U-ON

Khasiat Cacing Tanah

Cacing tanah bisa digunakan sebagai jamu dan memang sebagian orang merasa jijik pada cacing tanah ini.
Tapi jangan salah, dibalik tubuhnya yang licin itu, cacing tanah menyimpan banyak khasiat.

Tinggi Protein.
Menurut sebuah penelitian, cacing tanah adalah sunber protein sangat tinggi.
Salah satunya adalah cacing jenis Lumbricus Rubellus yang mengandung protein sekitar 76 persen.
Kadar ini lebihtinggi jika dibandingkan dengan daging mamalia yang sekitar 65 persen, atau ikan yang sebesar 50 persen.




Penelitian lain membuktikan adanya daya anti bakteri dari protein hasil ekstrasi cacing tanah.
Anti bakteri ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia Coli, Shigella Dysenterica, Staphylococcus Aureus dan Salmonella Thypi.



Banyak Manfaat dan Khasiat.
Khasiat cacing tanah antara lain bisa menyembuhkan tifus, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan daya taha, menurunkan penyakit tekanan darah tinggi, meningkatkan nafsu makan, mengobati infeksi saluran pencernaan diare serta sakit tukak lambung.

Selain itu juga sedang diteliti kemampuan cacing tanah untuk mengobati infeksi saluran pernafasan seperti batuk dan asama.

Subscribe to receive free email updates:

35 Responses to "Khasiat Cacing Tanah"

  1. cacing tanah ini untuk jamu penyembuh penyakit typhus

    ReplyDelete
  2. Waaa, berkhasiat pulak cacing ne..

    tapii, saya geli dengan cacing..

    ReplyDelete
  3. beli yang dah olahan aja daripada ngolah sendiri ...hi jorok

    ReplyDelete
  4. Tp jijay.....@@@@

    btw opminku error

    ReplyDelete
  5. Kalo gak digoreng gak bisa makan sob... enak gimana gitu... tetapi sempet ketemu suka ada bau gak enak gitu..........

    ReplyDelete
  6. wah kalo yang ini saya pernah mengkonsumsi sob :D

    ReplyDelete
  7. Wow...kalau ingat cacing...hihi geli...Tapi emang benar sekali..waktu anak dan suamiku kena sakit typus dan agak parah sih...maka diberi tetangga obat cacing yg sdh digongseng dan dimasukan dlm kapsul sedang utk anak di campur dalam sirup dan madu...InsyaAllah dalam 2 hr turun typusnya..

    ReplyDelete
  8. wah,,ternyata cacing juga banyak manfaatnya ya...

    ReplyDelete
  9. Mass katanya nich cacing tanah tuch bisa langsung di makan yach tanpa di masak..??

    ReplyDelete
  10. biasanya cuma buat umpan mancing hehehe....

    ReplyDelete
  11. apa kalau langsung di makan cacing tanahnya itu tidak mengandung kuman dan bakteri yang menempel pada cacing tanah nya..??

    ReplyDelete
  12. hiiii ga berani aku pegang apalagi makan heeeeee

    Tapi manfaatnya itu sip ya... :)

    ReplyDelete
  13. hueekk... ok... cukup... ga mau.. ga mau.. hahaha #geli meenn..

    ReplyDelete
  14. hiii jijik,,tapi benr kta Bunda Loving bisa buat obat Typus aq sudah membuktikannya heheh

    ReplyDelete
  15. ehe..... obat cacingan pake cacing bisa?? hehe

    ReplyDelete
  16. seekor cacing ternyata banyak kasiatnya

    makasih gan infonya

    ReplyDelete
  17. memang cacing banyak khasiatnya...didaerah saya jamu untuk panas dalam yang dikenal dengan jamu abang...

    ReplyDelete
  18. Nah Kalau Yang ini Udah sering denger Sob...
    Tp Thanks Udah share :D
    sukss sll :D

    ReplyDelete
  19. Waduh, ga ada obat yang lain gan, soalnya cacing...

    ReplyDelete
  20. mantap, cacing oh cacing...! gak hanya buat mancing, tapi dikau jadi obat pusing....
    :D

    ReplyDelete
  21. "Selain itu juga sedang diteliti kemampuan cacing tanah untuk mengobati infeksi saluran pernafasan seperti batuk dan asama."

    Menurut mama saya,,waktu masih balita saya menderita asma,,dengan pengolahan yang tradisional,,almh nenek membuat ramuan cacing tanah untuk mengobati asma saya,,ternyata khasiatnya benar2 nyata,,sampai hari ini,,asma saya tidak kambuh lagi,,

    ReplyDelete
  22. wahhh kayanya betul banget tuh,, pengobatan herbal alami memang

    ReplyDelete
  23. Saya sudah 4 Hari sakit panas 39-40 c. Panas dingin. Lalu saya makan cacing yg direbus sudah jadi dari toko. Pagi ini panasnya turun jadi 37.1. Hidup cacing!!!

    ReplyDelete
  24. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    ReplyDelete