukan ASI yang akan berisiko kegemukan. Anak yang diberi ASI tidak berisiko kegemukan karena formula ASI bersesuaian dengan kebutuhan gizi tubuh bayi.



Apalagi bila jadwal pemberian susu formulanya melebihi porsi. Setelah berumur 6 bulan jadwal pemberian susu dikurangi oleh jadwal pemberian makanan tambahan pertama, yakni bubur susu, biskuit, dan buah, sehingga tinggal 3-4 kali saja lagi.

Setelah berumur setahun mungkin tinggal dua kali minum susu saja.

Kelebihan jadwal makan dan minum sumber penyebab kegemukan juga.

sumber:
jawapos

Wednesday, November 15, 2017

Cara Diet Sehat dan Seimbang untuk Anak Gemuk

Anak-anak zaman sekarang atau zaman now cenderung terlihat gembrot. Hal tersebut bisa juga dikarenakan zaman sekarang mudah sekali mendapatkan zat gizi ketimbang zaman dahulu.

Diet yang tepat untuk anak yang kegemukan, sama seperti anak normal lainnya, yakni menu seimbang. Menu yang porsi karbohidratnya duapertiga dari total kalori, seperlimanya dari lemak, dan sepertujuhnya dari protein.



Sayur-mayur dan buah sedikitnya empat porsi.

Selain itu, di meja makan rumah memilih menu alami yang diolah sendiri, bukan menu olahan, apalagi jenis menu siap saji atau menu "ampas" junkfood. Selain bukan menu seimbang, bukan menu rumah banyak dibubuhi zat adiktif yang semuanya tidak menyehatkan.

Selain bikin kegemukan, pencetus kanker (kasninogenik), menu restoran juga merusak lidah anak. Bila terbiasa mengonsumsi menu restoran, anak menjadi tidak menyukai menu rumah lagi karena cenderung sudah mencintai menu gurih (sebab lemaknya berlebih), yang lebih sedap (sebab diberi bumbu penyedap lebih banyak), dan spicy (beraneka bumbu tambahan, banyak memakai minyak goreng, kaldu, gajih, jeroan).

Kembali ke Menu Rumahan


Ubahlah kembali ke menu rumah. Biarkan anak mengendalikan makannya secara alami. Hanya makan apabila muncul rasa lapar saja, dan tidak mengumbar makan kapan saja setiap kali melihat makanan enak (lapar mata). Untuk itu perilaku makan perlu disetel ulang (re-set) menjadi hanya makan kalau sedang merasa lapar saja, dan tidak makan kendati sedang tidak merasa lapar.
Ajarkan kepada anak pandai memilih mana menu yang sehat dan mana yang jahat. Semua yang gurih pasti jahat lantaran kaya kandungan lemak. Belum tentu menu yang tinggi harganya, yang lebih mahal, tentu lebih bergizi dan menyehatkan. Justru menu yang sederhana, yang masih segar dan bukan barang impor, itulah yang lebih menyehatkan.

Pola makan tetap tiga kali, tetapi porsi karbohidratnya (nasi, roti, mi, kentang) dikurangi. Begitu juga menu berlemaknya. Pilihlah lemak tidak jenuh (minyak zaitun, minyak jagung), dan tukar protein daging dengan protein dari ikan dan unggas (ayam kampung).




Diet Minuman


Minumlah jenis susu rendah lemak (susu skim), mengganti camilan dengan buah, dan menambah porsi sayur-mayur dan buah menjadi sedikitnya empat kali sehari.

Menu yang sehat cenderung tidak digoreng melainkan dikukus (tim) atau dipepes. Latihlah anak agar berhenti makan sebelum kenyang. Setiap kali merasa lapar tetapi belum waktunya jam makan, "sumpal" dengan ketela, kentang rebus, atau buah.

*Gaya Hidup Sehat Online

Sunday, November 12, 2017

5 Makanan Bisa Membasmi Migrain Sebelum Obat

Seorang profesor mengatakan bahwa ada yang membahayakan di balik penyakit migrain. Migrain merupakan suatu gangguan kesehatan yang dapat memengaruhi kualitas hidup.

