Agar Kanker Tak Tumbuh Lagi

Kanker sudah diangkat seluruhnya (katanya) kok masih saja tumbuh lagi kanker, apakah sebenarntanya kanker itu tidak bisa disembuhkan secara total ya. Maksudnya ingin kanker ini benar-benar hilang dari tubuhnya.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pasien penderita kanker kepada dokter yang menanganinya. Berbagai upaya telah dilakukan termasuk operasi pengangkatan kanker, bahkan sudah tiga kali.

Bersumber dari penuturan Ibu Prof. Dr. dr. Roemwerdiniadi Soedoko, SpPA dari Yayasan Kanker Wisnuwardhana, Surabaya, bahwa apabila suatu benjolan di payudara dicurigai suatu kanker, maka ahli bedah kanker (bedah onkologi) akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menentukan stadium dan pengobatan yang tepat sesuai stadiumnya.

Kanker Payudara

Jenis pengobatan pada kanker payudara bisa meliputi:
  • Operasi.
  • Kemoterapi.
  • Radioterapi.
  • Hormonterapi.
  • Imunoterapi.

Mana yang dilakukan terlebih dahulu bergantung dari stadiumnya. Pengobatan yang cepat dan tepat sesuai dengan stadiumnya akan meningkatkan harapan sembuh dan memperpanjang harapan hidup penderita.





Kanker mempunyai anak sebar yang menyebar melalui pembuluh darah dan beredar di seluruh tubuh. Itulah yang menyebabkan kanker bisa tumbuh dimana saja selain di tempat awal tumbuh. Setelah dilakukan operasi untuk membuang induk kanker, akan diikuti terapi lainnya, misalnya kemoterapi yang bertujuan untuk memastikan anak sebar yang mungkin sudah tumbuh di payudara sebelahnya atau di organ lain.

Selama dan setelah pengobatan, ada jadwal kontrol yang harus dipatuhi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hasil terapi, komplikasi yang timbul, dan sedini mungkin mendeteksi timbulnya kanker kembali atau penyebaran kanker ke organ lain.

Pola hidup sehat, istirahat yang cukup, olahraga yang teratur, dan cara berpikir positif menjadi pilihan bijaksana untuk mencegah timbulnya kanker kembali. Mengkonsumsi lemak tinggi diperkirakan sebagai salah satu faktor resiko terjadinya kanker payudara, terutama lemak jenuh.



Namun demikian, belum ditemukan bukti bahwa mengurangi lemak dapat menurunkan insiden kanker payudara. Karena itu masih dilakukan studi penelitian dan masih menjadi perdebatan panjang. Tetapi ini bukan berarti tidak boleh makan semuanya karena nutrisi yang cukup, bergizi akan meningkatkan imunitas.

Sistem imun yang baik akan dapat melawan sel-sel kanker dan berguna untuk penyembuhan. Sangat disarankan untuk mematuhi jadwal kontrol serta saran yang telah ditentukan oleh tim dokter ahli kanker untuk kesembuhan yang optimal.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Agar Kanker Tak Tumbuh Lagi"

  1. Kesehatan memang mahal harganya ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu mencegah sebelum datangnya penyakit itu lebih penting dari mengobatinya ya mas..

      Delete
  2. Ibu saya terkena kanker payudara, sudah dioperasi, kemoterapi, dan radioterapi. Supaya tidak kambuh pola makan dijaga dan tiap bulan masih kontrol, meskipun sudah hampir 2 tahun dari operasi, hasilnya bagus. https://cauchymurtopo.wordpress.com/2013/10/07/20-faktor-risiko-wanita-terkena-kanker-payudara/

    ReplyDelete

Labels