Setiap penyakit ada obatnya, apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, maka sembuhlah si penderita dengan izin Allah Azza Wa Jalla





Gejala Sakit Batu Empedu

Batu empedu adalah timbunan kerak atau kristal di dalam kandung empedu atau di dalam saluran empedu. Timbunan ini terbentuk karena komposisi empedu sudah tidak seimbang sehingga bentuknya tidak cair lagi, tapi ada yang mengendap. Kandung empedu itu sendiri berfungsi untuk mencerna lemak.

Selama ini banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terkena penyakit batu empedu. Ada beberapa orang yang justru mengira bahwa sakit dibagian perutnya adalah tanda-tanda penyakit batu empedu.


"Batu kandung empedu dibagi menjadi tiga macam, yaitu batu kolesterol yang terbentuk karena kolesterol tidak larut dan membentuk endapan, batu bilirubin terjadi apabila konsentrasi bilirubin dalam cairan empedu yang tidak terkonjugasi meningkat, dan batu campuran yang merupakan campuran dari keduanya," ujar Dr. Sigit Tjahyono, SpB. SpBTKV pada acara "Laparoskopi Sebagai Terapi Terkini Penanggulangan Batu Empedu" di RS Puri Indah, Jakarta, Kamis (6/8/2009).

Sebagian besar batu empedu tidak menimbulkan gejala dalam jangka waktu lama, terutama jika terletak pada kandung empedu. Namun gejala yang umum terjadi, yaitu:

  • Nyeri pada perut bagian atas kanan seperti diperas dan biasanya hilang timbul, bisa menyebar ke punggung kanan dan bahu bagian kanan.
  • Mual
  • Demam
  • Muntah
  • Kuning, jika batu menyumbat kandungan empedu yang dekat dengan hati.


Dr. Sigit mengatakan penyakit batu empedu lebih banyak terjadi pada keadaan yang dikenal dengan 4F, yaitu wanita (female), usia 40 tahun (fourty), diet tinggi lemak (fatty) dan masih dalam reproduksi aktif (fertile).

Untuk menentukan ada atau tidaknya batu empedu didasarkan pada gejala klinis dan hasil pemeriksaan seperti tes fungsi hati, USG abdomen, pemeriksaan darah tepi serta pemeriksaan CT-scan jika hasil USG abdomen tidak dapat menggambarkan dengan jelas.

"Cara untuk mencegah batu empedu adalah dengan mengatur pola makan yang benar dan sehat, sedangkan jika sudah terkena batu empedu sebaiknya mengurangi mengkonsumsi makanan berlemak," saran dari Dr. Sigit Tjahyono, SpB. SpBTKV.

Apabila tidak ditemukan gejala, biasanya tidak memerlukan pengobatan hanya diperlukan perubahan pola makan. Tapi jika batu empedu sudah menimbulkan serangan nyeri yang berulang walaupun pola makan sudah diatur dengan baik, maka pasien harus menjalani pengangkatan kandung empedu (cholesystektomi).

Pengangkatan batu empedu ini bisa dilakukan secara konvensional yaitu dengan operasi terbuka atau secara bedah invasif minimal (laparoskopi) yaitu mengangkat kandung empedu melalui selang yang dimasukkan lewat sayatan kecil di dinding perut.

sumber:
detikHealth
38 Komentar untuk "Gejala Sakit Batu Empedu"

bener nih gan, menjaga pola makan dan rutin olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan gan

KeduaX..

Blom pernah sobbb ngalamin penyakit kayak ghinii..??

wah, kalau sampai harus operasi, ngeri banget ya gan >_<



kunjungi blog saya ya temen-temen.
http://ilmu212.blogspot.com



kunjungi blog saya ya temen-temen.
http://ilmu212.blogspot.com

wah, gan,, yang dimaksud kuning disitu apa tuh? kurang jelas saya..

apakah air seni-nya yang kuning, atau tubuh menderita penyakit kuning?

emm. tetangga saya ada tuh yang terserang penyakit batu empedu

ii.,.. serem ya kalau harus sampai melakukan operasi :-s

dari 5 gejala tersebut, alhamdulillah tidak ada pada saya

nice share gan... tulisan yang sangat bermanfaat sekali...
terimakasih

nice info gan.. besok aku kembali berkunjung ya gan? siapa tau agan update postingan yang lebih menarik lagi dan lebih menambah wawasan saya lagi.
terimakasih

kalau ada gejala2 demikian harus waspada ya...

hmmm ngeri juga...

BTW:

request puisinya sudah ada ... silahkan baca ...

wah, nice info gan... artikel yang sangat bermanfaat sekali

Sobbb..

Koch udah ga' UPdate lagiiii...

iya ya? yang punya kemana ya? aku kan merindukan tulisannya yang memberi banyak manfaat

wahh, bahaya nih. mudahan aku gk punya penyakit seperti itu...

baru gejala aja udah bikin merinding gitu.. serem ih penyakitnya

info yang sangat bermanfaat... kadang kita terlalu mengabaikan tanda2 adanya gangguan kesehatan gan

gitu toh gan gejalanya terimakasih banyak atas informasinya

wah, ada banyak info kesehatan berharga di sini, salam kenal mas admin

batu empedu itu sejenis hati bukan sih..??? ada yang tau enggak letak empedu manusia di sebelah mana?

thanks gan atas info nya sangat bermanfaat sekali

Tetep berkujunggg walau pun sobat blom UPdate....

wah blogmu tidak ada komennya gitu mbak yu mbak yu

@ sobat zhanaz48 mungkin mas Obatsakit lagi cari inspirasi buat persiapan 2013.
postingan yang sangat bermanfaat sukses terus bang..

wah.....
informasinya bermanfaat bgt kak..
makasih ya... ^^

wah iya sob, klo yg awam susah mengdiagnosis..mesti waspada, trnyata pola makan mesti diatur

penyakit yang cukup berbahaya juga yah....

jangan lupa berdoa sama sang pencipta kita.. biar di beri kesembuhan itu yang paling utama

THanks gan informasinya yang sangat bermanfaat sebagai referensi tentang penyakit batu empedu

Berita

Back To Top