Sunday, December 29, 2013

Hubungan GADGET dengan Sering Mengantuknya Anak

Terlalu berlebihan menggunakan PONSEL pada anak-anak bisa membuat mereka gampang mengantuk.

Menurut penelitian, anak-anak yang masih juga memainkan ponsel di malam hari saat tiba waktunya untuk tidur, memiliki kualitas tidur yang buruk.


Ilmuwan dari Lee University di Lexington, Karla Klein Murdock mengatakan bahwa penelitiannya tidak menemukan adanya hubungan sebab akibat di antara keduanya. Namun dipastikan, ada hubungan nyata antara kebiasaan memainkan ponsel dengan kualitas tidur yang buruk.

Disertai stres ataupun tidak, frekuensi menggunakan ponsel berhubungan dengan indikator kunci gangguan tidur. Di antaranya adalah kurang tidur, butuh waktu lebih lama untuk terlelap, cuma punya waktu sedikit kesempatan untuk benar-benar tidur, dan ngantukan di siang hari.

Namun demikian, anak-anak yang mengalami stres lebih mengalami masalah ini. Kebiasaan memainkan ponsel secara berlebihan bisa memperburuk stres, dan akhirnya semakin mengurangi kualitas tidur. Pada siang hari, anak-anak juga makin sulit menjaga konsentrasi belajar.

"Dengan kata lain, berlebihan menggunakan ponsel bisa memperburuk efek psikologis negatif dari stres," kata Murdock yang melaporkan temuannya itu di jurnal Psychological of Popular Media, seperti dilansir laman Healthday.

Pada saat yang bersamaan, masalah tidur menurutnya juga bisa terjadi karena anak-anak itu melanjutkan pemakaian ponsel saat memang tidak bisa tidur. Akhirnya anak-anak tersebut semakin tidak bisa tidur sehingga efek buruk dari keduanya bisa saling menguatkan.

Anak-anak juga sering mengalami masalah tidur gara-gara terbangun tengah malam saat ponselnya berbunyi. Untuk menghindari gangguan saat ada SMS atau telepon masuk pada tengah malam, sangat dianjurkan untuk tidak membawa ponsel ke tempat tidur.

sumber:
jpnn.com

Saturday, December 28, 2013

4 Tindakan Kosmetik Terpopuler Tahun 2013

PROSEDUR bedah dan nonbedah kosmetik semakin diminati tiap tahunnya.

Hal ini terungkap dalam jajak pendapat yang dilakukan American Academy of Facial Plastics and Reconstructive Surgery (AAFPRS). Survei ini juga mengungkap beberapa prosedur bedah/nonbedah kosmetik yang paling digemari sepanjang 2013.

Selain itu, survei tersebut juga menunjukkan bahwa tren peningkatan tindakan kosmetik sejalan dengan penggunaan media sosial. Masyarakat menggunakan media sosial sebagai sarana pencitraan diri. Melalui foto yang terpampang, para penggunan media sosial merasa harus memiliki wajah yang tampak sempurna.

Beberapa prosedur bedah/nonbedah kosmetik yang diminati pada 2013 adalah botoks, pengencangan lengan atas, rhinoplasty (rekonstruksi hidung), dan facelift (pengencangan wajah).

Apakah tindakan kosmetik tersebut menjadi salah satu resolusi 2014 Anda?
Meski menjadi tren sepanjang 2013, pastikan Anda membuat keputusan tepat sebelum melakukan tindakan.

Sebagai gambaran, berikut ulasan singkat tindakan kosmetik terpopuler 2013.

4 Tindakan Kosmetik Terpopuler Tahun 2013:

1. Pengencangan lengan atas.

Operasi kosmetik ini sejalan dengan tren busana terbuka pada wanita yang memperlihatkan lengan. Lengan yang kencang akan menunjang rasa percaya diri ketika mengenakan busana tersebut, dibanding lengan yang menggelambir.

Operasi yang dikenal dengan brachioplasty atau arm lift ini mulai jadi tren pada 2000. Salah satu pemicu wanita melakukan operasi ini adalah tampilan ibu Negara Amerika Serikat Michelle Obama, yang kerap tampil dengan busana yang memperlihatkan lengan atasnya.

Operasi dilakukan dnegan mengangkat lemak atau jaringan berlebih di lengan bagian atas. Operasi juga bisa dilakukan dengan penyedotan lemak di lengan atas. Tindakan ini memerlukan biaya Rp 37 juta untuk sekali tindakan.

2. Botoks.

Botoks atau botulinum toksin A adalah senyawa yang dihasilkan Clostridium botulinum. Penggunaan botoks untuk menghilangkan kerut pada wajah dimulai di 2002. Menurut penemunya, Jean Carruthers, dengan melemahkan otot maka kerutan di wajah akan berkurang.

Sejak saat itu, botoks mulai digunakan untuk menghilangkan kerutan di daerah dahi, hidung, samping, dan bawah mata. Botoks bekerja dengan menghambat sinyal dari otak ke otot untuk membentuk ekpresi wajah. Hambatan kerja otot dalam membentuk ekpresi hanya terjadi pada area yang disuntik.

Otot yang tidak berkontraksi akan lebih rileks, sehingga tidak menimbulkan kerutan. Bagian yang tidak berkerut akan tertahan dan perlahan menyebabkan posisi area suntikan lebih naik. Efek botok bertahan selama 4-6 bulan, selanjutnya pasien bisa mengulangi suntikan.

Bila tidak mengulang, pasien tidak perlu khawatir timbul kerutan yang lebih dalam. Hal ini dikarenakan mekanisme kerja botoks yang hanya menghambat sinyal dan merelaksasi otot. Selama dua minggu sebelum tindakan, sebaiknya pasien tidak mengonsumsi obat pembeku atau pengencer darah, untuk memaksimalkan manfaat botoks.

Walau Food and Drug Association (FDA) Amerika Serikat sudah mengakui keamanan botoks, penggunaan senyawa ini masih harus diwaspadai. Hal ini terkait penyuntikan botoks yang kerap dilakukan tenaga tidak berpengalaman dengan harga murah. Akibatnya masyarakat terpengaruh dan melakukan prosedur tersebut, dengan mempertaruhkan tampilan asli wajah yang jauh lebih baik.

Karena itu, sebelum suntik botoks pastikan kredibilitas klinik atau tenaga kesehatan yang melakukannya. Harga murah tidak seharusnya menjadi penyebab hancurnya impian tampil lebih baik.

3. Rhinoplasty.

Operasi reka ulang bentuk dan ukuran hidung ini dilakukan dengan menyeimbangkan punggung hidung dengan bidang permukaan wajah (nasofacial angle), punggung hidung dengan dahi (nasofrontal angle), dan punggung hidung dengan garis maya yang dibentuk puncak hidung dan dagu (nasomental angle). Harmoni estetis bisa tercapai bila nasofacial angle berkisar 30-40 derajat, nasofrontal angle sekitar 115-130 derajat, dan nasomental angle sekitar 120-132 derajat.

Di Indonesia tindakan rhinoplasty yang umum dilakukan adalah augmentation rhinoplasty, atau memancungkan hidung. Prosedur dilakukan dengan meninggikan puncak hidung, melalui penyisipan penyokong puncak hidung. Puncak hidung terletak di antara dua tulang rawan cuping hidung. Struktur penyokong ini dapat berupa tulang rawan yang diambil dari cupung telinga, atau implan silikon steril berbentuk L.

Sebelum operasi, pasien tidak boleh mengonsumsi rokok, alkohol, atau obat herbal selama tiga minggu. Selain itu, pasien juga diwajibkan puasa 4-6 jam sebelum operasi untuk mencegah muntah saat pembiusan berlangsung . Bila pasien berusia lebih dari 40 tahun, dokter akan meminta pemeriksaan paru dan jantung untuk keamanan operasi. Operasi berlangsung selama 1-2 jam.

Setelah operasi, pasien disarankan melakukan kompres es pada bagian atas hidung selama 4-6 jam, untuk mencegah pendarahan kecil. Biasanya pasien juga mengalami bengkak dan biru selama satu minggu, dan mulai membaik pada minggu kedua pasca-operasi.

Untuk memperoleh hasil yang baik, pasien disarankan tidak memakai kacamata dan menyentuh hidung selama satu bulan. Jahitan baru dibuka pada hari ke-7 sampai hari ke-10 pasca-operasi, dan setelah itu pasien boleh mulai mandi atau terkena basah pada lukanya.

4. Facelift.


Facelift adalah prosedur untuk menghilangkan kelebihan lemak dan mengencangkan otot wajah serta leher. Hasilnya adalah kulit wajah yang kencang, halus, dan tampak selalu muda.

Metode standar pada tindakan facelift dilakukan dengan membentuk sayatan operasi pada perbatasan telinga dan pipi. Sayatan dilanjutkan ke atas dan belakang mengikuti perbatasan telinga, kemudian melintang menuju batas tepi rambut. Melalui sayatan tersebut, jaringan penyangga di balik kulit dapat dilipat atau dibuang untuk menghasilkan efek tarikan. Kelebihan kulit kemudian dibuang dalam operasi yang berlangsung selama 3-6 jam.

Usai operasi biasanya pasien akan mengalami bengkak atau lebam selama dua minggu. Luka tersebut akan hilang dengan penggunaan salep atau obat lainnya. Pasien diharuskan kontrol 2-3 hari pasca-operasi untuk pemulihan. Jahitan baru akan dibuka 7-10 hari setelah operasi.

sumber: http://health.kompas.com/read/2013/12/28/1555403/Tren.Tindakan.Kosmetik.2013.

3 Cara Tepat Ajarkan Anak Tentang Cinta

Masa anak-anak memang indah.

Segala sesuatunya terasa sangat sederhana dan ajaib karena bisa berubah dengan cepat. Termasuk dalam urusan cinta, mereka percaya bahwa ciuman dari ibu atau ayah bisa menyembuhkan luka mereka.

Bagi anak perempuan, mereka percaya bahwa suatu hari akan bertemu dengan pangeran tampan. Meskipun pada kenyataannya, anak-anak belum terlalu paham jika sebenarnya cinta merupakan salah satu aspek kehidupan yang cukup rumit.


Menurut Dr. Elizabeth Seeley-Wait, psikolog anak dan pendiri The Children’s Psychology Clinic di Sydney, sebenarnya orang tua bisa membantu anak-anak mereka memahami cinta di usia muda hingga mereka bisa beradaptasi dengan permasalahan cinta yang akan mereka hadapi kelak.

"Anak bisa belajar cinta dari apa yang dilakukan orang tuanya dengan menunjukkan perbuatan yang menyenangkan dan menunjukkan kasih sayang," kata Elizabeth, seperti dilansir laman Essential Kids.

Ruth Taylor, pendidik senior di Relationships Australia mengatakan bahwa penting bagi orang tua untuk menjadi role model hubungan cinta bagi anak-anaknya terutama yang sudah remaja.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajarkan apa itu cinta kepada anaknya, seperti dikutip dari Essential Kids, Kamis (26/12).

Berikut 3 Cara Tepat Ajarkan Anak Tentang Cinta:

1. Tonjolkan tindakan dibanding kata-kata

Tidak ada salahnya jika anda menunjukkan implementasi dari rasa cinta kepada anak-anak. Misalnya melalui pelukan, belaian, atau mencium mereka serta suami namun masih dalam batas wajar.

