Manfaat Lain dari Vitamin D

Vitamin D tak hanya baik untuk kesehatan tulang, namun ada sejumlah manfaat lain dari vitamin D ini yang antara lain adalah untuk mencegah nyeri kronis dan bisa mencegah kanker.

Tubuh manusia sanagt membutuhkan sekali vitamin D ini, bayangkan saja kalau tulang rusak, akibanya tubuh bak tidak ada kerangka, langsung jatuh tersungkur. Di dalam tubuh, vitamin D dapat membentuk struktur tulang dan gigi yang kuat.
Vitamin D bisa meningkatkan absorbsi kalsium di saluran pencernaan. Selain itu, vitamin D juga dapat memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berbagai jenis kanker. Apabila terjadi defisiensi vitamin D, tubuh akan mengalami berbagai gangguan bermacam penyakit misalnya osteoporosis.




1. Mencegah kanker.

Penelitian menunjukkan bahwa berkecukupan vitamin dapat membantu mengatur pertumbuhan sel, berptensi mencegah sel menjadi kanker.

2. Mencegah nyeri kronis.

Kekurangan vitamin D yang meningkat dikenali sebagai penyebab dari nyeri dan kelemahan otot.



3. Mencegah penyakit autoimun.

Vitamin D memberi perlindungan dari diabetes tipe 1, multiple sclorosis dan rheumatoid arthritis, dengan memperkuat sistem imun dan mengurangi inflamasi.

4. Mencegah penyakit kardiovaskular.

Kekurangan vitamin D memberi efek balik terhadap kesehatan kardiovaskular, meningkatkan resiko kalsifikasi arteri koroner dan gagal jantung kongestif.

5. Osteoporosis.

Penurunan kekuatan otot bisa meningkat resiko jatuh dan patah tulang. Meski demikian, penelitian menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D memberi manfaat baik pada kekuatan dan keseimbangan otot. Vitamin D juga membantu tubuh menyerap kalsium dengan baik.

Sebagai catatan, tubuh menghasilkan vitamin D saat terpapar sinar matahari.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Lain dari Vitamin D"

Labels