lazada

Senin, 11 Februari 2013

Mengatasi Perut Kembung Saat Menstruasi

Siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari. Selama waktu tersebut, tingkat hormon naik dan turun sesuai kondisi tubuh. Sebagai contoh, selama masa subur, kadar hormon meningkat. Tapi jika tidak dibuahi, hormon menurun dan mempersiapkan tubuh untuk siklus menstruasi berikutnya. Penurunan hormon ini juga kadang-kadang memicu rasa sakit saat wanita sedang menstruasi.

Siklus bulanan menstruasi wanita kadang-kadang menyebabkan rasa kembung di perut dan bahkan kram. Perubahan tersebut juga kadang-kadang dianggap normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Apa sebenarnya penyebab perut kembung selama menstruasi.


Penyebab nyeri dan kembung.

Selama menstruasi, dinding rahim meluruh yang membuat rasa sakit yang berbeda pada setiap orang. Jika rasa sakit dirasakan berlebihan, ada baiknya bagi wanita untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sementara itu, sekitar 85 persen wanita mengalami kembung saat menstruasi. Menurut para ahli dari Mayo Clinic, perubahan hormonal yang menyebabkan hal tersebut.

Mencegah kembung.

Para wanita dapat mencegah kembung saat menstruasi. Misalnya, dengan makan sejumlah kecil makanan sebelum masa menstruasi. Kemudian menghindari konsumsi garam, sehingga menurunkan tingkat retensi air dan kembung pun bisa dicegah.

Selain itu, cara alami untuk menjaga kebugaran tubuh selama menstruasi dengan meningkatkan konsumsi kalsium dan magnesium. Karena nutrisi ini yang banyak diperlukan tubuh selama menstruasi.

Jika ada gejala lainnya yang mencurigakan selama menstruasi, sebaiknya segera konsultasikan dengan ahlinya.
sumber: intisari

0 comments:

Poskan Komentar

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil

Label

Entri Populer Mingguan