2. Berbicara tentang cinta

"Bukalah topik pembicaraan santai tentang cinta dengan anak anda. Jangan terlalu memaksakan pendapat anda dan dengarkan apa yang dipikirkan anak ketika mereka bicara tentang cinta. Akan lebih baik jika anda bisa memancing pertanyaan mereka seputar cinta dan hubungan dengan orang lain termasuk lawan jenis," kata Elizabeth.

3. Beri tahu kebaikan dan keburukan dalam sebuah hubungan

Menurut Elizabeth, ketika tengah berdebat dengan suami, tidak ada salahnya anda membiarkan anak melihatnya, termasuk ketika anda sudah berbaikan.

Dengan begitu, anak akan tahu bahwa ada suka dan duka dalam sebuah hubungan. Mereka juga lebih memahami bahwa apa yang mereka ketahui di dongeng-dongeng tidak bisa disamakan dengan realita yang ada. sumber jpnn.com

Friday, December 27, 2013

Manfaat Minum Kopi yang Lain

Tak perlu diragukan lagi, kopi punya segudang manfaat selama dikonsumsi dalam takaran yang wajar.

Baru-baru ini, para ilmuwan menambah daftar manfaat kopi dari hasil pengamatan pada jari tangan.


Untuk pertama kalinya, pengamatan terhadap 27 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa asupan kafein bisa meningkatkan aliran darah di sekitar jari tangan.

Penelitian ini dilakukan oleh para ilmuwan dari University of the Ryukyus di Okinawa, Jepang.

Peningkatan aliran darah di jari tangan, menurut para ilmuwan berhubungan dengan peningkatan fungsi pembuluh darah kecil yang ada di tempat lain dari tubuh manusia. Di antaranya bisa ditemukan pada mata, ginjal, juga pada organ-organ reproduksi.

"Temuan ini memberi kita petunjuk bagaimana kopi bisa meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah," kata salah seorang peneliti, Msato Tsutsui MD PhD, seperti dilansir laman Counsel and Heal, Senin (2/12).

Dalam penelitian ini, partisipan yang meminum secangkir kopi berkafein mengalami peningkatan aliran darah di jari tangan hingga 30 persen dibandingkan partisipan yang tidak mengonsumsi kopi. Efek ini bertahan hingga 75 menit setelah minum kopi.

Temuan ini menambah panjang daftar manfaat kopi, yang merupakan salah satu minuman paling populer sedunia. Penelitian lain sebelumnya mengkaitkan kopi dengan penurunan risiko gangguan jantung dan pembuluh darah seperti misalnya stroke dan sebaganya.

Para ilmuwan melakukan pengamatan pada jari tangan karena bisa teknis pelaksanaannya lebih mudah dibandingkan pada organ yang lain.

Dengan alat bernama Doppler flowmetry, para ilmuwan bisa mengamati aliran darah hingga level mikroskopis tanpa memerlukan prosedur invasif.

sumber:
jpnn.com

5 Gejala Paling Umum Penyakit Kanker Serviks

Pada awalnya kanker serviks ini tidak memunculkan gejala sama sekali, sehingga terkadang penderita merasa sehat.

Biasanya gejala akan muncul setelah kanker sudah dalam stadium lanjut. Untuk mengetahui apa saja tanda dan gejala dari kanker serviks, berikut tanda dan gejala yang sering muncul, berikut tanda-tandanya.
Cantik Sekali

Berikut 5 Gejala Paling Umum Penyakit Kanker Serviks adalah:

1. Keputihan Yang Berlebihan Dan Tidak Normal.



Adanya virus HPV (Human Papilloma Virus) pada stadium lanjut telah menginfeksi area leher rahim dan sekitarnya, sehingga ini menyebabkan bakteri dan jamur mudah berkembang biak sehingga penderita terkadang mengalami keputihan yang berlebihan dan terkesan tidak normal.

2. Muncul Rasa Sakit Saat Berhubungan Intim.

Ini terjadi karena saat berhubungan intim terjadi pergesekan alat kelamin di dalam vagina, sehingga mengakibatkan rasa sakit pada daerah rahim, dan terkadang dibarengi dengan pendarahan.


3. Pendarahan Di Luar Siklus Menstruasi.


Sebagian daerah leher rahim telah terinfeksi oleh virus HPV dan terkadang mengakibatkan pendarahan meskipun penderita kanker serviks sedang tidak dalam keadaan menstruasi.

3. Hambatan Dalam Berkemih Dan Pembesaran Ginjal.

Penderita akan merasa sakit saat mengejan ketika buang air kecil, rasa nyeri seakan-akan seperti sedang menderita batu ginjal.




4. Hilang Selera dan Nafsu Makan.

Secara fisik, seorang penderita kanker serviks akan mengalami keadaan tidak berselera makan dan malas makan. Ini karena penderita sudah merasa sangat lelah dan menjadi tidak bergairah dalam melakukan berbagai aktivitas. Gejala ini muncul ketika penderita sudah dalam stadium lanjut.

5. Nyeri Tulang Panggul Dan Tulang Belakang.


Rasa sakit di bagian tulang belakang dan tulang panggul di sekitar pinggul akan dirasakan oleh penderita kanker serviks, ini karena sebagian area panggul telah terinfeksi oleh virus HPV yang telah mulai menyebar. Biasanya penderita akan sangat memerlukan obat penghilang rasa sakit agar sakit yang diderita dapat berkurang.

Itulah beberapa gejala yang biasanya timbul setelah penderita kanker serviks sudah terinfeksi stadium lanjut. Karena gejala awal tidak menampakkan reaksi apapun, maka hendaknya seorang wanita harus rajin melakukan pengecekan ke dokter, atau biasa dikenal dengan istilah pap smear.

sumber: konsul dokter.

Thursday, December 26, 2013

Sikat Gigi Teratur Bisa Cegah Penyakit Jantung

SAAT ini jangan lagi membuat alasan untuk menunda atau bahkan tidak menyikat gigi.

Selain membantu membersihkan gigi dan mencegah timbulnya bau mulut, rutin menyikat gigi ternyata juga membantu anda terhindar dari penyakit jantung.


Peneliti dari Columbia University’s Mailman School of Public Health menemukan bahwa kebersihan mulut yang baik berhubungan dengan tingkat yang lebih rendah dari aterosklerosis, yang merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Temuan ini menjelaskan adanya kaitan antara kesehatan gusi dan penebalan pembuluh arteri.

Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki apakah kebiasaan sehat terkait mulut seperti flossing, menyikat gigi, dan kunjungan rutin ke dokter gigi dapat mempengaruhi tingkat karotid aterosklerosis (penebalan arteri melalui pertambahan kalsium, kolesterol, dan zat lain yang ditemukan dalam aliran darah).
Kondisi ini diketahui berkaitan komplikasi kardiovaskular fatal seperti penyakit jantung koroner dan penyakit arteri perifer.

Menurut Moïse Desvarieux, seorang profesor epidemiologi dan penulis utama penelitian ini, temuan ini menunjukkan bahwa pengaruh kebiasaan sehat terkait mulut mungkin lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya.

sumber jpnn.com

Wednesday, December 25, 2013

3 Tanda-Tanda Diabetes pada Anak

Kasus DIABETES pada anak-anak semakin meningkat.

Karena itu penting bagi orang tua untuk mengetahui tanda-tanda yang mungkin terjadi pada anak.

Menurut American Diabetes Association, pradiabetes adalah memiliki kadar glukosa darah yang lebih tinggi dari normal tetapi tidak cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes.

"Kabar baiknya adalah pradiabetes adalah reversibel sedangkan diabetes tidak reversibel," kata direktur medis dari Gramercy Pediatrics di New York City, Dr. Dyan Hes, seperti dilansir laman FoxNews, Selasa (24/12).

Anak Kecil Disuntik

Para ahli kesehatan mengatakan obesitas masa kanak-kanak dapat menyebabkan meningkatnya jumlah anak-anak dengan diabetes. Hes mengatakan banyak pencegahan yang bisa dilakukan, dimulai dengan orangtua yang dapat mengontrol makanan anaknya.

Berikut tanda-tanda yang harus orang tua sadari jika anak menderita prediabetic.

3 Tanda-Tanda Diabetes pada Anak adalah:

1. Minum berlebihan dan buang air kecil yang berlebihan.

2. Acanthosis Nigricans, atau kulit beludru lembut di sekitar leher, khususnya di daerah posterior.


Kulit ini hiperpigmentasi, yang berarti berwarna gelap.

Anak-anak dengan gejala ini sering salah didiagnosis dengan eksim leher. Kulit gelap yang sama di daerah yang tidak terkena sinar matahari seperti ketiak dan selangkangan. Skin Tags di leher dan di daerah dengan acanthosis.

3. Tes darah pada anak-anak pada risiko diabetes.
Menunjukkan trigliserida tinggi, dan mereka sering memiliki tekanan darah tinggi dan juga lingkar perut yang besar.

Hes mengatakan hal yang paling penting bagi orang tua agar anak mereka terhindar dari resiko diabetes adalah menerapkan diet sehat dengan memakan makanan olahan yang lebih sedikit dan lebih banyak serat, serta mendorong untuk lebih banyak berolahraga. sumber jpnn.com

3 Tanda Istri Stres dan Penanganan

STRES tidak hanya membuat siapapun tertekan dan uring-uringan, tapi juga mengganggu kehidupan seksual mereka yang mengalaminya.

Sebuah studi menemukan, gairah seks wanita lebih sensitif terhadap stres.

Tim peneliti dari Kinsey Institute, AS menarik kesimpulan itu dengan mensurvei sejumlah partisipan terkait aktivitas seksual mereka. Peneliti juga memberikan penilaian tentang bagaimana pengaruh mood-mood tertentu, seperti tertekan, depresi, atau bahagia, terhadap libido mereka.

Dan terbukti, partisipan wanita memiliki kecenderungan lebih kecil untuk mengalami peningkatan gairah seks ketika mereka tengah merasakan bad mood.

"Itu masuk akal, karena biasanya pria melampiaskan stresnya dengan olahraga ke gym, sedangkan wanita cenderung memendam perasaannya, membiarkan tekanan itu terus menumpuk dari waktu ke waktu," kata peneliti Kathryn Macapagal, Ph.D, seperti dilansir laman Men's Health, Rabu (18/12)

Namun tidak usah khawatir, ketika para pria mendapati istrinya tengah stres, yang perlu mereka lakukan hanyalah memperhatikan gejala stresnya dan melakukan sejumlah trik seperti ini.

Inilah 3 Tanda Istri Stres dan Penanganan:


1. Gejala: si dia mendadak suka belanja

Berbelanja mungkin akan meredakan stres seorang wanita, tapi sebenarnya manfaat itu hanya bersifat sementara.

"Ketika anda membeli sesuatu yang menarik dan baru, otak meresponsnya dengan cara seperti ketika anda mendapatkan hadiah. Tapi sebuah riset menunjukkan jika bagian menyenangkannya hanyalah pada saat membeli barang," kata Macapagal.

Jika sepatu baru bisa membuatnya bahagia, cobalah rencanakan kencan yang murah meriah, misalnya dengan mengunjungi museum atau mendaki gunung bersama.

2. Gejala: otot-ototnya menegang

Jika anda merasa istri sedang stres, sentuhlah dia agar stresnya mereda, terutama dengan mengelus punggungnya secara perlahan.

Studi dari University of Colorado mengatakan penumpukan stres menyebabkan peningkatan aktivitas otot, terutama di bagian punggung, sehingga dengan mengelus punggung istri, dapat dipastikan hal itu akan membantu meredakan tekanan yang dirasakannya.

