7 Cara Memelihara Ginjal Agar Tetap Sehat

Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Kesehatan bukanlah segalanya, namun segalanya tanpa kesehatan bukanlah apa-apa." Pepatah itu memang ada benarnya. Kalau kesehatan terganggu, maka aktivitas menjadi terganggu pula.

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Sudah seharusnyalah kita menjaga kesehatan ginjal tersebut dengan tepat agar fungsi ginjal tetap prima.

Ginjal berfungsi sebagai organ tubuh ekskresi yakni membuang sampah metabolisme, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit serta membuat hormon untuk pengaturan tekanan darah dan pembentukan sel darah merah. Karena itulah memelihara kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat vital dan tidak boleh disepelekan.




Bahkan pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan, telah berusaha untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya organ ginjal dan mengurangi kejadian penyakit ginjal.

Masyarakat diharapkan untuk mengetahui resiko yang ditimbulkan oleh penyakit ginjal kronis, meningkatkan kesadaran deteksi dini penyakit ginjal kronis, melakukan perilaku pencegahan terhadap penyakit ginjal kronis dan juga meningkatkan peran tenaga kesehatan dalam deteksi dini dan pengurangan faktor resiko.

Berikut ini ada beberapa tips untuk memelihara ginjal.

7 Cara Memelihara Ginjal Agar Tetap Sehat


1. Cukupi kebutuhan cairan dengan meminum air.

Dalam sehari 2 liter air atau 8 gelas. Bagi wanita hamil dan menyusui lebih dari itu.

2. Olahraga teratur atau aktivitas fisik.

Akan mempertahankan berat badan ideal sehingga tekanan darah menjadi normal.

3. Hati-hati dengan suplemen jamu dengan kandungan bahan kimia.

Kandungan asam amino tinggi bisa memperberat kerja ginjal, jadi kurangi suplemen yang mengandung itu. Konsumsi saja suplemen yang sesuai dengan aturan pakai atau tanyakan ke dokter terlebih dahulu.




4. Konsumsi serat.

Dengan memperbanyak makan buah dan sayut dan hindari makanan berlemak.

5. Berhenti merokok.

Rokok mempunyai 4000 zat-zat toksik yang bisa membahayakan kesehatan dan dapat merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan hipertensi.

6. Jangan konsumsi obat pereda nyeri berlebihan.

Dalam jangka waktu yang lama akan bisa merusak ginjal. Baiknya tanyakan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

7. Pantau ginjal secara berkala.

Tekanan darah yang tinggi akan mengganggu fungsi ginjal dan beresiko menyebabkan penyakit ginjal kronis. Dari itu, sebisa mungkin hindarilah penyakit hipertensi dan kencing manis dengan cara melakukan cek secara berkala tekanan darah, gula darah, berat badan, lingkar pinggang dan kolesterol.

Jangan pernah menunggu lagi bila muncul gejala. Penyakit kencing manis juga akan menyebabkan kerusakan ginjal dan biasanya kalau sudah demikian maka akan sudah berat.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar seluruh keluarga bisa terhindar dari penyakit ginjal. Meski kedokteran senantiasa berkembang dan memberikan solusi pengobatan, namun tentu biayanya belum tentu terjangkau oleh semuanya termasuk orang kaum menengah ke bawah.

Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Memelihara Ginjal Agar Tetap Sehat"

Post a Comment

Labels