Wednesday, April 17, 2013

Pertolongan Pertama Menghentikan Pendarahan Luka

P3K singkatan dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, merupakan tindakan awal untuk membantu penderita yang mengalami kecelakaan atau musibah. Dan yang saya maksud dalam hal ini adalah luka pendarahan yang bisa saja mimisan, luka terkena benda tajam di daerah tubuh dan sebagainya.

Saya kutip dari si Penulis Sugeng HR, tentang artikelnya yang berjudul "Kesehatan".
Beliau memberikan beberapa tips yang beragam, tapi agak sulit dipahami karena kata per katanya gandeng terus seakan tiada tanda koma dan titiknya.

Agar lebih mudah, berikut saya rangkumkan, semoga makin memperjelas terhadap saya pribadi maupun para pembaca blog obat sakit ini.
Pada intinya, pendarahan dapat dihentikan dengan cara menekan di sekitar luka.


Penanganan Pertama Luka ke Bacok

Berikut ini langkah-langkah dasar untuk membantu dan meringankan rasa sakit pada penderita yang sifatnya sementara saja. Setelah itu bisa dibawa ke rumah sakit atau mantri yang terdekat untuk mendapatkan perawatan yang benar dan layak.

1. Luka Lebar.
Apabila lukanya terlalu lebar, maka daerah sekitar luka harus ditekan terus-menerus.
Posisikan bagian yang luka lebih tinggi daripada kepala.

2. Luka di Jari Tangan.
Untuk menghentikan darah dari luka di sekitar tangan dan jari-jari tangan, tekanlah nadi di pergelangan tangan.

3. Luka di Lengan.
Tekanlah nadi pada ketiak penderita.

4. Luka di Leher atau Kepala Bagian Belakang.
Tekanlah nadi pada leher di bawah telinga.
Sedangkan nadi di samping kepala, tepat di depan telinga adalah untuk menghentikan pendarahan di kulit bagian atas kepala.

5. Luka di Wajah.
Tekanlah nadi di bawah rahang bawah.

Cara menghentikan pendarahan di atas ternyata dicari pusat nadinya, setelah itu ditekan dengan tangan. Untuk menghentikan pendarahan dapat juga tidak ditekan dengan tangan, tapi dengan menggunakan sapu tangan yang diikatkan pada kaki atau lengan penderita. Kalau tahu anatomi dan sistem urat tubuh manusia, pasti akan makin mudah untuk melakukan penghentian darah di daerah yang luka.

sumber:
1. Kesehatan point A, oleh Sugeng HR.
2. Gambar: Bing.com

Labels

Berita