Kenali Infeksi Paru

Jangan anggap remeh sesak nafas yang terjadi, apalagi yang terjadi pada anak, sebab bisa saja itu adalah awal dari gangguan paru-paru.
Apabila tidak segera ditangani, akan berakibat infeksi yang bisa mengganggu pertumbuhan buah hati Anda.
Kesehatan paru-paru pada usia balita harus lebih diperhatikan, karena gangguan pada paru dapat menyebabkan gangguan perkembangan si anak.

Penyakit paru-paru yaitu Pneumonia, Asma, batuk dan bronchitis.
Peneumonia adalah proses infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli).
Terjadinya penumonia seringkali bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus (biasa disebut bronchopneumonia).

Gejala Pneumonia Pada Anak.
Gejala dari penyakit pneumonia ini adalah nafas cepat dan nafas sesak, karena paru-paru meradang secara mendadak.
Sementara batas nafas cepat adalah frekuensi pernafasan 50 kali per menit atau lebih pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 1 tahun, dan 40 kali per menit atau lebih pada anak usia 1 tahun sampai kurang dari 5 tahun. Anak di bawah usia 2 bulan, tidak dikenal diagnosis penumonia.

Peneumonia berat ditandai dengan adanya batuk dan kesukaran bernafas. Sesak nafas atau penarikan dinding dada sebelah bawah ke dalam pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 5 tahun.
Sedangkan anak di bawah 2 bulan, pneumonia berat ditandai dengan frekuensi pernafasan 60 kali per menit atau lebih, disertai penarikan kuat dinding dada sebelah bawah ke dalam.


Kenali Gejala Pneumonia(Dewasa)
Pneumonia merupakan penyakit penyebab kematian nomor 3 setelah kadiovaskuler dan tuberkulosis (penyakit paru-paru).
Faktor sosial ekonomi yang rendah mempertinggi angka kemataian.




Gejala pneumonia adalah:
Demam, sesak nafas, dan nadi cepat, dahak berwarna kehijauan atau seperti karet, serta gambaran hasil rontgen memperlihatkan kepadatan pada bagian paru-paru, yang terjadi karena paru dipenuhi sel radang dan cairan yang sebenarnya merupakan reaksi tubuh untuk mematikan kuman.
Tapi akibatnya, fungsi paru tergganggu, penderita mengalami kesulitan bernafas karena tidak tersisa ruang untk oksigen.

Penyebab Pneumonia.
Penumonia disebabkan oleh bakteri, virus atau mikroplasma.





Hindari Penyebab Pneumonia.
Untuk dapat menghindari gangguan sakit pnemonia ini, perhatikan hal-hal berikut:
Hindari debu yang sering terdapat pada debu kasur dan bantal kapuk, selimut, lantai, karpet gordin, perabot rumah. Sebaiknya laci atau rak dibersihkan dengan lap basah, gordin dan selimut dicuci setiap 2 minnggu, karpet, majalah, mainan, buku dan pakaian yang jarang dipakai diletakkan di luar kamar tidur, dan lantai di pel setiap hari.

Hindarkan zat-zat yang mengiritasi seperti obat semprot rambut, minyak wangi, asap rokok, asap obat nyamuk, bau cat yang tajam, bau bahan kimia, udara yang tercemar, dan sebagainya.

Subscribe to receive free email updates:

24 Responses to "Kenali Infeksi Paru"

  1. harus menutup hidung ini bila ada debu yang berlebih

    ReplyDelete
  2. penyakiy infeksi paru-paru atau terkenal dengan nama pneumonia ini sangat berbahaya bila diremehkan gejala awalnya

    ReplyDelete
  3. Gan mau tanya ni, saya tinggal di jogja, akhir2 ini udara di jogja cukup panas otomatis saya selalu menggunakan kipas angin yang selalu on di kamar kos. Apakah penggunaan kipas angin yang berlebihan itu denger2 dapat menyebabkan paru2 basah?

    ReplyDelete
  4. wah, debu2 dalam kamar yang sering disepelein trnyata bisa brakibat fatal juga ya....

    ReplyDelete
  5. waduh..
    menakutkan juga gan :((

    ReplyDelete
  6. wah trimakasih infonya ini yg sangat bermanfaat, paru2 bener2 dijaga biar bisa bernafas slalu dg lega... :)

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum
    Alhamdulillah...Allah ksih sehat paru2 aku. Semoga terjaga sll dengan tips darimu kang...

