Apakah Penyakit Hepatitis A Mematikan ?

Penyakit hepatitis A adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus hepatitis A masuk ke tubuh manusia melalui mulut ke usus dan akan masuk ke peredaran darah.

Setelah masuk peredaran darah inilah maka akan bisa menginfeksi hati dan merusak sel hati dengan cara menimbulkan peradangan pada sel hati.


Peradangan sel hati ini akan mengganggu fungsi hati dan bisa menyebabkan timbulnya gejala hepatitis A dari yang ringan hingga yang berat.

Biasanya seseorang akan terinfeksi jika ada kontak dengan penderita hepatitis A lainnya. Kemudian apakah penyakit hepatitis A ini merupakan penyakit yang bisa merenggut nyawa seseorang?


Tidak Mematikan


Pada umumnya hepatitis A tidaklah mematikan. Gejala yang sering dilihat adalah penderita akan tampak kuning, buang airnya seperti teh, sedikit lemas.




Fungsi hatinya terganggu yaitu bilirubin darah meningkat dan enzim hati SGPT dan SGOT sedikit ada peningkatan. Keadaan seperti ini pada umumnya akan membaik dalam 2 minggu setelah mulai sakit.

Ada sebagian kecil sekali penderita yang gejalanya berat, berupa hepatitis A fulminan seperti yang disebutkan tadi dan bisa menimbulkan kematian dalam waktu singkat, kecuali transplantasi hati.




Obat


Tak ada obat antivirus untuk hepatitis A ini. Jadi pasien hepatitis jangan berharap obat antivirus hepatitis A. Bila kondisinya agak berat pasien dirawat untuk observasi agar tidak makin parah.

Yang terberat adalah pasien muntah-muntah, tak bisa makan, fungsi hati buruk maka si penderita dirawat agar tidak semakin parah dan keadaan tidak semakin memburuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Penyakit Hepatitis A Mematikan ?"

Post a Comment

Labels