Pertolongan Pertama di Rumah Bagi Pasien Hepatitis A

Hepatitis A juga bisa disebut dengan penyakit kuning karena dari penampilan anak atau orang yang menderita sakit ini terlihat kuning kalau dilihat.

Dan ternyata tak benar juga kalau orang yang menderita penyakit hepatitis A ini harus minum-minuman yang manis seperti teh manis dan sebagainya.
Virus hepatitis A masuk ke tubuh manusia melalui mulut. Bisa saja dari tangan orang yang sudah terkontaminasi kemudian mengambil makanan dan memakannya tanpat menghiraukan mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

Gejala





Apabila dicurigai anak Anda terkena hepatitis A, yaitu dari gejalanya :

1. Anak tampak kuning.
2. Demam.
3. Mual.
4. Muntah.
5. Tidak nafsu makan.
6. Lrmas.
7. Kencing berwarna seperti teh.

Maka sebaiknya segera dibawa ke dokter untuk memastikan seberapa berat penyakit hepatitis A yang dideritanya.




Jika gejalanya ringan, dan hasil pemeriksaan dokter tidak membahayakan, maka pasien bisa dirawat di rumah saja. Hanya pastikan saja bahwa tinja anak jangan sampai terkontaminasi dengan makanan atau minuman.

Karena makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bisa saja berpindah dari tangan penolong anak sakit, atau dari anak sakit itu sendiri saat terdefeksi.

Anak tak perlu dibatasi makanannya, tak ada pantangan kecuali jika anak merasa mual atau muntah, maka ia dapat dikurangi makanan yang berlemak.

Tidak benar kalau anak yang menderita hepatitis A perlu diberikan makanan atau minuman yang manis-manis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pertolongan Pertama di Rumah Bagi Pasien Hepatitis A"

Post a Comment

Labels