3. Gejala: istri cenderung mengabaikan penampilannya

Stres dapat mengganggu kemampuan seorang wanita untuk memprioritaskan dirinya sendiri, meski itu berarti tidak lagi melakukan hal-hal yang biasanya ia sukai.

Yang bisa dilakukan suami adalah membuat istri tetap memprioritaskan aktivitas yang harus ia lakukan setiap hari. Misalkan jika ia terbiasa aktif ke gym, bantu dia untuk tetap melakukannya.

Atau apabila istri anda suka sekali dengan perawatan manicure tapi ketika Anda melihat kuku si dia kurang terawat belakangan, hadiahi istri dengan voucher salon atau spa agar ia bisa menikmati layanan perawatan tubuh disana.

Dan jika istri sudah tidak stres lagi, tentu anda akan lebih mudah mengajaknya bercinta lagi.

sumber jpnn.com

Tuesday, December 24, 2013

Bahaya Makanan Olahan

GUNA menghilangkan lemak perut dan membatasi konsumsi makanan olahan -terutama yang mengandung fosfor seperti makanan pesan antar atau cepat saji- tidak sekadar mengurangi beban timbangan.

Sebuah studi baru menunjukkan, bahwa pengurangan asupan fosfor dapat mengurangi risiko sakit ginjal.

Fosfor sering ditambahkan dalam makanan olahan untuk menambah cita rasa dan memperpanjang daya tahan makanan tersebut. "Secara alami kandungan fosfor yang tinggi juga seringkali ditemukan dalam susu, protein hewani dan protein nabati," kata Ketua tim peneliti, Dr. Alex Chang dari Johns Hopkins University, Baltimore, seperti dilansir laman Health Day, Senin (23/12).


Namun, dari pengamatan terhadap 500 orang dewasa penderita obesitas yang diminta menjalankan gaya hidup sehat, diketahui bahwa mereka yang lingkar pinggangnya berkurang dan membatasi konsumsi makanan yang mengandung fosfor dilaporkan mengalami penurunan kadar protein tertentu dalam urinnya, yaitu albuminuria. Selama ini, alnuminuria diketahui sebagai salah satu gejala awal penyakit ginjal.

Manfaat itu sudah terasa hanya dalam kurun enam bulan periode studi. Dalam enam bulan tersebut, partisipan yang mengalami pengurangan lingkar pinggang rata-rata 1,7 inci, ternyata kadar albuminuria dalam urine mereka berkurang hingga25 persen. Sedangkan pada partisipan yang mengalami pengurangan ekskresi fosfor sebanyak 314 miligram, protein albuminuria dalam urinenya juga berkurang hingga sebesar 11 persen.

"Aturan praktisnya adalah jika makanan itu dikemas secara khusus maka dapat dipastikan makanan tersebut mengandung fosfor dalam kadar tinggi. Padahal zat aditif fosfor 90 persen diserap oleh tubuh," kata penelti Dr. Joseph Vassalotti dari Kidney Foundation.

sumber jpnn.com

4 Jenis Makanan yang Mengandung Fosfor Berkadar Tinggi

Untuk MEMBATASI konsumsi fosfor, amati label dan cari tulisan 'PHOS' yang tercantum pada label.

Tulisan itu mengindikasikan adanya kandungan fosfor dalam makanan kemasan tersebut. Namun hati-hati karena fosfor tidak selalu dicantumkan dalam label makanan, sehingga anda sebaiknya tahu apa sajakah makanan yang mengandung fosfor.





Berikut 4 Jenis Makanan Mengandung Fosfor Berkadar Tinggi:

  1. Makanan olahan seperti kolak, sereal dan air minum yang diberi rasa tertentu
  2. Produk susu seperti keju, susu, krim, es krim dan yogurt
  3. Protein hewani seperti daging deli, daging organ dalam, tiram dan sarden
  4. Kacang-kacangan yang dikeringkan, kacang polong, kacang tanah dan biji-bijian, termasuk selai kacang dan selai kacang jenis lainnya, cokelat, baik berupa minuman maupun puding cokelat

Makanan ber-fosfor ini perlu kiranya dihindari untuk menjaga kesehatan anggota tubuh yang bernama ginjal. Siapa saja yang mengingkan ginjal yang sehat, cobalah hindari makanan di atas, makanan olahan yang mengerikan akibatnya buat ginjalmu nanti. Makanan dan minuman diatas saya lihat kok enak-enak ya untuk disantap.




sumber jpnn.com

Jangan Tunda Kehamilan Hingga Usia 30 Tahun

SAAT ini diketahui bahwa usia wanita yang rentan untuk hamil adalah 35 tahun ke atas, namun rupanya hasil studi terbaru membuktikan bahwa hamil di usia 30 tahun ke atas juga membuat wanita rentan mengalami masalah.

Wanita yang menunda kehamilan sampai usia mereka telah memasuki 30 tahun, akan memasuki zona risiko. Angka usia ini rupanya jauh lebih dini daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Ceweknya Nyawang Sing Moco
Risiko masalah saat kehamilan seperti kelahiran prematur dan bayi meniggal saat lahir berada pada angka 20 persen lebih tinggi dialami wanita berusia antara 30 hingga 34 tahun, jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki bayi di usia akhir 20 tahunan.

Banyaknya informasi yang menyebutkan risiko kehamilan banyak dialami saat wanita berusia 35 tahun membuat banyak dari mereka yang menunda kehamilannya, bahkan sampai di usia 30 tahun.

"Yang mengejutkan, kami menemukan adanya peningkatan risiko negatif kehamilan pada kelompok wanita berusia 30 hingga 34 tahun. Hasil ini diluar dari faktor-faktor risiko lain seperti merokok dan kelebihan berat badan. Ditambahkan dengan faktor risiko tersebut akan mengarah pada risiko yang lebih besar," kata pemimpin studi, Profesor Ulla Waldenström, seperti dilansir laman Daily Mail, Minggu (22/12).

Pada studi ini, Prof Waldenström dan timnya dari Karolinska Institute di Stockholm dan University of Bergen memeriksa data sekitar 1 juta ibu yang sedang hamil untuk kali pertama di Swedia dan Norwegia. Mereka membandingkan kondisi kehamilan ibu yang berusia di atas 30 tahun dengan mereka yang berusia 25 hingga 29 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 dari 5 wanita yang hamil di usia 30 tahun ke atas berisiko melahirkan prematur, mungkin di usia kehamilan 22 hingga 31 pekan atau bayi lahir dalam kondisi meninggal. Padahal wanita yang hamil kali pertama dalam kelompok usia ini sebelumnya terlihat tak memiliki risiko yang besar.

Sementara itu, menurut laporan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology, merokok dan kelebihan berat badan akan semakin memperbesar risiko kelahiran prematur dan bayi lahir dalam kondisi meninggal. sumber jpnn.com

Monday, December 23, 2013

15 Kandungan Khasiat Kecambah Brokoli

Selama ini, kecambah brokoli (broccoli sprouts) sering dikonsumsi mentah-mentah.

Biasanya kecambah yang memiliki rasa segar ini dibuat salad atau dimakan sebagai lalapan segar.

Adalah Jef Fahey, farmakologis dari Johns Hopkins School of Medicine, Amerika Serikat yang melakukan studi tentang khasiat kecambah brokoli ini.

Khasiat

Dalam dua dekade terakhir ini, menurut Fahey, kandungan yang terdapat dalam kecambah brokoli seperti sulforafan dikenal sebagai antioksidan yang mampu mencegah kanker perut.


15 Kandungan Kecambah Brokoli

Dari berbagai studi yang telah dilakukan sebelumnya, brokoli dikenal memiliki berbagai kandungan kimia seperti
1. Protein.
2. Lemak.
3. Karbohidrat.
4. Serat.
5. Kalsium.
6. Zat besi.





7. Vitamin A.
8. Vitamin C.
9. Vitamin E.
10. Tiamin.
11. Riboflavin.
12. Nikotinamide.
13. Kalsium.
14. Beta karoten.
15. Glutation.

Selain itu brokoli mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan dan iberin yang merangsang pembentukan glutation.

Namun, studi tentang khasiat kecambah brokoli yang manjur untuk menjinakkan bakteri H. pylori diklaim sebagai penelitian pertama yang dipublikasikan.




Dalam studi ini, peneliti melibatkan 48 pria dan wanita Jepang yang terinfeksi H. pylori dan menyuruh mereka secara acak untuk mengkonsumsi 70 gram kecambah brokoli segar per hari selama delapan minggu, sebagian diantaranya diberi kecambah alfalfa.

Hasilnya, bakteri H. pylori yang mengendap di dalam lambung dan usus dua belas jari relawan yang mengkonsumsi kecambah brokoli berangsur berkurang.

Sedangkan bakteri yang dikenal sebagai salah satu biang keladi penyakit tukak lambung dan gangguan usus dua belas jari yang ada di perut relawan yang mengkonsumsi kecambah alfalfa jumlahnya tetap sama. sumber tempo.co

Sunday, December 22, 2013

3 Gerakan Olahraga Mata untuk Menyegarkan Penglihatan

Pada dasarnya, MATA dirancang agar bisa bekerja dengan baik jika arah pandangan ke bawah sebesar 25 derajat.

Selain itu, sebaiknya jangan gunakan cahaya redup ketika membaca karena bisa membuat mata makin tegang. Jika mata sudah lelah, maka anda bisa sakit kepala terus menerus, penglihatan kabur, kelelahan, dan tidak bisa fokus pada objek.

Salah satu hal yang umumnya menyebabkan kelelahan mata adalah computer vision syndrome akibat menatap perangkat komputer, smartphone, atau video game dalam waktu yang lama. Sindrom ini mengakibatkan penurunan jumlah kedipan mata dan mata kering.

Informasi Penting Sob

Buat anda yang sering menghabiskan banyak waktu di depan layar TV, komputer atau telepon, tentu tahu jika mata akan mengalami kelelahan. Untuk mengatasi kelelahan itu, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga mata.

Ahli bedah mata Dr. Keiki Mehta mengatakan, layaknya tubuh, mata juga harus diajak berolahraga. Sebab, olahraga mata membantu fungsi mekanik dan optik ,yakni dengan meningkatkan stabilitas mekanik dan memperkuat otot-otot mata.

"Langkah itu bisa memungkinkan mata untuk menangkap gambar tiga dimensi yang akurat lalu menyalurkannya ke otak sehingga memungkinkan kita untuk melihat gambar," kata Dr. Mehta seperti dilansir laman Times of India, Jumat (20/12).

Lantas apa saja gerakan untuk olahraga mata?

Berikut ini beberapa gerakan mata yang bisa dilakukan untuk menyegarkan indra penglihatan anda:


1. Tutupi mata

Pejamkan mata dan tutupi dengan telapak tangan. Tekan mata dengan perlahan dan ringan, jangan terlalu menekannya. Cara ini bisa menenangkan mata yang lelah.

2. Berputar

Putarlah mata anda searah jarum jam, kemudian berlawanan arah jarum jam. Ulangi langkah ini setiap 30 menit. Hal ini penting anda lakukan terutama ketika anda duduk berjam-jam di depan layar komputer atau sedang belajar dalam waktu yang lama.

