Cara Menghitung Berapa Jumlah Kebutuhan Air Per Hari

Sudah seringkali kita membaca maupun mendengar bahwa usahakan minum air putih secara cukup setiap harinya agar tubuh menjadi sehat, tidak kehilangan konsentrasi.

Komponen penting asupan harian untuk makhluk hidup adalah air. Tiap orang memiliki jatah yang berbeda-beda akan air ini, namun tak membuat fungsinya berubah sama sekali.

Biasakanlah untuk mengonsumsi air putih secara cukup meskipun sudah mengonsumsi air yang bukan putih seperti kolak, air degan dan sebagainya.

Biasakanlah untuk minum sebelum merasa terlalu kehausan. Terutama bila suhu udara sedang panas-panasnya atau sedang melakukan aktivitas fisik yang banyak.

Mengapa air putih ini penting untuk dikonsumsi oleh manusia terutama juga anak? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Memang sejumlah cairan pada bayi dan anak biasanya dapat dihitung berdasarkan berat badannya. Antara anak-anak dan orang dewasa kebutuhan airnya berbeda-beda.





Menghitung Jumlah Cairan untuk Anak


Jumlah kebutuhan cairan pada bayi dan anak biasanya dapat dihitung berdasarkan berat badannya. Untuk 10kg pertama, dibutuhkan 100ml cairan untuk setiap kg berat badan.

Pada 10kg berat badan selanjutnya, dibutuhkan cairan sebanyak 50ml untuk tiap kg berat badan. Sedangkan untuk berat badan di atas 20kg (21kg dan seterusnya), hanya dibutuhkan 20ml cairan untuk tiap kg berat badan.





Contoh


Contohnya adalah jika seorang anak dengan berat badan 15kg, maka akan membutuhkan cairan sebanyak 100ml untuk 10kg pertama. Itu artinya (10kgx100ml) dan 250ml untuk 5kg berikutnya (5kgx50ml).

Sehingga seorang anak yang memiliki berat badan 15kg membutuhkan asupancairan sekitar 1250ml per hari. Dan ingat, tentunya cairan yang sudah masuk ke dalam tubuh pasti akan dikeluarkan karena untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Berapa Jumlah Kebutuhan Air Per Hari"

Post a Comment

Labels