    Oh ya, pemakaian kipas angin yg langsung mengenai dada dalam jangka lama apa bisa jg mengakibatkan paru2 basah yo kang?
    Matur nuwun. Pa kabar? Sehat to kang?

    ReplyDelete
  8. banyak juga gejala2nya ya gan

    ReplyDelete
  9. Bahaya ni gan soalnya tempat-tempat yang agan sebutkan itu seperti kasur dan bantal bisa jadi ancaman nih

    ReplyDelete
  10. berarti kita harus benar2 menjaga kebersihan...

    ReplyDelete
  11. alhmdllh...msh dibri KEsehatan oleh ALLOH...
    Paru2 memang sangat Vital sekali...karna dr itu ita bisa Bernafas...
    Maka harus sllu dijaga...mungkin sesekali Kita meremehkanya..tapi tetp berusaha untk mnjaganya dg sebaik2nya Pemberian Alloh ini..
    SALAM SUKSES BOSS!!!

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah disini bebas debu.... Tapi kipas anginnya yg hampir 24 jam nyala :)
    Thanks infonya,,,,,,

    ReplyDelete
  13. Kalo Rokok? bukan kah juga penyebab nya?

    ReplyDelete
  14. Waduuhh.. kita kerjanya dilapangan banyak debu dari mesin tempur nih..
    jadi biar dikata pake masker kain juga ga' ngaruh..
    gimana ya..? kan ga' lucu juga kalo kita kudu mbawa masker oksigen sambil kerja(emangnya mau scuba..^_^)
    uyee gan, apa bedanya Pneumonia dengan ISPA?
    Kira-kira ada obat tradisionalnya ga' ya?

    ReplyDelete
  15. ini istilah luarnya mesothelioma yah?!!

    ReplyDelete
  16. Makasih infonya kawan
    izin simpan ya

    ReplyDelete
  17. Huaaah mesti hati2 nih, apalagi soal paru2 >.<

    ReplyDelete
  18. trus bgaimana cara mengtasi infeksi paru-paru yg blum akut?
    kata dokter tdak bleh trkena debu, tpi kan dimana2 ada debu?
    siapa yg bisa bantu?

    ReplyDelete
  19. trus bgaimana cara mengtasi infeksi paru-paru yg blum akut?
    kata dokter tdak bleh trkena debu, tpi kan dimana2 ada debu?
    siapa yg bisa bantu?

    ReplyDelete
  20. trus bgaimana cara mengtasi infeksi paru-paru yg blum akut?
    kata dokter tdak bleh trkena debu, tpi kan dimana2 ada debu?
    siapa yg bisa bantu?

    ReplyDelete
  21. Cewek saya terkena penyakit ini,sudah 1 thn,ada yang tahu obatnya apa ya. Makasih

    ReplyDelete
  22. istri sy baru saja di panggil Tuhan krn penyakit ini, awalnya batuk biasa setelah di beri antibiotik yg aman utk org hamil dan obat batuk yg jg aman utk org hamil tp tdk kunjung sembuh sampai akhirnya meninggal dgn bayi yg ada di kandungannya, di RS pd saat dirawat krn tiba2 demam tinggi dia di sangka tbc ternyata bkn krn dari hasil lab tbc negative, saran sy kalo terjadi hal serupa segera minta dokter utk menguji kembali bakteri atau virus apa yg menjadi penyebabnya kemudian di cari antibiotik yg dpt melumpuhkannya, krn kebykan dokter lsg memberi obat utk tbc padahal blm tentu tbc

    ReplyDelete
  23. sekedar sharring info yg sy peroleh agar paru2 kita sehat, olah raga teratur, jaga pola makan, dan mengkonsumsi teripang atau jelly gamat itu membantu bagi penderita yg terinfeksi di larang keras mengkonsumsi ikan asin, terasi, merokok dan minuman beralkohol krn itu semua dpt memicu atau mempercepat penyebaran infeksi, krn almarhumah istri sy beberapa hari seblm meninggal mengkonsumsi ikan asin dan terasi ternyata itu yg memicu infesinya

    ReplyDelete
  24. saya tergolong orang yg di atas.. apakah ada cara penyembuhan nya..??

    dada saya sering sesak dan di iringi batuk berdarah kadang"

    mohon informasi nya lebih lanjut

    ReplyDelete

Labels