3. Fokus

Sekitar 30 detik, fokuskan pandangan ke objek yang jaraknya jauh dari tempat anda. Coba untuk pertahankan fokus, kemudian berkediplah dengan cepat beberapa kali. Setelah itu, arahkan fokus ke benda di sekitarnya selama 15 detik, pertahankan fokus, lalu berkedip cepat beberapa kali. Lakukan langkah ini sepuluh kali.

sumber jpnn.com

22 Daftar Obat Halal yang Mengantongi Sertifikasi Halal dari PPOM MUI di Indonesia

Ini dia 22 daftar obat halal yang telah mengantongi Sertifikasi Halal MUI di Indonesia. Penting juga untuk diketahui bersama, agar tahu.

Dari sekitar 18 ribu jenis obat yang beredar di tengah masyarakat, ternyata hanya 22 jenis yang sudah mendapatkan sertifikat halal dan aman untuk digunakan oleh umat Islam.

Lembaga Pengkajian dan Pengawasan Obat dan Makanan (LPPOM) MUI menyatakan kurang dari satu persen obat-obatan yang beredar saat ini memiliki sertifikasi halal berasal dari lima perusahaan farmasi.

LPPOM MUI menyatakan kurang dari satu persen obat-obatan yang beredar saat ini memiliki sertifikasi halal berasal dari lima perusahaan farmasi.

LPPOM MUI merasa ikut bertanggungjawab memberikan sertifkasi halal terhadap segala macam produk yang ada di Indonesia karena menurut Kiai Ma'ruf produk farmasi sama halnya dengan produk pangan harus diyakini kehalalannya .

Ia menyatakan bahwa "MUI membuat pernyataan sikap produk farmasi sama halnya dengan produk pangan harus diyakini kehalalannya sebelum dikonsumsi, untuk itu perlu adanya sertifikasi," tuturnya di Jakarta, Kamis (19/12).

Berikut ini kami lampirkan daftar nama 22 merek obat-obatan halal yang aman digunakan oleh umat Islam Indonesia dan telah mengantongi sertifikasi halal dari LPPOM MUI:

1. Menveo Meningococcal Group A, C,W135 Y Conjugate Vaccine (kategori vaksin)
2. Lumbricum (kategori obat cacing/typus)
3. Vercum (kategori obat cacing/typus)
4. Fresh Care (kategori obat herbal masuk angin)
5. Fresh Care Green Tea (kategori obat herbal masuk angin)
6. Fresh Care Lavender (kategori obat herbal masuk angin)
7. Fresh Care Fruity (kategori obat herbal masuk angin)
8. Fresh Care Strong (kategori obat herbal masuk angin)
9. Fresh Care Sandalwood (kategori obat herbal masuk angin)
10. Fresh Care Minyak Angin Aromatherapy Sport (kategori obat herbal masuk angin)
11. FreshCare Minyak Angin Aromatherapy (kategori obat herbal masuk angin)
12. Aquamarine,
13. FreshCare Rose (kategori obat herbal masuk angin)
14. FreshCare Teen Bubble Gum (kategori obat herbal masuk angin)
15. FreshCare Teens Happy Cherry (kategori obat herbal masuk angin)
16. FreshCare Teens Passion Fruit (kategori obat herbal masuk angin)
17. MENVACACYW 135 VACCINE (Meningococcal Polysaccharide Group ACYW135) (Kategori vaksin)
18. Holistic Bio medicare
19. Obat Tradisional Kunyit Putih (kategori herbal)
20. Obat gosok d’cloves (kategori herbal)
21. IOT BOKASHI PT.KARYA PAK OLES (kategori herbal)
22. Obat Herba Nusantara (kategori herbal).

sumber: http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2013/12/21/28260/ini-dia-22-daftar-obat-halal-sertifikasi-mui-di-indonesia/#sthash.VOlZoa6D.dpuf

Saturday, December 21, 2013

Sering Minum Manis Beresiko Terkena Kanker Rahim

SERING kita mengetahui bahwa meminum minuman berpemanis secara berlebihan terbukti dapat merusak otak.

Yang terbaru, peneliti mengklaim minuman berpemanis yang dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker rahim pada wanita. Kok BISA...

Gadis Hayu Tenan, Ra Ngapusi

Peneliti mengatakan bahwa mereka yang minum soda dengan jumlah paling banyak berisiko 78 persen lebih besar untuk mengidap penyakit mematikan itu, dibandingkan mereka yang tidak banyak minum soda.

Temuan ini dipastikan peneliti dengan mengamati 25.000 wanita berusia antara 50 tahu hingga 60 tahun yang mengidap kanker endometrium atau kanker rahim selama 14 tahun.

Setiap partisipan memberikan data mendetail tentang apa yang mereka makan dan minum, dan separuh di antaranya mengaku kerap mengonsumsi minuman bersoda.

Sekitar 600 partisipan pada akhirnya dilaporkan mengidap kanker rahim. Walaupun begitu tim peneliti dari University of Minnesota ini tidak dapat memastikan jika wanita yang banyak minum minuman berpemanis pasti memiliki sejumlah kebiasaan tidak sehat.

Hanya saja peneliti percaya kandungan gula di dalam minuman ringan adalah kunci yang membuat seorang wanita mengalami penambahan berat badan. Padahal sel-sel lemak yang banyak dimiliki wanita obes yang memicu produksi estrogen, hormon yang diduga mengakibatkan kanker rahim.

Selain itu wanita obes cenderung memiliki lebih banyak insulin dalam tubuhnya. Hormon ini juga kerap dikaitkan dengan risiko kanker rahim.

"Sudah banyak riset yang mendokumentasikan kontribusi minuman berpemanis buatan terhadap wabah obesitas. Sebab terlalu banyak mengkonsumsi gula terbukti dapat meningkatkan asupan kalori seseorang, termasuk menaikkan risiko gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan kanker," kata peneliti Dr. Maki Inoue-Choi, seperti dilansir laman NBC News, Selasa (17/12).

Untuk menjaga kesehatan, minum minuman berpemanis tidak dilarang, namun harus dalam jumlah yang wajar.

Selain itu biasakan juga untuk bergerak atau berolahraga secara teratur. sumber jpnn.com

5 Cara Cegah Kolesterol

Para ahli yakin bahwa kaum wanita secara alami memiliki kadar kolesterol baik (HDL) lebih tinggi dibanding pria.

Tampaknya kaum pria harus bekerja lebih keras untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Untuk itu simak tips dari Darwin Labarthe, MD, MPH, PhD, Direktur, Divisi Penyakit Jantung dan Stroke di Centers for Disease Control and Prevention (CDC).


5 Cara Cegah Kolesterol


1. Jika Anda merokok, berhentilah.

2. Jangan malas untuk memeriksakan kolesterol mulai usia 25 tahun.

3. Periksa juga tekanan darah dan kolesterol jika kadarnya tinggi.

4. Tingkatkan aktivitas fisik 30 menit setiap hari.

5. Makanlah lebih banyak buah juga sayuran dan kurangi garam serta lemak trans.

sumber: tempo.co

Kenali 9 Gejala Stres Pria Wanita

ORANG yang tengah dilanda stres asanya merasa cemas, gelisah dan cenderung ingin mengasup makanan yang tinggi gula.

Tapi jangan salah, hal-hal yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari anda juga ada yang bisa menjadi gejala stres.

Berikut ini beberapa hal yang wajar terjadi sehari-hari dan tanpa disadari itu merupakan gejala bahwa anda tengah stres.

9 Gejala Stres pada Pria Wanita adalah:


1. Nyeri Otot

Rasa sakit atau nyeri di leher yang berkaitan dengan duduk berjam-jam di depan komputer benar-benar bisa menjadi gejala stres. "Stres pasti mempengaruhi sistem muskuloskeletal sehingga otot tegang, berkontraksi, dan bahkan kejang," kata psikolog dan terapis fisik di Wexford, Pennsylvania, dan penulis A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness, Elizabeth Lombardo, PhD, MS, PT, seperti dilansir laman Woman's Day, Selasa (17/12).

Jika anda mengalami apa yang diyakini sebagai gejala otot yang terkait dengan stres, cobalah ambil napas lima sampai sepuluh kali dan fokus pada relaksasi di daerah tubuh yang tegang.

Coba beri pijatan lembut pada pangkal leher atau minta orang lain untuk menggosok bahu anda dengan cepat.

2. Menggigit Kuku

Kondisi kuku yang berantakan atau kutikula yang sering digigiti bisa menjadi hasil dari kebiasaan saraf akibat stres. Menurut Debbie Mandel, MA, pakar kesehatan dan pengelolaan stres yang juga penulis Addicted to Stress: A Woman’s 7-Step Program to Reclaim Joy and Spontaneity in Life, kebiasaan grogi seperti menggigit kuku adalah bagaimana menyalurkan stres dengan mengalihkan diri yang disebut kepuasan oral.

Menggigit kultikula dan kuku juga merupakan cara umum bagi wanita mengatasi perasaan stres dan cemas. "Coba ambil bola yang empuk dan remas bola itu untuk menyalurkan stres," kata Mandel.

3. Mengantuk

Saat anda merasa lesu dan mengantuk, ini bisa jadi tanda anda sedang stres. Hormon stres menyebabkan melonjaknya hormon adrenalin dan kemudian menyebabkan kantuk. Stres juga bisa merusak kualitas tidur anda sehingga saat bangun tubuh terasa lelah dan mudah marah.

"Solusinya, pergi tidur lebih awal atau sempatkan tidur siang selama 30 menit dan jangan merasa bersalah melakukan hal itu karena ada produktivitas dalam istirahat dan Anda bisa kembali fokus," jelas Mandel.

4. Pelupa

"Penelitian menunjukkan bahwa stres kronis bisa mengecilkan ukuran hippocampus yang bertanggung jawab terhadap beberapa memori. Jaga fungsi otak dari stres dengan berolahraga. Misalnya berjalan kaki, naik tangga, atau menari," kata Dr. Lombardo.

Dengan begitu, otak anda akan lebih tajam dan membantu anda untuk lebih siap menghadapi stres di masa depan.


5. Bingung

Menurut Mandel, stres bisa menyebabkan gangguan dan berkurangnya fokus pikiran. Untuk mengembalikan fokus anda, keluarkan stres dari tubuh anda dengan berolahraga secara kelompok.

Berjalan keluar ruangan dan terkena sinar matahari akan membantu pelepasan serotonin tubuh untuk meningkatkan mood. Vitamin D bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

6. Gigi Berlubang

Menurut para ahli, stres bisa mengakibatkan anda mengasup lebih banyak makanan di siang atau malam hari. Hal inilah yang bisa memicu gigi berlubang. Kebiasaan seperti itu bisa mengikis dan merusak gigi serta membuatnya lebih rentan berlubang. Daripada mengunyah lebih banyak makanan, lebih baik tuliskan masalah anda di buku harian atau berbagilah dengan orang lain.

7. Ruam

Kulit bisa jadi barometer yang cukup baik dari tingkat stres anda. Dr Lombardo mengatakan stres bisa menyebabkan ruam yang biasanya muncul berupa bintik merah atau gatal.

Beberapa ahli percaya bahwa stres bisa merugikan bagi sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan hipamin yang menyebabkan gatal.

"Lain kali jika merasa stres anda meningkat coba ambil napas dalam, taruh tangan tepat di atas pusar dan agak ditekan. Ambil lima sampai sepuluh kali tarikan napas," kata dr Lombardo.

