12 Manfaat Kulit Buah serta Resep Ampuhnya

Kalau Anda sedang memakan buah, jangan dibuang begitu saja kulit buahnya karena beberapa kulit buah ini memiliki manfaat serta khasiat di luar dugaan kita semua. Kulit buah apa saja yang bisa dimanfaatkan, tentu saja bukan sembarang buah, namun buah yang memang bnar-benar ada khasiat di kulitnya.



Pada kulit ada obat penawar dan di kulitnya dapat dijumpai bermacam-macam khasiat yang fantastis, sungguh tidak menyangkanya ternyata kulit dari buah ada manfaatnya, malah khasiatnya tinggi namun alami. Misal saja pembasmi kuti. Ternyata bisa memakai kulit kentang dan cara pemakaian cukup simple.

12 Manfaat Kulit Buah serta Resep Ampuhnya


1. Kulit Manggis.

Kandungan vitamin C pada kulit manggis berfungsi untuk menyembyhkan sariawan.
Caranya adalah:
  • Siapkan kulit dari dua buag manggis.
  • Cuci dan potong-potong terlebih dahulu.
  • Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya.
  • Setelah dingin, saring dan pakailah berkumur.



Rebusan kulit manggis dapat mengatasi berbagai gejala penyakit seperti:
  • Menurunkan suhu tubuh saat demam.
  • Mengatasi diare.
  • Mengatasi disentri.
  • Mengatasi gangguan saluran kencing.

Kandungan xantone dalam kulit dan manggis bersifat anti proliferasi dan apopsis yabg efektif menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker. Caranya adalah dengan membuat jus kulit manggis dan minumlah secara teratur.

Khusus untuk wanita, kulit buah manggis membuat awet muda. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah penuaan dinian meregenerasi sel kulit.

Kulit manggis bisa diekstrak dan dijadikan pewarna alami yang dapat dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.

2. Kulit Melon.

Kulit melon sifatnya keras dan tidak cepat rusak, jadi bisa digunakan sebagai tempat saji berbenyuk mangkuk atau tas. Beragam potongan buah segar, koktail buah atau es dapat ditempatkan dalam kulit melon. Sup juga bisa ditempatkan di kulit melon.

Anda juga bisa mencetak puding dan jelly dalam kulit melon.

Kulit melon yang bertekstur unik bisa digunakan sebagai hiasan dalam penyajian makanan maupun minuman.

3. Kulit Jagung.

Setelah dicuci bersih, kulit jagung bisa digunakan untuk pembungkus penganan seperti dodol, jenang gan sebagainya. Bahkan di negara Meksiko kulit jagung digunakan untuk membungkus Tamales (makanan khas Meksiko).

Kulit jagung juga bisa diolah menjadi beragam kerajinan tangan seperti boneka, tas, tikar dan alas kaki.

Agar ikan yang dibakar langsung di atas bara tidak cepat gosong, maka bungkuslah dengan kulit jagung yang sudah dibersihkan dan dilembabkan dengan air.

4. Kulit Delima.

Sebagai obat diare. Caranya rebuslah kulit delima, air dan kayu manis hingga mendidih. Dinginkan dan minum 3x sehari atau sampai diare reda.

Kulit delima yang telah dikeringkan dan dibuat serbuk, bermanfaat untuk kesehatan gigi, melawan bau mulut, menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan. Caranya campur serbuk kulit delima dengan air lalu gunakanlah untuk berkumur.

Asam ellagic dalam kulit delima sangat efektif melembabkan kulit kepala dan kulit badan. Selain itu untuk membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan pada kulit karena paparan sinar UVA dan UVB sinar matahari. Caranya, tumbuklah kulit delima hingga halus lalu oleskan ke seluruh badan dan kulit kepala. Kemudian diamkan sebentar lali mandi hingga bersih.




5. Kulit Nanas.

Setelah memotong bagian atas dari nanas yang ada mahkotanya, tanamlah kembali, karena akan menjadi tanaman baru lagi.

Kandungan niasin dan bromelin pada kulit nanas bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, dapat memproduksi minyak alami rambut, memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan rambut. Tak heran jika kulit nanas digunakan sebagai bahan untuk membuat shampo.

6. Kulit Alpukat.

Setelah daging buah alpukat dikeruk, kulit alpukat yang berbentuk seperti mangkuk bisa digunakan sebagai pot kecil tempat pembenihan benih tanaman bunga.

Kulit alpukat bisa digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Caranya adalah ambil kulit bagian dalam alpukat yang biasanya keras dan berwarna hijau. Haluskan dan campur dengan minyak zaitu. Gunakanlah untuk masker. Setelah kering, bilas dengan air biasa.

7. Kulit Mentimun.

Kulit mentimun untuk mencegah semut, ngengat, tungau, tawon dan gegat. Caranya cukup letakkan kuli mentimun di sudut dapur, garasi, kamar atau dimana saja yang mengalami gangguan serangga tersebut.

Vitamin dan minyak dalam kulit mentimun bermanfaat untuk kulit. Caranya tempelkan kulit mentimun di atas mata untuk mengurangi bengkak dan kemerahan. Bisa juga ditempelkan di wajah dan leher sebagai masker.

Gunakan kulit mentimun sebagai hiasan pada makanan atau koktail. Gunakan alat pengupas kentang (peller) untuk membuat gulungan panjang kulit mentimun.



