Setiap penyakit ada obatnya, apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, maka sembuhlah si penderita dengan izin Allah Azza Wa Jalla





Kram dan Cara Mengatasinya

Kram otot merupakan konstraksi otot yang menimbulkan rasa nyeri yang sangat luar biasa sakitnya. Hal ini sebenarnya tidak dikehendaki penderita, namun kram terjadi karena rangsangan yang disengaja atau secara otomatis muncul dengan sendirinya.
Otot yang kram terasa sakit jika disentuh dan dapat berlangsung beberapa detik sampai 15 menit atau lebih dan bisa terjadi beberapa kali.

Kram dapat terjadi pada otot apa saja, juga dapat terjadi pada sebagian atau seluruh dari otot atau pada kumpulan otot-otot. Artinya, saat kram mendera, bisa jadi hanya sebagian otot tubuh yang mengalaminya.
Misalnya kram hanya terjadi pada jari-jari kaki atau bahkan bisa terjadi kram dari ujung jari hingga pangkal paha.

Kram disebabkan oleh tidak tercukupinya aliran darah menuju otot, karena itu, posisi tubuh dalam melakukan pekerjaan pun harus diperhatikan.
Meski bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya, pengobatan tetap penting saat terjadi kram otot.




Beberapa cara alami yang dapat dilakukan adalah:
  1. Kompres dengan air hangat pada area otot yang kram tadi.
  2. Pemijatan ringan, dimana pada awalnya sakit, namun lama-kelamaan tidak sakit.
  3. Lakukan peregangan pada otot yang sedang terjadi kram.
  4. Olesakan obat gosok pada area kram.
  5. Rendam kaki dengan air hangat selama kurang lebih 15 menit.
24 Komentar untuk "Kram dan Cara Mengatasinya"

pernah mengalami kram tapi aku biarkan saja lalu hilang sendiri
sakitnya bukan main

hem gitu ya gan??
btw gimana gan??berhasil gak masang widgetnya??

antisipasinya dengan pemanasan dulu ya...

wah gitu ya caranya .. mekaseh ya .. :) info yg berguna ..~

selalu kram kat jari kaki. masa main snooker

memang sering gto e bro.. :((
sakit pula..

oh kram terjadi karena darah yang masuk kurang....
jadi tahu.. sering kram kalau duduk terlalu lama..

kadang aku kram kaki saat tidur, rasanya sakit...

biasanya ane cuma olesin obat gosok gan

jadi begitu ya caranya
Terima kasih ya

kata orang tua disuruh pijakkan kaki ke tanah, eh trnyta manjur juga..langsung ilang kramnya hehe

Kalo gak salah, ada juga Do'a2 khusus ketika kaki Kram........

saya dulu kram waktu renang di kolam renang, kata teman saya sih gara-gara tidak pemanasan dulu, jadi kaget deh

wah ini sangat bermanfaat sekali bagi yang sering kram.... padahal kalau dipijat sakit sekali

Kalo kaki saya kram sich mass kadank terjadi kalo lama jongkok..

Heem....Kram emang Gak Enak BGT Boss,,,Biasanya siy kalo KRAM cuma di Urut2 pelan2 gitu...lama2 Hilang Deh...^_^

waah, makasih nih, kadang kalo terlalu lama futsal saya keram, hehee

ijin save ya pak.., buat misua kakinya jd srg kram hbs kecelakaan tempo hari.., tq..

permisi sob, ayahku semalam mengalami KRAM, anehnya seluruh tubuhnya kram. mulai dari jari2 kaki-betis-paha-badan bagian belakang-perut-hingga leher dan kepala. orang tuaku memiliki penyakit prostat. Apakah karena penyakit tersebut yg menyebabkan kram seluruh tubuh sekaligus. kejadian ini sdh sering terjadi stiap mlm. mohon adakah cara tuk mencegah atau mengobatinya. trims

Berita

Back To Top