8. Mual

Stres bisa mengganggu perut dan mual bisa jadi efek samping dari kekhawatiran. "Khawatir terhadap orang lain normal tapi jika berlebihan itu akan tidak sehat," papar mandel.

Jika mual akibat stres, coba atasi dengan merendam jari-jari anda dengan air hangat. Ini bisa mengurangi rasa mual anda.

9. Mata Kedutan

Pada beberapa kasus, mata yang kedutan bisa dipicu oleh stres. Menurut Mandel, kondisi ini disebut dengan blepharospasm. Untuk mengatasinya bisa dengan mencoba menutup mata dan memvisualisasikan tempat paling membahagiakan.

"Atau istirahatkan mata anda dari kacamata dan regangkan tiap 20 menit dengan melihat keluar jendela. Jika tidak punya pandangan maka tutup mata anda dan bayangkan beberapa pemandangan indah," kata Mandel.

sumber:
jpnn.com

10 Ciri-Ciri Tanaman Binahong yang Asli

Binahong merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bukan saja hanya penyakit ringan yang bisa disembuhkan, namun juga penyakit-penyakit berat.

Binahong konon berasal dari Negeri Korea ini dikonsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat yang akhirnya USA kalah perang.





Ciri-ciri Tanaman Binahong

Sebenarnya kayak apa sih bentuk tanaman binahong ini. Berikut ciri-cirinya:
1. Tumbuh menjalar pada air, tembok atau batang pohon.
2. Batangnya lunak, silindris, saling membelit.
3. Batang berwarna kemerahan, bagian dalam solid, permukaannya halus.
4. Kalau sudah tua, batangnya berwarna putih kusam dan agak mengeras.








5. Panjang batang 20-30 meter.
6. Diameter pangkal batang mencapai 3,5 cm.
7. Umur 2 bulan atau lebih, tanaman binahong membentuk semacam umbi atau rimpang yang melekat di ketiak daun.
8. Umbinya berbentuk bulat agak kasar dan keluar seperti bulu yang panjangnya 1-3 mm.



9. Kulit umbi berwarna hijau kecoklatan.
10. Daging umbi berwarna putih dan panjangnya 5-17 cm dan berdiameter 1-4 cm.

Khasiat Jus Tomat Pelawan Kanker Prostat

Warna merah pada tomat membuat buah ini juicy dan sulit ditolak apalagi jika sedang ranum.

Warna merah itulah yang membuat buah yang satu ini digadang-gadang sebagai senjata penting melawan kanker prostat.

Warna merahnya berasal dari fitokimia yang disebut likopen (Lycopene), antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat.

Jus Tomat
Beberapa penelitian, memperkirakan, bahwa diet yang mengandung banyak likopen terkait pada penurunan risiko kanker prostat.

Bagaimanapun para peneliti belum yakin benar apakah kejadian ini terkait langsung pada likopen atau senyawa lain dalam buah tomat.

Pada tes laboratorium, likopen menghentikan pertumbuhan sel kanker lain, termasuk kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker endometriosis (pada lapisan uterus).

Peneliti berspekulasi bahwa likopen, melindungi sel-sel dari kerusakan yang bisa mengarah pada terjadinya kanker dengan meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Mereka juga menduga bahwa likopen menghentikan pertumbuhan tumor dengan cara mengintervensi pertumbuhan sel abnormal.
Begitu disebutkan para ahli di American Institute for Cancer Research.

Untuk memperoleh keuntungan dari likopen, makanlah tomat yang sudah diproses atau dimasak, termasuk jus tomat, saus pizza.

Pemrosesan, membuat daya serang senyawa pada likopen lebih kuat masuk ke dalam tubuh.

Ini karena proses pemanansan bisa memutuskan dinding sela tanaman. Termasuk pemrosesan tomat pada makanan dengan minyak seperti ada pizza atau pasta dalam bentuk saus, bisa meningkatkan ketersediaan likopen.

Ingin mendapat tambahan lagi?
Cobalah semangka, jeruk, atau buah paprika.
sumber tempo.co

Friday, December 20, 2013

4 Olahraga Paling Tepat Saat Menstruasi

Pada saat tamu bulanan menghampiri perempuan, hasrat untuk bermalas-malasan seringkali meningkat ratusan kali lipat.

Namun jangan sampai menstruasi menjadi alasan anda untuk tidak berolahraga.

Greg Justice, penulis Mind Your Own Fitness, mengatakan, yoga adalah olahraga yang baik terutama untuk meredakan stres akibat PMS (pre menstrual syndrome). Akan tetapi, ada olahraga yang tidak harus dilakukan saat menstruasi.

"Jangan lakukan gerakan yoga dengan posisi kepala di bawah. Ada sebuah teori yang disebut vascular congestion, yang akan membuat darah yang keluar menjadi berlebihan," kata Justice, seperti dilansir laman Women's Health Magazibe.


Menurut Justice, saat berdiri dengan kepala di bawah, aliran dalam pembuluh darah pada rahim akan semakin tertekan. Hal inilah yang menyebabkan lebih banyak darah keluar.

Justice menyarankan jenis olahraga lain, yang lebih aman dan tidak berefek buruk bagi kesehatan tubuh. Kalaupun anda tetap memilih yoga, pastikan kepala anda tetap berada di atas.

Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang aman anda lakukan saat menstruasi.

1. Yang paling sederhana adalah berjalan kaki dan berlari.

2. Selain itu senam aerobik juga baik, sebab tidak terlalu membebani tubuh dan seringkali tujuan aerobik adalah untuk kesenangan.

3. Jika anda hobi dance atau tari-tarian lainnya, tetaplah menari meski sedang menstruasi.

4. Yang terakhir adalah planking.

Planking adalah berbaring tengkurap di lantai, meletakkan lengan dan siku di bawah dada, kemudian mengangkat tubuh hanya dengan menggunakan tangan dan ujung kaki.

sumber jpnn.com

Tubuh Ideal tapi Terkena Serangan Jantung

JANGANLAH senang dulu jika kini anda memiliki tubuh ideal dengan berat badan normal.

Sebab sebuah studi menemukan bahwa meskipun seseorang memiliki indeks massa tubuh (IMT) normal, ia tetap memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung.

Seseorang dengan berat badan normal belum tentu memiliki persentase lemak tubuh yang normal pula. Inilah sebabnya mengapa ia juga berisiko untuk bisa terkena penyakit yang biasanya dimiliki oleh orang gemuk.

Para peneliti dari Dartmouth-Hitchcock Medical Center, Lebanon, mencoba untuk mengkaji data dari 1.528 orang dengan IMT normal. Mereka menemukan bahwa 1 dari 5 pria dan 1 dari 3 wanita memiliki persentase lemak tubuh yang justru di atas normal.

Studi ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa orang dengan berat badan normal juga masih mungkin untuk memilik lemak dalam jumlah banyak. Padahal kelebihan lemak tubuh ini berhubungan dengan risiko yang lebih tinggi terhadap diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

"Hanya karena seseorang memiliki IMT normal bukan berarti mereka secara metabolik juga normal," kata pemimpin peneliti yang juga merupakan seorang dokter geriatrik dari Dartmouth-Hitchcock Medical Center, Lebanon, Dr John Batsis, seperti dilansir laman Reuters, Rabu (18/12).

Para peneliti ini kemudian melakukan analisis lagi dari survei nutrisi nasional. Secara khusus mereka mengkaji data orang dewasa berusia rata-rata 70 tahun dengan berat badan normal. Total sekitar 902 orang responden meninggal selama 13 tahun pengkajian, termasuk 419 di antaranya meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Dr Batsis dan rekan-rekan penelitinya menemukan dari hasil survei tersebut bahwa mereka dengan persentase lemak tubuh tertinggi lebih mungkin untuk memiliki penyakit tekanan darah tinggi dan sindrom metabolik. Dua kondisi tersebut memiliki hubungan yang sangat erat dengan masalah jantung dan diabetes.

IMT sebenarnya beberapa kali diungkapkan tidak bisa mengukur secara pasti persentase lemak tubuh, namun para dokter dan praktisi klinis masih sering menggunakannya karena dianggap mudah digunakan, praktis, dan terjangkau.

Dr Javier Salvador, ahli endokrin dari University Clinic of Navarra, Spanyol, yang tidak terlibat sama sekali dengan penelitian ini, menyatakan bahwa IMT tidak bisa dijadikan acuan untuk mengukur lemak.

"Data seperti IMT, meskipun selama ini sudah sering dilakukan untuk mendiagnosis diabetes, sebenarnya tidak cukup tepat untuk menyimpulkan apakah seseorang memiliki status metabolik abnormal," kata Dr Salvador.

Oleh sebab itu, Dr Batsis menyarankan para dokter untuk lebih menerapkan metode edukasi pada para pasiennya agar lebih hidup sehat. Misalnya dengan mengontrol tekanan darah, menjaga berat badan tetap normal dan mengatur pola makan sehat. sumber jpnn.com

Thursday, December 19, 2013

Kandungan Khasiat RIP Curcuma Zedoaria | Herbal for Cancer

RIP Curcuma Zedoaria terbuat dari jenis Curcuma Zedoaria yang mengandung Curcumin atau anti inflamasi dan RIP yang dibuat untuk mencegah dan mengobati kanker dan tumor.


Komposisi

Setiap kapsul mengandung Curcuma Zedoaria 400 mg.

Khasiat

Mengobati peradangan (Anti Inflamasi) penyakit kanker dan tumor serta penyakit lain yaiyu:
Mengatasi gangguan nyeri lambung.
Mengatasi nyeri haid.
Mengobati asam urat.
Mengobati darah tinggi.
Mengobati diabetes.
Mengobati kolesterol.
Mengatasi amandel.
Mengobati jantung koroner.

Pencegahan

1x 1 kapsul diminum setelah makan.

Pengobatan

3x sehari 1 kapsul diminum setelah makan.

Peringatan

Tidak untuk wanita hamil dan menyusui.

Anjuran

Perbanyak minum air putih

Aktivitas Terjelek Sebelum Tidur

Banyak orang yang memilih merilekskan dirinya dengan menonton televisi sebelum tidur.

Saat terbangun di malam hari, sebagian juga memilih menyalakan TV. Padahal menurut survei terbaru, menonton TV adalah aktivitas terburuk yang dilakukan menjelang tidur.

Sebenarnya survei yang sama juga menemukan hal ini dilakukan hampir setiap orang di muka bumi. Bahkan tercatat dua pertiga masyarakat di tiap negara menonton TV minimal satu jam sebelum naik ke atas tempat tidur.

Kabar buruknya, hanya sepertiga yang mau mematikan televisinya, padahal merekalah yang dijamin akan mendapatkan tidur berkualitas.

"Cahaya terang dari TV ini merangsang otak yang dapat menyebabkan pelepasan melatonin, hormon yang penting untuk mendapatkan tidur berkualitas. Dan kondisi yang sama juga berlaku untuk laptop dan tablet, terutama jika disetting dengan cahaya paling terang," kata Dr W. Christopher Winter, M.D seperti dilansir laman Men's Health, Kamis (12/12).

Dr Winter menambahkan jika anda bersikeras menonton TV dengan menurunkan tingkat kecerahan cahayanya (brightness), maka setidaknya pastikan juga konten acara yang anda tonton tidak mengandung unsur kekerasan.

"TV juga bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang jika kontennya mengandung kekerasan. Misalnya menonton siaran ulang serial lucu seperti Friends jauh lebih baik daripada serial penuh kekerasan misalnya Game of Thrones atau True Blood. Ini sebaiknya ditonton di siang hari saja," katanya lebih lanjut.

