6 Buah untuk Cerdaskan Otak Anak

Agar otak generasi penerus kian berkembang dan cemerlang, tak perlu mrogoh kocek hingga jutaan rupiah untuk memperolehnya karena sebenarnya asupan gizi untuk otak telah tersedia banyak di sekitar kita. Sebagai suplemen otak yang pertama, bisa memanfaatkan buah yang bernama alpukat.



Berdasarkan hasil riset, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar generasi penerus bangsa Indonesia masih membutuhkan asam lemak jenuh tak ganda, terutama omega 3. Omega 3 merupakan nutrisi penting yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan juga menjaga agar kulit tak kering.

Omega 3 dan omega 6 ini memiliki peranan penting dalam pertumbuhan sel-sel otak. Kedua lemak esensial ini berkaitan erat dengan kecerdasan anak. Memang sih, tak ada tanda-tanda khusus jika anak mengalmi kekurangan omega 3 dan omega 6, akan tetapi jika sudah sangat kekurangan, maka kulit akan menjadi kering, bahkan rambut akan menjadi rontok.

Kedua jenis lemak esensial ini tak hanya terdapat pada ikan salmon saja, tetapi juga terdapat pada ikan sarden dan alpukat. Selain alpukat, masih ada lagi buah-buahan lain yang banyak mengandung kedua jenis lemak sesial tersebut.





Berikut 6 Buah untuk Cerdaskan Otak Anak:



1. Alpukat.
Buah alpukat memang buah yang banyak mengandung lemak. Namun kalau dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, maka akan bisa membantu melancarkan aliran darah. Lemak tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat bisa juga membantu otak menjadi lebih sehat. Alpukat juga membantu menurunkan tekanan darah. Kalau tekanan darah baik, tentu saja akan membantu meningkatkan kualitas otak.

2. Jeruk.


Jeruk memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Vitamin C yang tinggi, bisa menjadi pelindung yang baik untuk tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Lalu kandungan flavonoid dalam jeruk sangat bermanfaat untuk otak. Flavonoid juga bisa digunakan untuk antioksidan, penangkal radikal bebas yang membahayakan otak.

3. Apel.



Kandungan zat quercetin dalam buah apel bisa membantu melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Kerusakan otak seperti ini kalau tidak segera dicegah, bisa mengakibatkan resiko terkena penyakit alzheimer. Adalah apel merah yang mengandung antioksidan paling tinggi dibandingkan dengan apel lainnya.




4. Delima.
Delima mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan serangan radikal bebas. Ingat bahw bagian tubuh yang paling sensitif terhadap radikal bebas adalah otak, dari situ, mencegah lebih baik.

5. Blueberry.
Kandungan anthocyanidins dalam buah blueberry ini bisa mencegah kerusakan otak dan membantu memperbaiki sel-sel otak. Bahkan kalau dikonsumsi orang lanjut usia, bisa meningkat memori yang lebih baik.

6. Tomat.
Kandungan flavonoid dan zea-xanthin dalam buah tomat bisa menangkal radikal bebas dengan baik.

Selain enam buah tersebut, omega 3 juga terdapat dalam beberapa makanan lain seperti ikan salmon, ikan sarden, bayam, belut dan lele. Ikan lele juga sangat baik untuk pertumbuhan anak karena banyak mengandung protein.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Buah untuk Cerdaskan Otak Anak"

Post a Comment

Labels