10 Cara Mencegah Penyakit Kanker

Kalau orang sudah terkena kanker, maka kemungkinan besar orang tersebut akan mati kalau tidak segera diobati dengan benar. Belakangan ini, terutama di negara-negara maju, sudah banyak orang yang menerapkan perilaku hidup sehat.


Hal tersebut dilakukan karena makin banyaknya kasus penderita kanker yang melanda. Dengan menerpkan gaya hidup sehat, maka prosentase untuk mendapatkan kanker akan semakin kecil.

Dimana-mana di seluruh dunia ini, banyak spanduk yang memberitahukan bahwa kita agar disuruh menerapkan pola hidup sehat, support untuk sang penderita dan sejak dini mencegah karena belum ada penyebab pasti, banyak gerakan-gerakan agar melakukan pencegahan yang diduga menjadi pemicu kanker.






Berikut ini langkah-langkah yang bisa diambil untuk mencegah timbulnya kanker:

1. Banyak makan buah dan sayur.

Perbanyaklah makan sayuran dan buah serta biji-bijian seperti tempe, tahu dan makanan yang banyak mengandung serat. Paling tidak ya satu atau dua kali dalam seminggu makan tempe tahu, mengonsumsi sayuran hijau serta buah-buahan.

2. Hindari berat badan berlebih.

Timbanglah berat badan paling tidak sekali dalam seminggu. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa akibat dari kegemukan ini maka resiko terjadinya kanker ini menjadi lebih besar, seperti:
Kanker payudara.
Kanker rahim.
Kanker usus besar.
Kanker lambung.
Kanker ginjal.
Kanker empedu.

3. Kurangi makan gorengan.

Kurangilah terlalu banyak makan gorengan dan juga yang mengandung protein dan lemak tinggi serta jeroan.

4. Batasi makanan yang diolah pada suhu tinggi.

Membatasi makanan yang diolah dengan suhu tinggi dan lama atau dengan pengolahan tertentu yang dapat menimbulkan prokarsinogen seperti makanan yang diasinkan, dibakar, dipanggang sampai keluar arang (gosong).
Yang terbaik adalah makanan yang direbus.

5. Hindari pemanis buatan.

Hati-hati dengan penggunaan pemanis buatan yang berlebihan. Makanan terbaik adalah makanan segar.





6. Hindari bahan pengawet makanan.

7. Jaga kebersihan makanan.

Makanan harus dijaga kebersihannya, bebas dari zat cemar lingkungan.

8. Hindari Rokok.

9. Hindari alkohol.

10. Olahraga teratur.

Kegiatan fisik dengan olahraga teratur disertai kesehatan mental dan rohani merupakan bagian terpadu dalam upaya pencegahan penyakit kanker.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Mencegah Penyakit Kanker"

Post a Comment

Labels