Yang lebih sehat daripada menonton televisi menjelang tidur tak lain adalah membaca buku. Bahkan membaca di bawah lampu remang-remang takkan mengganggu produksi hormon melatonin dalam otak.

Justru beberapa studi telah membuktikan jika daya ingat seseorang akan membaik jika sebelum tidur ia rutin membaca buku. sumber jpnn.com

Khasiat Omega 3 pada Manula

Omega 3 sering disebut bisa membantu menjaga ketajaman otak.

Namun setidaknya pada wanita yang lebih tua, asam lemak omega 3 tidak bisa menjaga ketajaman otak mereka.

Penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Neurology menemukan bahwa tidak ada perbedaan pada keterampilan kognitif wanita yang lebih tua, yang memiliki kadar asam lemak dalam darah lebih tinggi, dibanding mereka yang kadar asam lemaknya lebih rendah.

"Pada studi kami yang menghubungkan tingkat omega-3 dalam darah dengan fungsi kognitif, tidak ditemukan hubungan bahwa hal itu bisa melindungi ketajaman otak pada orang tua, terutama wanita yang sudah menopause," kata salah satu penulis studi dan doktor peneliti epidemiology di Iowa University, Eric Ammann, seperti dilansir laman Livescience.

Percobaan acak pada beberapa responden juga tidak menunjukkan pengaruh konsumsi omega 3 dengan ketajaman otak.

"Temuan ini menunjukkan bahwa omega-3 mungkin tidak mendorong otak seperti yang pernah dianggap sebelumnya," tambah Ammann.

Studi sebelumnya menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak ikan dan kacang cenderung memiliki pikiran yang lebih tajam serta memori lebih baik daripada mereka yang tidak mengonsumsi kacang atau ikan.

Penelitian lain menemukan bahwa asam lemak omega-3 bisa mengurangi peradangan yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Namun, studi yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen omega 3 tidak berisiko lebih rendah mengalami penurunan kognitif atau memori.

Ammann dan rekannya mengukur kadar omega-3 pada 2.157 perempuan usia 65 tahun ke atas. Para wanita menyelesaikan serangkaian tes kognitif selama lima tahun. Tes ini bertujuan mengukur memori kerja, kemampuan verbal, dan kemampuan sosial mereka.

Hasilnya, peneliti tidak menemukan perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, mereka menyimpulkan omega-3 tidak memberi dorongan bagi kemampuan otak perempuan. Terkait dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan, kacang, atau suplemen omega-3 cenderung memiliki fungsi otak lebih baik, Ammann mengatakan bahwa hal ini mungkin hubungan sebab akibat.

sumber jpnn.com

Wednesday, December 18, 2013

5 Penyebab Kanker di Sekitar Rumah

Penyakit KANKER merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang.

Gaya hidup tidak sehat paling sering disebut menjadi penyebab kanker. Meski demikian, di lingkungan sekitar termasuk rumah, sebenarnya bisa kita temui beberapa penyebab kanker.

Cancer
Misalnya adalah Dioxin.
Dioxin merupakan sekelompok senyawa organik beracun yang diproduksi berbagai olahan industri terutama pembakaran sampah atau pemutihan serat. Dioxin bisa larut dalam lemak sehingga bisa menumpuk di tubuh hewan atau manusia.

Ini berarti, sejumlah kecil makanan yang merupakan produk hewani (daging dan susu) bisa saja mengandung dioxin.

Zat ini juga bisa masuk ke tubuh anda ketika anda menghirup emisi dari sumber pencemaran. Selain menyebabkan kanker, dioxin juga berkaitan dengan masalah reproduksi dan perkembangan.

Sebaiknya, kurangi asupan lemak hewani dan pilih susu rendah lemak. Jangan membakar sampah dan hindari lingkungan yang berpotensi menimbulkan pencemaran.

Ada beberapa penyebab kanker yang ada di rumah anda dan keberadaannya pun seringkali tidak disadari.

5 Penyebab Kanker di Sekitar Rumah:


1. Plasticisers (peliat)

Peliat adalah bahan kimia yang dikenal dengan DEHP dan DEHA yang biasa digunakan untuk membuat plastik lebih lembut dan lengket. Bahan itu pula yang membuat pembungkus plastik (clingwrap) bisa merekat erat ke sebuah produk seperti parsel buah atau daging.
DEHP dan DEHA telah terbukti menyebabkan perkembangan sel kanker pada hewan percobaan di beberapa studi.

Peliat bisa masuk ke dalam tubuh dengan meresap ke makanan yang dibungkus dengan rapat seperti keju dan daging. Proses migrasi ke dalam tubuh dipercepat ketika makanan yang dibungkus clingwrap dipanaskan dengan microwave.

Untuk menghindarinya, gunakan wadah kaca atau plastik yang aman untuk menyimpan makanan anda. Atau bungkuslah menggunakan aluminium foil. Selain itu, selalu buka clingwrap jika ingin memanaskan makanan.

2. Bisphenol A dan botol plastik

Bisphenol A (BPA) adalah bahan kimia yang umumnya digunakan untuk produk plastik termasuk kartu kredit, interior mobil, bahkan botol susu bayi. Jika memasuki tubuh manusia, BPA bisa mengganggu proses biologi tubuh dan hormon yang salah satunya adalah estrogen.

Studi terbaru menyebutkan bahwa BPA bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Bahan kimia itu bisa masuk ke tubuh jika plastik yang mengandung BPA dipanaskan. Maka dari itu, sebaiknya hindari botol plastik yang memiliki kode nomor 3,6, dan 7.

"Langkah yang lebih baik yaitu gunakan botol plastik hanya sekali pakai dan jika ingin memanaskan sesuatu menggunakan botol, gunakanlah botol kaca," kata kepala riset di The Cancer Association of South Africa (CANSA), Dr. Carl Albrecht, seperti dilansir laman News24, Senin (16/12).

3. Lemak trans

Di tahun 1990, para ilmuwan menemukan bahwa lemak trans dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Beberapa penelitian menemukan hubungan konsumsi lemak trans dengan kanker payudara dan prostat. Lemak trans bisa masuk ke tubuh melalui margarin dan makanan yang dipanggang atau digoreng.

Oleh sebab itu, biasakan membaca label makanan apakah makanan itu bebas lemak trans atau tidak. Selain itu, mulai kurangi konsumsi makanan yang dipanggang atau digoreng, sebaiknya olah makanan dengan cara direbus atau dikukus.

4. Acrylamide

Acrylamide adalah bahan kimia yang terbentuk secara spontan ketika makanan kaya karbohidrat, terutama keripik kentang dan kopi berada pada suhu tinggi. Acrylamide dianggap sebagai karsinogen yang bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

Terutama kanker ginjal, kanker yang terjadi pasca menopause, dan endometrium. Mulai sekarang, ada baiknya anda mengurangi konsumsi kopi dan juga hilangkan kebiasaan mengkonsumsi keripik sebagai cemilan.

5. Radiasi ponsel

Dr. Devra Davis, Professor of Preventive Medicine di Mt Sinai Medical Center, New York dan penulis 'The Secret History of the War on Cancer' mengatakan bahwa, ponsel memancarkan radiasi gelombang mikro dalam dosis rendah. Terutama pada anak-anak, radiasi ponsel akan lebih mudah menembus kepala mereka yang lebih tipis dan mengandung lebih banyak cairan.

"Radiasi ponsel bisa menimbulkan kanker otak meskipun kanker otak membutuhkan waktu 40 tahun untuk berkembang. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa risiko tumor otak dua kali lebih tinggi pada orang-orang yang menggunakan ponsel selama 10 tahun atau lebih," kata Davis.

Davis menyarankan, sebaiknya ketika menelepon, gunakan speakerphone atau headphone supaya ponsel tidak bersentuhan langsung dengan kepala. Dia juga merekomendasikan supaya anak di bawah umur 12 tahun tidak memakai ponsel kecuali dalam keadaan darurat. sumber jpnn.com

Tuesday, December 17, 2013

Zat Kimiawi pada Boneka Picu Kanker

Zat kimiawi berbahaya yang terkandung dalam boneka mainan ternyata dapat menjadi pemicu kanker dan kelainan bentuk pada janin.

Boneka pemicu kanker itu salah satunya ditemukan di sebuah toko di Medway, Inggris.

Boneka "kepala buah" yang ditemukan membawa pemicu kanker itu telah disita. Bahkan boneka dengan kepala berbentuk stroberi, apel, tomat dan blackcurrant yang mengandung phthalates, disebut dapat mengakibatkan kemandulan pada pria.

Seperti dimuat laman BBC, Minggu (15/12), mainan anak-anak dengan warna-warna cerah itu sebelumnya telah dilarang untuk diperjualbelikan di seluruh daratan Eropa.

Ian Gilmore dari Dewan Standar Perdagangan Medway mengatakan, uji coba laboratorium pada empat sampel boneka yang dijual menunjukkan adanya kandungan zat kimia berbahaya itu.

Awal tahun ini, boneka berbahaya itu juga ditemukan di sebuah toko mainan di kota Gillingham.

Meski sudah dilarang keras, tapi masih ada saja toko-toko di pinggir jalan dan toko-toko pemberi rabat yang memasarkan boneka ini.

"Boneka kepala buah ini adalah masalah yang tak kunjung selesai, terutama pada hari Natal karena boneka ini dianggap bisa menjadi bingkisan yang menarik," kata Gilmore. sumbernya adalah jpnn.com

Monday, December 16, 2013

4 Makanan Atasi Darah Rendah

Dari sekian banyak sayuran, ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah.

Ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

Berikut ini 4 jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi darah rendah :

1. Kacang Almond.

Beberapa jenis kacang dapat mengatasi kekurangan darah, terutama kacang almond. 1 ons kacang almond setiap hari memberikan 6 persen zat besi ke dalam tubuh.

Di samping itu, harga kacang almond relatif lebih murah daripada kacang lainnya.

2. Daging.

Daging dapat meningkatkan haemoglobin dan kaya zat besi. Selain itu, daging mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat.

Namun, jangan berlebihan makan daging karena dapat membuat risiko serangan jantung bertambah. Konsumsilah daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang.

3. Sayuran.

Sayuran merupakan salah satu makanan penambah darah. Akan tetapi, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran penambah darah antara lain bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi.

4. Kopi
Menurut Dr. Santoso Karo Karo, SpJP, MPH (K) yang merupakan mantan ketua Yayasan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesi (PERKI) seperti dikutiip dari detikhealth, mengatakan bahwa tekanan darah rendah dapat dinaikkan dengan minum 1-2 gelas kopi perhari, tapi yang penting adalah jangan sampai berlebihan.

sumber:
beautytreats.co.id

Saturday, December 14, 2013

Khasiat Buah MANGGA yang Lain

Tahukah Anda, mengonsumsi buah mangga dapat membantu tubuh lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Itu karena mangga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C, karotenoid dan serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Buah mangga tak hanya terkenal dengan rasanya yang manis dan legit.

Khasiat Buah Mangga

Berbagai vitamin dan antioksidan di dalamnya mampu mencegah penyakit.

Zat tersebut sangat baik sebagai penurun kolesterol dalam darah, membantu mencerahkan dan menyehatkan kulit serta, memperlancar Buang Air Besar (BAB).

Bahkan, anti-oksidan pada mangga mampu mencegah penyakit kanker.

Beruntungnya lagi karena buah mangga merupakan buah yang mudah didapat seperti musim hujan saat ini.

Di Sulawesi Selatan khususnya, buah mangga merupakan buah yang perawatannya sangat mudah. Tak heran jika banyak ditanam di halaman-halaman rumah warga.

Pengolahan mangga pun kini beragam. Selain campuran rujak buah, mangga juga bisa dibuat jus. Namun, hati-hati karena salah penyajian bisa membuat kandungan vitaminnya berkurang.

Bagaimana mengolah mangga yang tepat? Guru Besar Gizi dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof Dr dr Nur Pudji Astuti MPH SpGK, menjelaskan, agar manfaat mangga lebih banyak, sebaiknya diblender.

Alasannya, serat pada mangga dan semua buah yang dijus, bisa hilang.

Padahal serat sangat dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan, membuang lemak di usus dan menurunkan kadar kolesterol.

"Serat penting bagi tubuh. Jika mangga maka seratnya akan hilang. Lebih baik diblender saja, yakni dihaluskan tanpa ada tambahan apapun," terangnya, Jumat (13/12).

Adapun Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Unhas, dr A Yasmin Syauki MSc SpGK mengatakan, paling baik mengonsumsi buah utuh. Buah yang dijus, terangnya, akan mengalami perubahan zat kimia terutama jika ditambahkan gula. Menurut Yasmin, nilai gizinya akan berkurang.

"Buah yang dicampur gula bisa mengurangi nilai gizinya," singkatnya. sumbernya jpnn.com

Friday, December 13, 2013

Salah Atasi Kantuk Minum Kopi

BILA rasa kantuk datang saat sedang berkendara, minum kopi lebih sering dianggap sebagai solusi dibanding berhenti untuk istirahat.

Survei di Inggris menunjukkan bahwa 1 dari 5 orang pernah hampir tertidur saat mengendarai mobil.

Di kalangan pengendara motor, pengalaman mengantuk hingga nyaris tertidur saat berkendara juga dialami oleh 3 dari 10 responden.

Dilihat dari jenis kelaminnya, laki-laki lebih sering mengantuk saat berkendara. Survei itu mengungkap, 25 persen laki-laki mengalaminya sedangkan pada perempuan angkanya hanya 13 persen.

Laporan keamanan berkendara yang dibuat oleh Post Office Car Insurance menunjukkan bahwa kondisi ini sangat berbahaya.

Sebanyak 3 dari 10 pengemudi mengalami insiden, mulai dari hampir menabrak penyeberang jalan hingga menabrak kendaraan lain. "Apapun yang menghalangi kemampuan ntuk konsentrasi bisa berbahaya dan bisa memicu insiden berakibat fatal," kata Paul Havenhand, dari Post Office Car Insurance, seperti dilansir laman Daily Mail, Kamis (13/12).

Saat merasa mengantuk, para pengemudi ataupun pengendara motor sangat dianjurkan untuk berhenti dan beristirahat. Secara berkala, istirahat selama 15 menit setiap 2 jam juga dianjurkan saat menempuh perjalanan jarak jauh dengan berkendara.

Meski begitu, 36 persen responden merasa terlalu buru-buru untuk segera sampai ke tujuan. Hampir 18 persen mengemudi tanpa istirahat selama 4 jam, sedangkan 6 persen bahkan mengemudi tanpa istirahat selama 6 jam.

Bila rasa kantuk datang, 27 persen dari responden memilih minum kopi untuk menjaga matanya tetap terbuka saat rasa kantuk tiba-tiba melanda di tengah berkendara. Hanya 17 persen yang memilih berhenti untuk beristirahat. jpnn.com sumbernya.

Jumlah Penderita Kanker Payudara Meninggal Tahun 2012

Jumlah kematian global akibat penyakit kanker menunjukkan tren peningkatan.

Pada 2012 silam, 8,2 juta jiwa meninggal akibat kanker. Dari jumlah itu, terlihat adanya peningkatan tajam angka kematian akibat kanker payudara.

Demikian menurut paparan lembaga penelitian kanker internasional (IARC) yang dilansir laman Asiaone, Kamis (12/12). "Kematian akibat kanker naik delapan persen dari 7,6 juta pada 2008 menjadi 8,2 juta dan kanker payudara membunuh 522 ribu perempuan tahun lalu, naik 14 persen pada periode yang sama," ujar David Forman, Kepala Bagian Informasi Kanker International Agency for Research on Cancer (IARC), seperti dilansir asiaone9 12/12).

Forman menambahkan, jumlah kematian akibat kanker payudara juga merupakan penyebab utama kematian di negara-negara berkembang. Dijelaskannya, meningkatnya penderita kanker payudara dikarenakan oleh pergeseran gaya hidup.

Diperkirakan 14,1 juta orang menderita kanker pada 2012 , atau naik dari 12,7 juta dari tahun 2008. Dan untuk kanker payudara, terdapat 1,7 juta perempuan yang terdeteksi terkena penyakit mematikan tersebut.
Angka ini naik lebih dari 20 persen dari tahun 2008.

IARC juga melansir, kanker yang paling sering didiagnosis di seluruh dunia pada pria dan wanita adalah paru-paru, payudara serta kolorektal. Penyebab paling umum kematian kanker adalah kanker paru, hati dan kanker perut.

Laporan IARC ini memberikan gambaran terkini tentang 28 jenis kanker berbeda di 184 negara dan memberikan gambaran dari beban yang ditimbulkan akibat penyakit ini. jpnn.com

Thursday, December 12, 2013

Stroke Serang Anak Muda Gejala dan Antisipasinya

KEBANYAKAN orang yang lebih memilih percaya penyakit jantung dan stroke hanya menyerang generasi yang lebih tua.

Tapi faktanya satu dari lima pasien stroke berusia di bawah 45 tahun dan angka itu diperkirakan akan terus bertambah. Hal ini dikemukakan sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology.

Setelah mengamati sekitar 60 riset, peneliti menyimpulkan peningkatan angka pasien stroke muda ini terjadi berkat kemajuan teknologi medis seperti MRI yang memudahkan dokter untuk mendeteksi adanya gumpalan darah di dalam otak seseorang.

Dengan kata lain stroke yang sebelumnya kerap luput dari pengamatan dan keburu terjadi, kini bisa didiagnosis sejak dini atau diantisipasi.

Penyebab dan Gejala

"Tapi ada juga kekhawatiran jika peningkatan angka pasien stroke karena memang semakin banyak orang yang rentan terserang kondisi ini," kata peneliti Aneesh Singhal, M.D,seperti dilansir laman Women's Health, Selasa (10/12).

"Sebab faktor-faktor risiko macam kolesterol tinggi, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan diabetes yang dulunya hanya menyerang di usia tua kini sering muncul pada generasi muda dan angka ini terus bertambah," katanya lebih lanjut.



Namun Singhal memperingatkan bahwa bagian terburuk dari hal ini adalah stroke yang terjadi pada generasi dengan usia 20 tahun seringkali salah diagnosis atau tak terdeteksi sama sekali.

"Karena banyak yang berpikir ini penyakit orang tua, maka gejala-gejalanya kerap disalahartikan dengan penyakit lain. Gejala seperti migrain, kejang, multiple sclerosis, dan gangguan kecemasan hanyalah sedikit gejala yang dialami generasi muda yang sebenarnya terserang stroke," katanya.

Lalu bagaimana dokter bisa salah diagnosis? Singhal menerangkan jika gejala stroke pada generasi muda sedikit berbeda dengan gejala stroke pada orang dewasa yang lebih tua.

Orang-orang cenderung berpikir jika gagap, lengan atau kaki lemas dan kehilangan respons terhadap sentuhan merupakan gejala utama stroke. Padahal pada orang yang lebih muda, stroke dapat dikaitkan dengan gejala seperti linglung, sering mengigau, kejang, mudah mengantuk, mual dan muntah-muntah.

"Jadi wajar kalau dokter anda tidak langsung mengenali gejala stroke yang anda alami hanya karena ini terlihat berbeda dengan yang terjadi pada nenek anda," timpal Singhal.

Selain gejala, faktor penyebab stroke pada generasi muda juga berbeda. Singhal mengungkapkan penyebab utama stroke pada generasi tua adalah gumpalan darah yang bermigrasi dari jantung ke otak.

Namun generasi muda lebih cenderung terkena stroke yang dipicu oleh konsumsi obat-obatan atau rotasi di tulang belakang yang bisa mengakibatkan pembuluh-pembuluh di sekitarnya menjadi pecah.

Jadi bagaimana caranya mencegah stroke?

"Mudah saja, anda tinggal mengubah gaya hidup. Lebih aktif bergerak, berhenti merokok, jauhi minuman keras dan penyalahgunaan narkoba," saran Singhal.

sumber:
jpnn.com

Wednesday, December 11, 2013

5 Mitos di Balik Informasi Tubuh Wanita

HINGGA saat ini masih banyak informasi salah yang masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat, termasuk mengenai tubuh wanita.

Padahal beberapa teori sudah menunjukkan bukti bahwa mitos-mitos tersebut sama sekali tidak benar.

Berikut 5 mitos dan fakta di balik informasi mengenai tubuh wanita;


1. Mitos bahwa dokter tahu wanita masih perawan atau tidak

Beberapa studi melaporkan bahwa meskipun sudah menggunakan perbesaran 10 kali lipat, seorang dokter tidak dapat secara akurat menentukan apakah seorang wanita masih perawan atau sudah aktif secara seksual.


"Beberapa orang berpikir selaput dara menyegel vagina sampai keperawanannya hilang, tapi itu tidak benar," kata Dr Rachel Vreeman, dari Indiana University.

Di dalam selaput dara sebenarnya ada lubang. Apabila selaput dara benar-benar menyegel vagina seperti informasi yang dipercaya, maka darah haid akan terbendung di dalam rahim dan bisa menyebabkan masalah lain.

2. Mitos tentang wanita dan pria butuh jam tidur yang sama

Studi yang dilakukan oleh Duke University mengungkapkan bahwa sulit tidur meskipun sudah di ranjang tidak hanya menyebabkan wanita mengalami tekanan psikologis berlebih, tetapi juga meningkatkan kadar insulin dan tingkat peradangan.

Studi lain yang dilakukan oleh para peneliti di University of Warwick terhadap lebih dari 6.000 responden menemukan bahwa wanita yang tidur 5 jam atau kurang setiap malamnya, 2 kali lebih mungkin untuk mengalami hipertensi dibandingkan wanita yang biasa tidur 7 jam atau lebih. Meskipun demikian, hasil ini tidak begitu signifikan pada pria.

3. Mitos bahwa antibiotik bikin pil KB gagal bekerja

Tanpa pengaruh dari manapun, pil KB juga bisa gagal. Tingkat kegagalan tidak selalu mengalami peningkatan atau penurunan jika mengkonsumsi antibiotik.

Sebuah pengecualian yang mungkin adalah rifampisin, obat antibiotik yang diresepkan untuk TBC. Rifampisin menurunkan hormon pencegah-kehamilan yang diinduksi oleh pil KB. Namun apakah efeknya cukup besar untuk bisa meningkatkan risiko kehamilan masih belum jelas.

4. Mitos bahwa menopause menyebabkan gairah seks wanita terjun bebas

Sebuah survei komprehensif mengenai kebiasaan aktivitas seksual di Amerika Serikat menemukan bahwa sekitar setengah dari wanita di usia 50 tahunan masih melakukan hubungan intim beberapa kali dalam sebulan. Meskipun dalam usia ini wanita sering mengalami ketidaknyamanan dan tidak mood untuk bercinta, namun tidak ada hubungan langsung antara menopause dan gairah seksual.

