6 Makanan Pencegah Kanker Serviks

SANGAT penting bagi wanita untuk melakukan berbagai upaya demi menurunkan risiko KANKER serviks.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kanker yang mematikan itu adalah dengan memperbaiki diet dan pola makan.

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh secara lambat dan dimulai di bagian bawah rahim. Sampai saat ini (kanker serviks, red) masih menjadi penyakit yang mematikan.

Sesuai laporan dari National Cancer Institute, sepertiga dari semua kematian akibat kanker serviks berhubungan dengan diet yang salah. Faktanya, kanker serviks dapat dicegah dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu, terutama yang mengandung antioksidan karena mampu melawan kanker.


Dengan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini, efek radikal bebas akan bisa diatasi.

Berikut daftar asupan yang bisa membantu mencegah datangnya kanker serviks.

6 Makanan Pencegah Kanker Serviks:


1. Vitamin A, C, E, dan kalsium

Vitamin A, C dan E merupakan bentuk antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Gynaecologic Cancer, menemukan bahwa pasien yang cukup asupan vitamin-vitamin ini memiliki viral load yang lebih rendah dari HPV. Perbanyak konsumsi jeruk, wortel, labu, telur, hati, tuna dan produk susu.

2. Vitamin B folat

Vitamin ini juga harus dimasukkan dalam diet anda jika ingin menghindari kanker serviks. Folat diketahui dapat menurunkan tingkat homosistein, zat yang bertanggung jawab pada pertumbuhan sel abnormal leher rahim. Vitamin ini banyak terdapat pada brokoli, kembang kol, dan kubis.

3. Alpukat

Alpukat diakui memiliki efek antioksidan dan mampu menyerang radikal bebas dengan cara membatasi penyerapan usus. Pembatasan ini diyakini juga mampu membatasi risiko berkembanganya kanker serviks. Makanan tinggi antioksidan lain yang disarankan adalah blueberry, labu, paprika, ceri, salmon dan ikan lain.

4. Beta karoten

Konsumsi makanan yang kaya akan beta karoten dapat membantu mencegah datangnya kanker serviks. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya anda memasukkan wortel dan sedikit cabai dalam makanan anda. Kandungannya dapat menetralkan nitrosamine guna menghindari kanker serviks.

5. Sayuran

Beberapa jenis sayuran tertentu seperti brokoli, kembang kol, dan kubis mengandung antioksidan (lutein dan zeaxanthin) yang membantu mengurangi perkembangan kanker serviks.

6. Polifenol dan flavonoid

Terdapat pada teh hijau, minyak zaitun, anggur, raspberry hitam, blackberry, cokelat, kenari, jeruk, tomat, kacang merah, paprika hijau, dan delima, kedua zat ini diketahui bermanfaat untuk mencegah kanker serviks.

sumber:
jpnn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Makanan Pencegah Kanker Serviks"

Post a Comment

Labels