Nyeri berdenyut di salah satu sisi kepala tersebut dapat meningkatkan risiko serangan jantung dua kali lipat, juga penyakit kardiovaskuler lainnya seperti stroke dan tekanan darah tinggi.



Sebelum menyerah menenggak obat-obatan kimia, coba atasi migrain dengan konsumsi makanan berikut, seperti dikutip Shine.

1. Yogurt.

Kandungan vitamin B dalam susu fermentasi ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan fungsi-fungsi tubuh, seperti pertumbuhan dan pembelahan sel. Vitamin yang dikenal sebagai riboflavin ini berperan menambah cadangan energi dan membebaskan kepala dari nyeri.

2. Brokoli.

Ketika kadar magnesium berkurang, tubuh biasanya akan mengalami ketegangan otot dan migrain. Konsumsi makanan mengandung riboflavin, seperti brokoli, membantu menyeimbangkan kebutuhan magnesium sehingga meredam keluhan-keluhan yang muncul.

3. Telur.

Kandungan protein dalam telur membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah, dan memberi tubuh energi untuk menjalankan aktivitas sepanjang hari tanpa gangguan sakit kepala. Sajikan telur sebagai menu sarapan pembuka hari.





4. Bayam.

Kekurangan magnesium biasanya menjadi biang keladi munculnya migrain, seperti yang biasa terjadi menjelang menstruasi. Bayam, sebagai makanan mengandung magnesium dan kaya mineral, cukup membantu mengatasi gangguan ini.

5. Susu rendah lemak.

Minuman kaya kalsium ini membantu mengatasi ketegangan pembuluh darah, yang mempengaruhi transmisi impuls saraf. Seperti kita tahu, terganggunya aliran ini bisa mengakibatkan kepala berat dan berdebar-debar.

Itulah makanan pembasmi migrain sebelum minum obat migrain dilakukan.

sumber:
shine.
jpnn

Wednesday, November 8, 2017

4 Cara Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah jendela dunia. Makanya haru dijaga agar bisa melihat isi dunia ini.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata, Apa saja itu?
Berikut caranya.



1. Tidak menatap cahaya yang terlalu kuat.
2. Tidak membaca buku terlalu dekat ke mata. +/- 30 cm.

3. Dalam waktu tertentu, cuci mata dengan larutan untuk membersihkan mata (boorwater).
4. Mengonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin A.

Itulah keempat cara untuk menjaga kesehatan mata.

Sunday, November 5, 2017

Khasiat Alpukat untuk Anak-Anak

Alpukat atau apokad atau avokad atau apalah sebutunnya memiliki beragam khasiat baik untuk anak maupun orang dewasa. Kadar lemak di dalam alpukat adalah yang tertinggi dibandingkan buah lainnya.

Itu sebabnya, alpukat memiliki tekstur yang lembut dan creamy. Kandungan lemak di dalamnya sebagian besar tersusun dari asam oleat, yakni asam lemak tak jenuh tunggal, yang penting untuk perkembangan otak.



Vitamin E adalah vitamin larut lemak, oleh sebab itu kadarnya tinggi di dalam alpukat. Vitamin ini merupakan antioksidan kuat yang berfungsi untuk melindungi sel dari berbagai kerusakan.

Kadar mineral seng (Zn) dan vitamin E dalam alpukat juga tinggi. Mineral seng merupakan elemen penting untuk metabolisme di berbagai sistem organ, sehingga sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak. Seng juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu penyembuhan luka.




Alpukat tergolong buah dengan kadar serat tertinggi. Dalam satu mangkok yang berisi 230 gram puree alpukat terkandung 15 gram serat. Oleh sebab itu, alpukat bisa digunakan untuk mengatasi sembelit pada anak.

Kandungan seratnya juga berfungsi sebagai makanan (prebiotik) bagi bakteri, baik dalam usus sehingga anak tidak mudah mengalami diare.

sumber:
jpnn.com