Rabu, 18 Mei 2011

Kenali Penyakit Dari Warna Kuku

Kuku tidak hanya sebagai pelindung kulit, tetapi juga dapat menjadi jendela kesehatan kita.
Dengan hanya melihat warna dan kondisi kuku, penyakit yang sedang diderita pun bisa terdeteksi.





Kuku yang sehat adalah berwarna merah jambu.
Apabila ditemukan bercak putih atau berwarna kuning, bisa menjadi awal pertanda gangguan kesehatan.
Misalnya gangguan pada liver, paru atau jantung.

Ada beberapa warna kuku yang identik dengan gangguan pada organ tertentu, yaitu:
1. Kuku Pucat.
Kuku yang berwarna agak putih atau pucat seringkali terkait dengan faktor penuaan.
Akan tetapi, kuku dengan warna tersebut juga bisa menjadi tanda beberapa penyakit, seperti anemia, gangguan jantung, sakit liver serta kurang gizi.
2. Kuku Putih.
Bila hampir seluruh bagian kuku berwarna putih dengan lengkungan berwarna gelap, ini bisa menjadi indikasi gangguan pada organ hati, seperti adanya penyakit hepatitis.
Namun untuk membuktikan akurasinya harus melalui tes laboratorium.
3. Kuku Kuning.
Penyebab paling sering kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur.
Dengan semakin parahnya infeksi, kuku akan menjadi rapuh dan mudah patah.
Pada kondisi yang langka, kuku kuning juga mengindikasikan gangguan tiroid, penyakit paru atau psoriasis.
4. Kuku Kebiruan.
Warna kuku yang agak biru bisa menjadi pertanda tubuh kekurangan oksigen.
Hal ini juga bisa menjadi indikator infeksi di paru, seperti radang paru atau oneumonia.
Penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah penyakit diabetes.
5. Kuku Bintik-Bintik.
Kuku yang berbintik-bintik, kemungkinan adalah gejala awal psoriasis atau peradangan artritis.
6. Kuku Rapuh dan Mudah Patah.
Kuku yang kering, rapuh dan sering patah, dikaitkan dengan penyakit tiroid.
Sementara itu, kuku yang berwarna kuning dan mudah patah biasanya disebabkan oleh infeksi jamur.
7. Bengkak di Sekitar Kuku.
Bila kulit di sekeliling kuku terlihat merah dan bengkak, mungkin telah terjadi peradangan.
Penyebabnya antara lain penyakit lupus atau gangguan jaringan.
8. Kuku Bergaris Hitam.
Munculnya garis vertikal berwarna kehitaman perlu diwaspadai, karena itu bisa jadi tanda melanoma, tipe kanker kulit yang berbahaya.
Segeralah periksa ke dokter.
9. Kuku Sering di Gigit.
Menggigit kuku mungkin salah satu kebiasaan buruk yang sulit untuk dirubah.
Namun, pada banyak kasus, kebiasaan menggigit kuku bisa jadi menjadi tanda gangguan mental, seperti kecemasan atau gangguan obsesif komplusif.

Itulah berbagai macam warna kuku yang dimiliki seseorang.
Warna kuku dapat mencerminkan kondisi tubuh, hal ini disebabkan karena organ manusia tersambung oleh sistem peredaran darah.
Jadi, warna kuku yang tidak wajar, harus dicurigai adanya gangguan kesehatan pada organ tubuh kita.

22 komentar:

  1. harus hati-hati dan patut dicurigai warna kuku yang tidak wajar

    BalasHapus
  2. dari warna kuku bisa dikenali penyakit yang akan diderita

    BalasHapus
  3. wah dari bayi sampe sekarang gw kadang2 gigit kuku bwalopun jarang . . . tengks info nya

    BalasHapus
  4. Syukurlah kukuku dan kuku kakiku sehat2 semua.

    Tengkyu n morning bozzz...:)

    BalasHapus
  5. terima kasih gan. selalu suka dengan infonya

    BalasHapus
  6. wah,,, wah,,, kuku bisa jadi info kesehatan buat kita juga,,, nice info sob :)

    BalasHapus
  7. Wah kuslalu perhatikan kuku jemariku

    Info yang baik.......... :)

    BalasHapus
  8. Owh gitu toh, jadi kesehatan bisa dilihat dari kuku ya.

    BalasHapus
  9. wah ane sering gigit kuku tuh .thanks infonya

    BalasHapus
  10. terima kasih ya sobat atas infonya..

    BalasHapus
  11. thanks infonya gan...

    Alhamdulillah sampai saat ini kuku saya masih berwarna merah jambu...

    BalasHapus
  12. Apa karena kuku dekat dengan ujung syaraf jari ya? kok ada hubungannya dengan penyakit. Kalau kuku jempolku di pangkalnya ada putih melengkung kira-kira yang dimaksud bercak seperti itu nggak gan?

    BalasHapus
  13. Assalamualikum...
    Salam kenal...Makasih ya infonya...benar2 sangat berguna...
    Maaf, aku follow ya..ditunggu follow baliknya..

    BalasHapus
  14. Info yang sangat berguna kawan... :D

    BalasHapus
  15. mantab tenan gan infonya makasih banyak

    BalasHapus
  16. klo ada gambar contohnya mantep juga nih gan, bisa jadi dokter sendiri nih dirumah...

    BalasHapus
  17. Makasih Sobat atas infonya....saya pernah KUKU saya HITAM legam setelah saya cek ke dokter bukan karena ganguan kesehatan. Itu akibat kejepit pintu Mobil. Sakit bener Sobat.

    BalasHapus
  18. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.

    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil