Solusi Sulit Hamil Karena Obesitas

Jika Anda termasuk salah satu wanita yang memiliki berat badan lebih, sebaiknya Anda harus waspada. Orang yang gemuk bukan saja salah satu bagian yang rentan terkena penyakit, namun juga sulit hamil.

Obesitas merupakan salah satu penyebab UTAMA seorang wanita ibu sulit untuk mendapatkan kehamilan. Hal ini disebabkan karena kegemukan dapat mempengaruhi ovulasi dari kesuburan.

Sehingga dapat menyebabkan perubahan pola hormonal yang normal. Kondisi seperti ini yang menyebabkan penurunan fungsi normal dari ovarium. Akibatnya siklus menstruasi menjadi jarang atau tidak teratur. Bisa dikatakan mengganggu fase ovulasi normal.


Selain itu, penumpukan lemak di perut dengan obesitas akan menghasilkan hormon androgen. Dimana dapat mencegah "maturisation folikel" yang dapat menyebabkan penurunan ovulasi.

Obesitas pun bisa menyebabkan kelebihan produksi insulin yang jadi penyebab ovulasi tak teratur.




Perlu diketahui bahwa ada hubungan antara obesitas dan produksi insulin berlebih dan infertilitas yang dikenal dengan sebutan PCOS yaitu sinrom ovarium polikistik.

PCOS adalah kondisi mendis tertentu yang terkait dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, berkurang atau berhentinya ovulasi, obesitas dan kadar peningkatan hormon androgen.




Solusi


Aturlah pola makan seimbang dan olahraga secara teratur agar berat badan Anda bisa turun. Bagi ibu dengan PCOS, jika mengatur berat badan dengan baik, maka tidak akan memerlukan obat untuk mendapatkan kehamilan.

Sebaiknya, mintalah bantuan dokter gizi agar program penurunan berat badan Anda bisa menjadi maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Sulit Hamil Karena Obesitas"

Post a Comment