Pada Usia Berapa Pembuluh Darah Pecah

Pembuluh darah bisa saja pecah dan akibatnya sangatlah fatal. Kalau masih ada sumbatan di sana-sini masih bisa disembuhkan melalui obat, namun kalau sudah pecah, haruslah dibersihkan pecahan-pecahan tadi lalu diobati.

Pecahnya pembuluh darah merupakan salah satu kondisi yang mengancam nyawa. Kondisi ini biasanya terjadi karena faktor degeneratif atau penuaan sehingga umumnya terjadi pada orang yang berusia di atas 40 tahun.

Namun, bukan tidak mungkin pecahnya pembuluh darah terjadi pada usia muda. Dokter spesialis bedah vaskular RS Premier Bintaro, Patrianef Darwis, mengatakan, pecahnya pembuluh darah bahkan bisa terjadi pada usia belasan tahun.

Risiko pecahnya pembuluh darah pada usia yang relatif muda terjadi karena trauma atau infeksi. Trauma misalnya berasal dari kecelakaan, sementara infeksi dikarenakan bakteri atau virus.

Yang dimaksud dengan infeksi adalah terjadinya inflamasi atau peradangan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.





Pecahnya pembuluh darah pada usia muda juga dipengaruhi oleh faktor genetik yang sudah dibawa sejak lahir. Orang tersebut biasanya sudah memiliki kelainan pembuluh darah sejak kecil sehingga semakin risiko ini semakin meningkat seiring bertambahnya usianya.

Pada umumnya, pembuluh darah pada mereka yang berusia muda bersifat elastis seperti balon sehingga tekanan baik dari dalam maupun luar tidak akan membuatnya pecah. Seperti balon, kan kalau ditekan elastis, bisa balik lagi.

Hal ini berbeda dengan pembuluh darah pada orang yang mulai menua, di atas 40 tahun, yang umumnya sudah memiliki plak. Lapisan plak pada pembuluh darah akan membuat strukturnya keras, bahkan seperti tulang, sehingga sangat mudah untuk pecah jika menerima tekanan. Itulah mengapa, pecahnya pembuluh darah sangat dipengaruhi oleh faktor denegeratif.

Kendati demikian, pembuluh darah pun bisa tetap sehat pada orang berusia lanjut. Caranya dengan membangun gaya hidup sehat sedari muda, mengatur pola makan, dan berolahraga teratur. Dengan begitu, paling tidak, risikonya akan berkurang.

Pada Usia Berapa Pembuluh Darah bisa Pecah pada umunya pada usia empat puluh tahun ke atas.

sumber: kompas.com
editor: obat sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pada Usia Berapa Pembuluh Darah Pecah"

Post a Comment