Kekurangan Zat Besi Bisa Sebabkan Rambut Rontok

Penelitian menunjukkan, orang yang mengalami kerontokan rambut memiliki cadangan zat besi lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang rambutnya sehat.

Anemia juga terkait dengan kerontokan rambut.

Kendati demikian, jangan sembarangan mengonsumsi suplemen zat besi. Menurut Iron Disorders Institute, kelebihan zat besi bisa bersifat toksik dan bisa memicu lebih banyak rambut rontok.

Zat besi adalah mineral dalam tubuh yang terutama ditemukan dalam hemoglobin, protein pembentuk sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh sel tubuh. Dokter akan mengetahui apakah kita menderita anemia atau tidak dengan mengecek kadar hemoglobin. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia.

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi, lebih disarankan mendapatkannya melalui makanan ketimbang suplemen. Zat besi yang kita butuhkan setiap hari sekitar 8 miligram untuk pria berusia di atas 18 tahun dan 18 miligram untuk wanita berusia di atas 18 tahun.

Pria dan wanita berusia di atas 50 tahun disarankan mengonsumsi 8 mg zat besi setiap hari.

Makanan sumber zat besi terbagi menjadi dua jenis, yakni zat besi heme dan zat besi non-heme. Zat besi heme ditemukan pada sumber hewani seperti daging, ayam, tuna, dan daging kalkun. Zat besi ini lebih gampang diserap tubuh.

sumber:
health.kompas.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kekurangan Zat Besi Bisa Sebabkan Rambut Rontok"

  1. berarti yang rambutnya mulai rontok dianjurkan untuk memperbanyak zat besi ya

    ReplyDelete