5 Trik Jitu Hadapi Wasir untuk Ibu Hamil

Wasir adalah ambeien yaitu suatu penyakit yang notabene sering dialami bagi orang sering dan terlalu lama duduk. Akibat dari kelamaan duduk, akibatnya terjadi pembesaran di bawah.

Sebaiknya ketika buang hajat, jangan telalu lama mengejan karena akan menambah tekanan intra abdomen dan membuat wasir semakin membesar saja.

Kondisi wasir ini bisa hanya pembesaran saja, atau sampai pada peradangan. Sedangkan keluhan utama dari pasien biasanya meliputi benjolan di sekitar anus sampai keluhan nyeri, terkadang disertai pendarahan.

Rasa nyeri di benjolan tersebut bisa terasa atau tidak. Pada wasir yang lebih parah, benjolan yang keluar sedemikian besar dan disertai dengan pendarahan pasif.

Tidak itu saja, bisa ditemui gejala konstipasi dimana seorang wanita yang memiliki kebiasaan, memiliki riwayat pekerjaan seperti duduk atau berdiri terlalu lama. Maka ketika dia hamil nanti kemungkinan mengalami wasir juga.

Berikut ini trik jitu hadapi wasir.


5 Trik Jitu Hadapi Wasir untuk Ibu Hamil


1. Pada umumnya, wasir bisa diatasi dengan meniadakan faktor-faktor pemicu dan penyebabnya.

Biasanya wanita setelah melahirkan bisa mengalami wasir. Namun bisa segera ditangani dengan melakukan reposisi atau mendorong ke dalam benjolan wasir.





Hal ini tentu saja harus disertai dengan memperbanyak makanan berserat serta minum air putih yang cukup.

2. Pada iibu hamil, wasir biasanya akan hilang setelah persalinan.

Namun jika terjadi pendarahan hebat, wasir yang tidak hilang setelah modifikasi makanan, atau setelah persalinan benjolan wasir makin membesar, maka terapi pembedahan menjadi pilihan terakhir.

3. Konstipasi merupakan salah satu gejala yang banyak ditemui dalam kehamilan.

Sayangnya, konstipasi merupakan salah satu kondisi penyebab timbulnya wasir. Makanan adalah salah satu faktor yang bisa dimodifikasi dalam penyakit wasir.

Pada intinya, untuk menghindari konstipasi diusahakan feses yang terbentuk tidak keras atau lunak. Beberapa macam makanan yang bisa mempengaruhi adalah buah-buahan seperti pepaya dan meminum air putih dalam jumlah yang banyak.






4. Lakukan kegiatan fisik secukupnya dalam kegiatan sehari-hari.

Bila perlu, tanyakan ke dokter Anda mengenai suplemen yang mengandung serat dan obat-obatan pengencer feses.

5. Jika ternyata konisi wasirnya bertambah parah atau terjadi pendarahan, sebaiknya periksakan ke dokter.

Itulah lima tips jitu untuk menghadapi wasir. Semoga ada manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Trik Jitu Hadapi Wasir untuk Ibu Hamil"

Post a Comment