Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok

Ruam popok terjadi karena kulit anak tidak cocok menggunakan popok yang biasa dipakainya. Ruam ini terjadi di area kulit yang terpapar popok dengan ditandai kulit berwarna merah.

Pencegahan


Hindari menggunakan popok yang dapat mencetuskan ruam pada kilit anak. Setiap merk popok sekali pakai memiliki bahan yang berbeda-beda.

Ketika anak mengalami ruam dengan salah satu merk popok sekali pakai, sebaiknya mengganti popok dengan merk lain atau popok yang lain.





Tujuan anak menggunakan popok adalah untuk menampung urine. Untuk itu, tidak ada patokan berapa jam sekali anak harus mengganti popok. Namun bisa memperhatikan apakah popoknya sudah banyak menampung urine atau tidak.

Jika anak buang air kecil sekali langsung menghasilkan urine yang banyak, segera ganti popoknya. Pun demikian, jika menggunakan popok kain, ketika basah, harus segera menggantinya.




Mengatasi


Dalam mengatasi ruam popok, orangtua bisa mengompres kulit anak dengan handuk setengah basah menggunakan air biasa. Orangtua juga bisa menghentikan penggunaan popok.

Jika terpaksa menggunakan, maka sebaiknya gunakanlah popok kain apabila semua merk popok tetap menimbulkan ruam pada kulit anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencegah dan Mengatasi Ruam Popok"

Post a Comment