8. Kulit Semangka.

Sama pada kulit melon. kulit semangka bisa digunakan sebagai tempat saji berbentuk mangkuk atau tas. Beragam potongan buah segar, koktail buah, dessert, sup dan es bisa ditempatkan dalam kulit semangka.

Puding dan jelly dalam cetak dalam kulit semangka ini.

Kulit semangka bagian dalam yang berwarna putih dapat dibuat menjadi manisan kering serta acar.

9. Kulit Bawang.

Kulit bawang bombay bisa dicampurkan sebagai mirepoix (bahan penambah aroma) dalam pembuatan kaldu sayuran.

Kulit bawang merah dan bawang putih bisa dijadikan pewarna alami. Biasanya dicampurkan saat merebus telur agar warna kulitnya bagus. Untuk mendapatkan warna kulit telur merah kecoklatan, gunakan kulit bawang merah. Sedangkan agar mendapatkan kulit telur berwarna oranye kekuningan, maka gunakanlah kulit bawang bombay.

10. Kulit Apel.

Kulit apel bisa dibuat marmalade atau selai dari bahan buah. Caranya adalah dengan memasukkan kulit dan buah apel bagian tengah ke dalam rebusan air, perasan jeruk lemon dan gula. Rebus hingga kental dan jadilah marmalede atau selai. Kulit apel dan bagian tengah buah juga masih dapat dibuat jus. Pilih bagian yang bagus.

Bubuhkan gula pasir dan bubuk kayu di atas kulit apel, lalu panggang dalam oven hingga kering dan renyah. Maka jadilah keripik apel.

Keringkan kulit apel dalam oven, rangkai menjadi untaian bunga kering atau gunakan sebagai hiasan natal.

Kulit apel kering bisa dicampur dengan kulit lemon dan buah kering lainnya untuk digunakan sebagai potpourri (wawangian pengharum ruangan yang terbuat dari bunga dan buah yang dikeringkan).

Bungkuslah kulit apel kering dengan kain kassa, lalu gantungkan dalam lemari baju sebagai pengharum alami.

Simpanlah kulit apel dalam freezer, lalu tambahkan dalam smoothie buah kesukaan Anda. Haluskan terlebih dahulu lalu campurkan. Kulit apel menumbang serat tinggi.

Tambahkan kulit apel ke dalam teh hangat untuk aroma lebih segar dam memberi tambahan rasa manis. Jadi tak perlu lagi memberi tambahan gula ke dalam teh.

Bersihkan lemak membandel pada peralatan masak berbahan aluminium menggunakan kulit apel. Cukup rebus satu genggam kulit apel ke dalam 1 liter air hingga mendidih, dinginkan dan gunakan untuk mencuci. Dijamin akan kembali kinclong dan wangi.

11. Kulit Pisang.

Bermanfaat untuk meringankan efek gigitan serangga dan nyamuk. Oleskan pada bagian yang digigit untuk mengurangi pembengkakan.

Kulit pisang sangat efektif untuk mengatasi kulit kering agar kelihatan lembab dan segar.

Kalium dalam kulit pisang juga bisa membuat wajah kencang, sehat, serta menyingkirkan keriput.

Kulit pisang merupakan sumber anti oksidan dan mineral penting yang bekerja membantu pemulihan kulit saat terjadi iritasi dan memar di kulit.

Kulit pisang juga bisa untuk memutihkan gigi. Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi. Diamkan sebentar kemudian berkumurlah hingga bersih.

Kulit pisang bisa dimanfaatkan sebagai semir alami yang bisa meembuat sepatu dan benda berbahan logam menjadi mengkilap.

Untuk menghilangkan jerawat, usapkan kulit pisang bagian dalam pada jerawat secara rutin.

12. Kulit Kentang.

Kulit kentang bisa dibuat keripik. Caranya adalah campurkan kulit kentang dengan sedikit air lemon dan minyak zaitun, lalu aduk rata. Aturlah kilit kentang dalam wadah loyang, lalu panggang dalam oven yang bersuhu 200 derajat celcius selama 20 menit. Kemudian angkat dan beri bumbu perasa sesuai dengan selera Anda.

Kulit kentang dapat digunakan untuk menghilangkan bengkak dan kelelahan pada daerah sekitar mata. Letakkan potongan kulit kentang yang cukup lebar di sekitar mata. Tekan dengan lembut bagian dalam kulitnya ke mata Anda dan biarkan selama 10-15 menit. Tak perlu dibilas dengan air.

Untuk menghitamkan rambut yang ubanan. Caranya rebus kulit kentang dalam air selama 30 menit lalu saring dan dinginkan. Bilas rambut Anda dengan air rebusan tadi setelah keramas. Gunakan secara bertahap, maka uban akan kembali hitam.

Obat kutil. Tempelkan kulit kentang pada kutil yang ada di tangan, kaki atau bagian lainnya secara teratur. Perlahan namun pasti, kutil akan mengempis dan hilang tanpa bekas.

Itulah keduabelas macam kulit buah-buahan yang bisa digunakan untuk kesehatan. Sangatlah disayangkan kalau tidak diketahui dengan seksama oleh semuanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Manfaat Kulit Buah serta Resep Ampuhnya"

Post a Comment