Ini Akibat Menjemur Bayi Terlalu Lama

Sebagai orang tua baru pasti akan diarahkan oleh ibu (nenek) untuk menjemur cucunya pada pagi hari dengan tujuan agar tulang-tulang bayi menjadi sehat dan kuat.

Namun karena sangat minimnya pengetahuan tentang merawat bayi, kerap orang tua baru tanpa sengaja telah melakukan tindakan yang membahayakan kesehatan dan keselamatan bayi.

Jangan sampai hal tersebut terjadi pada orang tua baru. Maka dari itu, sangat perlu kiranya orang tua baru memahami kenapa bayi kok dijemur pada pagi hari.

Salah dalam menjemur, bisa-bisa keselamatan dan kesahatan bayi malah terganggu. Apa saja sebenarnya kesalahan dalam menjemur bayi dan mana yang seharusnya benar dilakukan?


Berikut ini penjelasannya.

Menjemur bayi pada pagi hari sangat penting dan bermanfaat untuk "newborn". Paparan sinar ultraviolet dapat merangsang pembentukan vitamin D pada kulit bayi yang baru lahir.

Sehingga bisa memperkuat pertumbuhan tulang. Selain itu, menjemur bayi juga dapat membantu menurunkan kadar bilirubin terutama pada bayi kuning.




Waktu yang Tepat


Kapan waktu yang tepat untuk menjemur bayi? Waktu yang ideal untuk menjemur bayi adalah antara pukul 7 hingga pukul 9 pagi. Karena pada jam tersebut paparan sinar ultra violetnya yang terbaik.

Sebaiknya jangan terlalu lama menjemur bayi, cukup sekitar 10-15 menit saja dengan paparan sinar matahari langsung atau di balik kaca, tanpa menggunakan pakaian atau pakaian minimal (kaos dalam dan popok).

Kesalahan


Nah, dari sinilah biasanya ibu baru sering melakukan kesalahan. Demi alasan optimal, banyak ibu baru yang menjemur bayinya hingga lebih dari 15 menit.




Padahal, terlalu lama menjemur, akan membuat bayi mengalami peningkatan suhu tubuh yang bisa berakibat dehidrasi, juga bisa menyebabkan kulit bayi yang masih tipis menjadi iritasi.

Selain itu, sebagai catatan, usahakan agar mata bayi tidak terpapar langsung sinar matahari, sehingga selapu mata bayi tidak mengalami iritasi akibat sinar matahari.

Caranya adalah misalnya dengan memberinya penutup mata atau kacamata hitam yang aman dan nyaman bagi si kecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Akibat Menjemur Bayi Terlalu Lama"

Post a Comment

Labels