Khsasiat Bunga Sepatu Atasi Kegemukan

Kegemukian menjadi momok orang-orang yang hidup di daerah perkotaan. Tapi memang sih kebanyak obesitas ini asalnya dari keturunan, kalau salah satu orang tua kita ada yanbg gemuk, bisa dipastikan salah satu atau salah dua anaknya nanti bakal akan membengkjak tubuhnya.

Rasanya hampir tidak ada habisnya bicara soal obesitas dan bagaimana cara mengatasinya. Karena jumlah orang dengan obesitas terus meningkat di seluruh belahan dunia. Maka apapun yang dapat mengontrol berat badan pun menarik perhatian.

Namun, seringkali bahan yang diklaim dapat mengontrol berat badan faktanya tidak menunjukkan efek. Kini bunga dari tanaman Hibiscus atau yang dikenal dengan nama kembang sepatu mungkin akan menjadi harapan baru mengatasi obesitas.

Bunga sepatu merupakan bunga yang umumnya berwarna merah terang dengan mahkota yang sedikit berambut dan beraroma segar. Bunga ini sudah banyak dimanfaatkan untuk minuman dan makanan, misalnya diolah seperti teh. Di beberapa daerah, bunga ini juga dimanfaatkan untuk dibuat selai dan campuran lauk.
Sebagai obat tradisional, kembang sepatu telah dikenal memiliki manfaat dalam mengurangi tekanan darah tinggi. Bunga ini juga memiliki aktivitas anti-diabetes dan anti-kanker.

Kaya akan pigmen antioksidan ungu yang disebut antosianin, kembang sepatu juga memiliki manfaat anti-inflamasi, tergantung dari konsentrasinya. Selain itu, bunga ini juga mengandung beberapa jenis antosianin yang disebut delfinidin yang berperan sebagai agen mengontrol berat badan.

Sebuah laporan yang dimuat dalam Food & Function Journal mengungkap, sebuah studi yang dilakukan pada manusia menunjukkan manfaat kembang sepatu dalam mengontrol berat badan. Setengah dari peserta diberikan ekstrak kembang sepatu dan setengah lainnya diberikan plasebo (pembanding yang bentuknya seperti obat tapi sebenarnya tidak mengandung bahan obat apapun) selama kurang lebih 12 minggu. Peserta berusia kisaran 18-65 tahun.



Kemudian, peneliti menganalisis perubahan bentuk tubuh peserta sebelum dan sesudah percobaan, termasuk lingkar pinggang, persen lemak tubuh, rasio pinggang-pinggul, serum lipase, gula darah, dan lain-lain.

Hasil percobaan memang tidak terlalu spektakuler, namun cukup menunjukkan potensi. Artinya mungkin kembang sepatu bukanlah keajaiban baru yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun paling tidak, kembang sepatu dapat membantu mengontrol berat badan, sambil mencoba cara lain untuk menurunkannya, misalnya dengan berolahraga jalan, lari, bersepeda, berenang, berdansa, atau lompat tali, dan mengatur pola makan.

sumber: kompas.com
editor: obat sakit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khsasiat Bunga Sepatu Atasi Kegemukan"

Post a Comment

Labels