5. Mitos bahwa wanita tidak bisa hamil selama menstruasi

Setelah berada di dalam tubuh wanita, sperma bisa menunggu sel telur sampai seminggu kemudian. Pembuahan bisa tetap terjadi segera atau bahkan selama fase perdarahan pada siklus menstruasi wanita. Kemampuan bertahan hidup ini memberi kesempatan pada sperma untuk melakukan pembuahan.

sumber:
jpnn.com

5 Tip Jitu Agar Bisa Tidur Nyenyak

ADA banyak cara yang ditempuh untuk bisa tidur nyenyak.

Mulai dari mengurangi minum kopi, mematikan lampu dan menghindari nonton film horor yang bisa meningkatkan adrenalin.

Namun cara itu tidak juga mengantrkan kepuasan tidur karena kesulitan untuk memejamkan mata.
Padahal telah lama diketahui jika kurang tidur tidak hanya membuat anda mengantuk keesokan harinya.

Dan jika sudah kronis, kurang tidur dapat meningkatkan risiko diabetes, depresi, penyakit kardiovaskular hingga penambahan berat badan.

Kalau dulu harga tidak terjangkau, sekarang menjadi terjangkau. Hubungannya dengan tidur nyenyak tentu ada.

Pastikan anda tidak membawa ponsel, apalagi mengirim email atau mengecek Twitter di atas kasur menjelang tidur. Karena saat anda harusnya beristirahat, hal itu akan membuat anda jadi insomnia.

Disarankan satu jam sebelum tidur, matikan ponsel anda dan letakkan berbagai gadget yang anda miliki di laci atau ruangan lain sehingga anda kesulitan untuk menjangkaunya.

Untuk itu, ada

5 Tip Jitu Agar Bisa Tidur Nyenyak:

1. Mandi tepat selepas pulang kerja

"Melakukan aktivitas apapun yang dapat menaikkan suhu tubuh anda, terutama terlalu dekat dengan jam tidur justru membuat anda sulit tidur, karena tubuh perlu mendinginkannya terlebih dulu hingga mencapai suhu yang tepat agar tubuh bisa beristirahat," kata J. Todd Arnedt, Ph.D., direktur University of Michigan Behavioral Sleep Medicine Program.

Sebaiknya mandilah sesaat setelah pulang bekerja, bukannya menjelang tidur.

2. Perhatikan apa yang anda minum di sore hari

Minum kopi atau teh menjelang tidur memang akan mengganggu tidur anda.

"Tapi anda juga harus memperhatikan apa yang anda minum di sore hari," kata peneliti dari Boston University, Joan Salge Blake, RD, seperti dilansir laman ABC News, Senin (9/12).

Blake mencontohkan air dengan rasa tertentu hingga soda rasa jeruk berbahaya jika diminum di sore hari karena dapat mengganggu istirahat malam anda. Untuk itu, Blake juga menyarankan agar sebelum meminum sesuatu, cek dulu labelnya, pastikan tidak ada bahan yang diklaim dapat menambah energi, karena itulah penyebab anda susah tidur di malam hari.

Jika masih ingin meminumnya, pastikan untuk berhenti sebelum jam dua siang.

3. Pilih makanan super pendorong tidur

"Di samping menghindari makanan berat menjelang tidur, sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu anda agar tertidur nyenyak," kata Blake.

Salah satunya adalah pasta (berbahan gandum utuh) yang diberi topping sayuran segar, dada ayam, saus tomat dan taburan keju Permesan untuk makan malam. Makanan ini mengandung kombinasi protein dan tryptophan, asam amino yang nantinya akan diubah menjadi hormon tidur yaitu serotonin dalam tubuh.

4. Latihan peregangan sebelum tidur

Yoga ringan sebelum tidur dapat membantu menenangkan pikiran, menstabilkan pernapasan, dan mengurangi ketegangan otot tanpa perlu membahayakan jantung.

5. Redupkan lampu kamar beberapa saat sebelum tidur

Mematikan lampu kamar di saat tidur memang dapat membuat seseorang lebih cepat tertidur, namun meredupkan lampu rumah sebelum mendekati jam tidur juga penting.

"Terkena cahaya lampu yang terang menjelang tidur dapat membuat seseorang susah tidur," kata Arnedt.

Menurutnya, lampu yang remang-remang memberikan sinyal kepada jam biologis tubuh bahwa itu adalah waktunya untuk beristirahat, begitu juga sebaliknya.

sumber:
jpnn.com

Tuesday, December 10, 2013

Apa itu Penyakit Flu Burung H5N1

VIRUS influenza a subtipe H5N1, juga dikenal sebagai "flu burung", A(H5N1) atau hanya H5N1, adalah subtipe virus Influenza A yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan banyak spesies hewan lainnya.

Diadaptasi burung strain H5N1, disebut HPAI A(H5N1) untuk "virus flu burung sangat patogen tipe a subtipe H5N1", adalah agen kausatif H5N1 flu, dikenal sebagai "flu burung" atau "flu burung".

Sangat enzootic dalam banyak populasi burung, terutama di Asia Tenggara. Satu jenis HPAI A(H5N1) adalah menyebarkan global setelah muncul pertama kali di Asia. Ini adalah epizootic (sebuah epidemi di nonhumans) dan panzootic (mempengaruhi hewan banyak spesies, terutama lebih luas wilayah), membunuh puluhan juta burung dan spurring pemusnahan ratusan juta orang lain untuk membendung penyebarannya. Kebanyakan referensi untuk "flu burung" dan H5N1 di media populer merujuk strain ini.


Menurut FAO Avian Influenza penyakit darurat situasi Update, H5N1 pathogenicity terus secara bertahap naik di daerah endemik tetapi situasi penyakit Flu burung di burung bertani yang diadakan di cek oleh vaksinasi.

Sebelas wabah H5N1 dilaporkan di seluruh dunia pada bulan Juni 2008 di lima negara (Cina, Mesir, Indonesia, Pakistan dan Vietnam) dibandingkan dengan 65 wabah pada bulan Juni 2006 dan 55 pada Juni 2007.

"Situasi HPAI global dapat dikatakan telah meningkat tajam di pertama setengah dari 2008 kasus HPAI masih meremehkan dan underreported di banyak negara karena dari keterbatasan dalam sistem surveilans penyakit negara". Pada 21 Desember 2009 WHO mengumumkan total 447 kasus manusia yang mengakibatkan kematian 263.

HPAI A(H5N1) dianggap sebagai penyakit unggas, meskipun ada beberapa bukti dari manusia ke manusia terbatas transmisi HIV. Faktor risiko untuk tertular virus adalah penanganan unggas, tetapi transmisi HIV dari burung terinfeksi manusia tidak efisien.

Namun, sekitar 60% dari manusia yang telah terinfeksi dengan strain Asia saat ini HPAI A(H5N1) telah meninggal dari itu, dan H5N1 mungkin bermutasi atau reassort ke ketegangan yang mampu transmisi manusia-manusia yang efisien.

Pada tahun 2003, terkenal di dunia virologi Robert G. Webster menerbitkan sebuah artikel yang berjudul "berada dunia adalah jurang di tepi pandemi yang bisa membunuh sebagian besar populasi manusia dalam ilmuwan Amerika Serikat. Ia menyerukan sumber daya yang memadai untuk melawan apa yang ia lihat sebagai Mayor dunia ancaman mungkin miliaran kehidupan.

Pada tanggal 29 September 2005, David Nabarro, baru-menunjuk Senior PBB sistem Koordinator Avian dan flu manusia, memperingatkan dunia yang wabah flu burung bisa membunuh di mana saja antara 5 juta dan 150 juta orang.

Ahli telah mengidentifikasi peristiwa-peristiwa kunci (menciptakan klad baru, menginfeksi spesies baru, yang menyebar ke daerah-daerah baru) menandai perkembangan virus flu burung untuk menjadi pandemi, dan banyak peristiwa-peristiwa penting terjadi lebih cepat dari yang diharapkan.

sumber:
www.news-medical.net

5 Kesalahan Fatal Diet

DIET yang baik seharusnya membuat seseorang lebih sehat, bugar dan produktif dalam bekerja.



Bila kemudian menjadi lemas dan tidak bersemangat, maka ada sesuatu yang salah dalam dietnya.

Apa saja kesalahan diet yang bikin lemas?

"Tubuh kita bergantung pada energi dan nutrisi yang kita dapat dari makanan tertentu. Jadi apapun yang kita makan, dan cara kita makan, bisa memperkuat maupun memperlemah kita," kata pakar nutrisi dari Friedman School of Nutrition, Jennifer Sacheck, Phd, seperti dilansir laman ABC News.

Berikut ini 5 kesalahan saat diet yang melemahkan tubuh:


1. Salah menu sarapan

Salah satu musuh utama saat diet adalah makanan bergula pada menu sarapan, seperti pancake, muffin dan sejenisnya. Tapi sarapan dengan menu yang terlalu berserat juga bikin lemas, karena diserap sangat lambat sementara tubuh butuh energi untuk beraktivitas. Para pakar diet menganjurkan untuk mengkombinasikan keduanya.

"Serat tertentu akan larut di saluran cerna dan membentuk filter untuk memperlambat penyerapan gula dan lemak," kata David Katz, MD dari Yale Prevention Research Center.

2. Terlalu lama tidak makan

Tiap kali menahan lapar lebih dari 2 jam, kadar gula darah akan drop dan menyebabkan rasa lemas. Bukan cuma otot yang melemah, otak pun melambat karena otak juga butuh energi untuk bisa bekerja. Bila sudah merasa lemas, lesu dan mudah tersinggung, tidak ada salahnya mengkonsumsi sesuatu seperti cemilan selama jumlah dan kandungan gulanya terkontrol.

3. Salah pilih sayuran

Tidak ada sayuran khusus yang dikatakan buruk untuk diet memang, tetapi ada yang lebih dianjurkan untuk mencegah lemas. Brokoli, kubis, dan kembang kol misalnya. Sayuran ini mengandung senyawa isothiocyanates yang mengaktifkan protein NRF2. Protein ini membentuk mitokondria yang mengubah gula menjadi tenaga.

"Makin banyak mitokondria, makin baik pula otot bekerja dan rasanya tidak cepat lemas," kata Mladen Golubic, MD dari Cleveland Clinic's Wellness Institute.

4. Terlalu menghindari daging merah

Mudah lemas juga bisa disebabkan oleh defisiensi atau kekurangan zat besi. Salah satu sumber utama zat besi adalah daging merah, yang sering dihindari saat diet karena dimitoskan bisa bikin gemuk. Di antara berbagai jenis daging merah, daging sapi paling banyak mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Terlalu banyak memangkas karbohidrat

Memangkas asupan karbohidrat adalah salah satu cara ampuh untuk menurunkan berat badan, karena di dalam tubuh komponen gizi ini akan dipecah menjadi gula. Bila tidak terpakai sebagai sumber energi, maka lemak akan terbentuk sebagai cadangan energi.

Sebuah studi di Tufts University menunjukkan bahwa perempuan yang terlalu banyak memangkas karbohidrat dalam dietnya cenderung lebih lambat mengerjakan tugas-tugas berbasis daya ingat.

sumber:
jpnn.com

Popular Posts