Deteksi Dini Kanker Hati

Kanker hati atau Hepatoma merupakan suatu proses keganasan pada organ hati, baik primer maupun sekunder. Kanker hati primer artinya sel-sel kanker mulai tumbuh dari sel hati itu sendiri yang selanjutnya bisa menyebar dan merusak organ lain.
Sedangkan pada kanker hati sekunder disebabkan adanya proses penyebaran kanker dari tempat lain, misalnya dari kanker saluran pencernaan, kanker paru, kanker payudara, kanker saluran kencing dan lain-lain.


Kanker hati pada stadium awal umumnya tidak bergejala dan tanpa keluhan yang jelas. Kanker hati baru akan menimbulkan gejala bila telah memasuki stadium lanjut.
 
Gejala Kanker Hati:

Akan muncul keluhan capek, lemah, berat badan menurun drastis, sering mual dan muntah, teraba tumor pada perut, nafsu makan menurun, nyeri otot, seluruh kulit menjadi kuning, muntah darah, ascites (perut buncit), nyeri perut atas, berak hitam, kaki bengkak, kadang-kadang disertai demam dan menggigil.




Penyebab Kanker Hati


Penyebab pasti dari kanker hati ini belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab kanker hati, yaitu:
Adanya infeksi Virus Hepatitis B dan Hepatitis C, sirosis hati, predisposisi herediter, ras, infeksi parasit clonorchis hepatokarsinogenik (jamur aflatoxin, alkohol), banyak mengkonsumsi obat-obatan, bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna dan pemanis buatan.

Hal ini disebabkan karena fungsi hati adalah sebagai penawar racun yang berasal dari obat-obatan maupun makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga semakin sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan tersebut di atas akan membuat kerja hati semakin berat dan racun-racun tersebut menumpuk di hati sehingga menyebabkan kerusakan pada hati.

Pemeriksaan:
Untuk mendiagnosa suatu kanker hati diperlkan pemeriksaan fisik yang teliti dan pemeriksaan laboratorium tes fungsi hati, pertanda virus hepatitis, pertanda tumor, USG, CT-SCAN, angiographic hepatik, biopsi hati dengan tuntunan USG dan laparoskopi.

Kanker hati tidak menular, akan tetapi penyebab kanker hati ini ada yang menular, misalnya Virus Hepatitis B yang dapat ditularkan melalui hubungan badan atau berciuman dengan penderita, jarum suntik, tatto, transfusi darah, bersentuhan dengan cairan tubuh penderita melalui luka kulit yang terbuka atau selaput lendir mata dan mulut.

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Deteksi Dini Kanker Hati"

  1. ini yang disebut sirosis ya?

    ReplyDelete
  2. apakah benar orang yang jarang melakukan aktivitas akan mudah terkena penyakit kangker hati?

    ReplyDelete
  3. Kalo untuk gejala sich saya cuman kena 2 yaitu capekk n lelah..

    alat pemeriksaannya tuch pernah saya coba mass wktu saya kecelakaan dari motor..

    ReplyDelete
  4. Wah2.. ilmunya sudah mantap sekali :)

    ReplyDelete
  5. Kena jaga permakanan agar jantung sentiasa sihat~

    ReplyDelete
  6. Mudah-mudahan saya ga kena kanker gan...

    ReplyDelete
  7. dari dulu penyakit ini memang paling serem, bisa bunuh nyawa orang sob,,

    ReplyDelete
  8. mudah-mudahan saya terhindar dari penyakit ini...nice post sobat

    ReplyDelete
  9. jadi harus mengkonsumsi bua apa neh mas biar bisa mengurangi resiko terkena kanker hati?

    ReplyDelete
  10. sobat hadir juga dari tadi sambil baca-baca postingan ente sobat

    ReplyDelete
  11. Bagaimana dengan orang yang pernah kena penyakit kuning, Gan.. apakah itu termasuk gejala kanker hati.? Bagaimana pengobatannya.?
    tuh penyakit serem amat ya.. mendingan sakit hati gara-gara cinta deh. timbangannya kena kanker hati..^_^

    ReplyDelete
  12. harus istirahat cukup biar tetap sehat, aku takut kalo yg namanya kanker apalagi hati,,,

    info yg bagus... :)

    ReplyDelete
  13. waduuuhhh jgn smpe lah kt kena pnykit speti ini,,,maaknya kt perlu mngetahui sejak dini dgn cek laboratorium hehe,,,nice info sob

    ReplyDelete
  14. malem kang...
    Penyakit hati baik fisik maupun batin kok ya sama2 mengerikan yooo...?

    Sirosis ini mengingatkan pada implant hati Bos Jawa Pos, Bp. Dahlan Iskan

    meski hati2 yo, untung aku gak tato cuma pasta/gel saja. Jd takuuutttt.
    Plz forgive yo kang....:)

    ReplyDelete
  15. Semoga penyakit ini dijauhi dari tubuhku..

    ReplyDelete
  16. Wah, ngeri gan. Mudah-mudahan aja gak terserang penyakit ini!

    ReplyDelete
  17. Penyakit hati= iri dan dengki trnyt sm bahayanya ama kanker hati.
    Musti hati2 nich jaga hati biar ga kena pnykt itu :)

    ReplyDelete
  18. CIPADU HOLISTIC CENTER
    { CHC }




    {Foto Saat interaktif di Radio Safari }
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC

    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.




    ReplyDelete
  19. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    ReplyDelete