4 Penyebab Sesak Napas pada Ibu Hamil

Apakah Anda sedang mengandung dan menantikan kelahiran buah hati tercinta? Kalau iya, ada baiknya membaca artikel berikut ini karena siapa tahu ada yang mengalaminya.

Seperti kita ketahuii bahwa tak sedikit ibu hamil yang mengeluhkan dada terasa sesak atau napasnya ngos-ngosan. Ada apa gerangan kok bisa terjadi demikian?

Kondisi tersebut adalah wajar saja meskipun sering ibu hamil yang tak terasa nyaman olehnya. Meskipun wajar, lihat terlebih dahulu penyebab-penyebabnya.


Keluhan ini pada umumnya terjadi pada ibu hamil yang memasuki usia kehamilan tua. Namun ada juga pada ibu hamil pada usia kehamilan muda yang mengalaminya.

Kenali Penyebabnya


1. Penuhnya rongga perut.

Terjadi akibat makin penuhnya rongga perut akibat rahim yang membesar sehingga akan mendesak pula ke ruang dada yang berisi jantung dan paru-paru. Karena kapasitas paru berkurang, maka napas akan terasi semakin pendek.





2. Hemodilusi (pengenceran darah).

Menginjak trimester ketiga, darah mengalami pengenceran, maka jumlah darah yang beredar akan semkin banyak. Akibatnya jantung semakin bekerja keras dalam memompa darah dan akibatnya napas jadi tersengal-sengal.






3. Kebutuhan oksigen.

Wanita hamil memerlukan oksigen semakin banyak sekitar 25 persen dan akan semakin bertambah seiring dengan bertambah besarnya janin yang ada di dalam kandungan.

4. Meningkatnya hormon.

Ibu hamil memiliki hormon progesteron yang akan semakin meningkat dengan bertambahnya usia janin. Dan hormon ini akan membuat otak terangsang dan memberikan perintah pada sistem pernapasan untuk bekerja lebih giat.

Hormon ini juga bisa menyebabkan ibu hamil sering merasa stres.

Smartfren

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Penyebab Sesak Napas pada Ibu Hamil"

Post a Comment

Labels