Jenis Penyakit Stres

Dalam ilmu kedokteran, stres adalah perasaan tertekan yang dapat membuat orang mudah tersinggung, marah, konsentrasi mudah hilang, suka termenung, hidup tak bergairah dan putus asa.
Umumnya penderita stres disebabkan karena kurang siap dalam menghadapi masalah. Ketidaksiapan itu bisa dimunculkan dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar.


Perintis penelitian mengenai stres adalah Hans Seyle, yang membagi penyakit stres menjadi 2 macam, yaitu:
  • Austres 
  • Distres.




Austres adalah gejala tekanan positif.
Biasanya, gejala ini muncul dengan tekanan sesuatu yang bisa membuat orang senang, seperti memperoleh gaji naik, hendak menikah, anak melahirkan, ada kabar berhasil, berita pesta dan sebagainya.

Sedangkan distres adalah perasaan yang jika dialami, maka seseorang tidak sanggup mengatasinya.
Dia mengalami tekanan mental yang memuncak. Kategori ini sebagai tekanan negatif.

Pada tubuh manusia, kedua kategori stres ini berdampak sama, yaitu sistem syaraf otonom secara otomatis memprakarsai reaksi secara cepat, hormon yang diproduksi, tekanan darah naik dan denyut jantung meningkat tajam.
Di samping itu, pernafasan juga semakin meningkat dan imbasnya penderita ini menjadi murung dan frustasi yang hebat.

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Jenis Penyakit Stres"

  1. wah bisa jadi obat stress nih

    ReplyDelete
  2. kudu belajar sederhana dlm suka n duka yo biar gak gmpang stress. Obatnya berserah diri ke Illahi jika dah tak mampu mengatasi.

    Tuhan menggenggam apa yg kita inginkan.

    Tengkyu....kadang aku jg stres kok kang ., maklum blogger juga manusia hehe....

    ReplyDelete
  3. obatnya stres senyum dan atasi masalah dg santai hehehehe

    info yg bagus :-)

    ReplyDelete
  4. gak mudah sepertinya untuk bisa menghadapi distres ini...

    ReplyDelete
  5. jangan sampe stres gara2 cewekkk :p

    ReplyDelete
  6. lho, gan mau tanya...
    kalo begitu apakah austress ada dampak negatifnya??

    ReplyDelete
  7. Salam

    Salam kenal kawan. Berkunjung sekalian jalin silaturahmi kawan.. Nice share..

    Salam kawan

    ReplyDelete
  8. Ternyata putis asa adalah bagian dari stress ya... Thanks infonya sob...

    ReplyDelete
  9. strees obatnya iman dan taqwa...itu menurut bang haji rhoma irama

    ReplyDelete
  10. Semoag saja kita semua terhindar dari stress... terima kasih gan infonya

    ReplyDelete
  11. stres o stres :)

    penyakit alami manusia :) apalagi ane yang belakangan ini banyak proyek di kuliah

    fiuh...

    ReplyDelete
  12. stress wah penyakit yg dibuat2 sob, klo hidup ini kita syukurin apa adanya percaya dah stress jauh dari kehidupan..

    ReplyDelete
  13. baru tau stres itu dibagi lagi jenis nya,, hehehe

    ReplyDelete
  14. waduhhh mg2 ga kena penyakit stress inilah...kl pikiran penat ya srg...tp jgn sampe stress berkepanjangan khan ga bgs jg utk kesehatan, mending refresh dl, pergi keluar ama anak2 n bapaknya insyaAllah pikiran jd seger lagi...^_^

    ReplyDelete
  15. wah, ternyata stress ada dua macam ya, baru tahu...

    ReplyDelete
  16. stress yang lebih parah bisa bermuara ke arah depresi, kalau stress tak terkendali bisa membuat penderitanya kehilangan sebagian jati dirinya

    ReplyDelete
  17. Iya bener, saya kadang kalau stress bawaannya suka emosian. Grrr...

    ReplyDelete
  18. wah kudu benar2 manage tuh, meski da stres yang positif maupun negatif.tetep aja jangan sampe kena stress ,ndak bagus untuk kesehatan..

    ReplyDelete
  19. Sangat manusiawi karena sayapun sering mengalaminya,apalagi di tempat kerjaan tapi tidak sampai ke taraf depresi.Nice info Gan!

    ReplyDelete
  20. STRESS jka berlarut2 emang Berbahaya bagi Psikis, Dampaknya bs Masuk RSJ!!! ASTAGHFIRULLOH...
    ALHMDLLH Ayas gak smpk sprti itu...
    Mungkin Obatnya hanyalah IMAN & TAQWA aja yg bs mengatasi Penyakir tsb.

    ReplyDelete
  21. makannya supaya ngga kena stess bgt, coba blajarhidup prihatin.
    dan hati hati loh buat sering stress brlarut-larut, lama-kelamaan bisa timbulbenjolan sperti tumor diskitar kepala. ihh srem..

    ReplyDelete
  22. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    ReplyDelete

Labels