Bahaya Si Kecil Kecanduan Softdrink

Sofdrink atau biasa orang Indonesia menyebutnya dengan minuman bersoda, sebenarnya bukanlah suatu minuman yang sehat. Bahkan cenderung berbahaya.

Tingkat keparahan bahayanya bisa sampai menyebabkan gejala putus saraf. Khususnya jika anak sampai mengalami tingkat kecanduan dengan minuman bersoda.

Minuman softdrink memiliki efek bahaya adiktif atau pada tingkat kecanduan karena mengandung bahan sejenis kafein di dalamnya. Buat orang dewasa saja tidak sehat, apalagi dikonsumsi oleh anak-anak.

Kandungan gulanya sangatlah tnggi, sedangkan nutrisinya tidak ada. Dan kadar kafeinnya yang bisa membuat seseorang menjadi kecanduan.

Gejala Kecanduan Hingga Putus Saraf


Jika anak-anak sudah pada kecanduan softdrink, maka resiko yang ditimbulkannya sangatlah parah. Gejala yang tertangkap adalah bisa berupa depresi, sakit kepala, gugup dan mudah menggigil.





Itulah tanda-tanda anak mengalami gejala putus saraf akibat kecanduan softrink. Biar anak tidak kecanduan softdrink, sejak dini anak harus dijauhkan dari minuman bersoda.

Memang sih efek yang ditimbulkannya tidak seketika itu juga, tidak dalam waktu cepat. Namun pengaruh negatifnya baru akan muncul dalam jangka waktu yang lama.


Dampak


Akibat yang ditimbulkan kalau anak yang gemar minum softdrink selain kecanduan, juga bisa berakibat serius pada fungsi pencernaan si kecil.

Membuat pencernaan rusak dan tubuh tidak bisa menyerap kandungan gizi makanan. Softdrink juga punya resiko membuat anak mengalami penyakit obesitas.

Bahaya lain yang diakibatkan dengan minum minuman bersoda adalah terjadinya kerusakan gigi pada anak. Hal ini disebabkan karena kandungan gula pasirnya telah dimurnikan.





Minuman Sehat Pengganti Softdrink


Sebaiknya orangtua mengganti minuman yang sehat seperti yogurt, susu, dan yang paling sehat adalah hanya dengan meminum air putih saja.

Hal ini harus dimulai dari kebiasaan orangtuanya terlebih dahulu. Karena pola makan si kecil biasanya sangat ditentukan oleh kebiasaan dari orangtuanya.

Orangtualah yang pertama kali mengenalkan anak pada minuman dan makanan tidak sehat karena memang minumnya pengetahuan orangtua mereka.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Si Kecil Kecanduan Softdrink"

Post a Comment

Labels