Kamis, 15 Maret 2012

Penyakit yang Ditularkan oleh Lalat

Musim hujan telah datang sudah beberapa lama waktunya.
Kondisi alam Indonesia yang lembab ini sangat memungkinkan, mendukung tersebarnya bermacam lalat.

Pada sisi lain, kebiasaan hidup sebagian masyarakat juga belum memiliki pola hidup yang sehat, sehingga tersebarnya bibit penyakit akan mudah saja bagi lalat.
Lalat ini pembawa bibit penyakit seperti:
Disentri
Kolera
Typhus
Diare dan lain-lain.


Alangkah baiknya kita mempelajari tentang biologi si lalat ini, karena akan sangat membantu untuk mengantisipasi damp[ak buruknya. Dari beberapa literatur yang ada, dinyatakan bahwa setiap kali lalt hinggap di suatu tempaty, setidaknya telah dijatuhkan 125 ribu bibit penyakit di lokasi hinggapnya.
Yang namanya bibit, berharap sih jangan sampai menjadi tumbuh besar atau bahkan beranak. Lalt juga diduga telah menyebarkan virus flu burung, selain cacing pita dan kolera pada ayam.


Beriikut ini penyakit yang ditularkan oleh lalat pada umumnya:

1. Disentri.
Penyebaran bibit penyakit dibawa oleh lalat rumah yang berasal dari sampah, kotoran manusia atau hewan.

Gejal sakit disentri adalah sakit di bagian perut dan kotoran terdapat lendir dan nanah.

2. Diare.
Gejala sakitdiare adalah sakit pada bagian perut, lemas dan pencernaan terganggu.

3. Typhoid.
Gejala Sakit Typhoid yang ditimbulkan adalah gangguan pada usus, sakit pada perut, sakit kepala, berak darah dan demam yang tinggi.

4. Kolera.
Gejalanya sakitkolera adalah muntah-muntah, demam dan dehidrasi.
Penyakit ini tersebar di seluruh dunia dan tidak dipengaruhi oleh iklim.

Kebersihan perorangan, rumah, serta sanitasi lingkungan yang rendah berpengaruh langsung terhadap terjadinya penyakit kolera.

15 komentar:

  1. wah harus hati hati terhadap lalap
    yang dimana mana slalu hinggap
    biar badan tetap sehat :)

    BalasHapus
  2. memang satu ini musuh bebuyutan manusia sob,, thank dah ngi ngetin nice info n happy blogging

    BalasHapus
  3. lalat ini bikin repot klo sdh dkt makanan terutama bs merusak selera makan.
    Jg kebersihan biar tak ada lalat hinggap n sehat.

    Btw salam hormat buat beliau. Smg tak ada salah phm. Kmrn aku tulis tuh blm slsai, silahkan cek tulisan berikutnya yg telat mgkin terkirimnya

    BalasHapus
  4. Kalo gak salah baca nich kang tentang hadis Rosulluloh "Kaki kiri lalat akan membawa penyakit dan obatnya ada di kaki kanannya"

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang benar demikian adanya.
      jadi kalau misal minuman dihinggapi atau dicicipi lalat, sebaiknya lalat dimasukkan ke minuman tersebut agar anti penyakitnya juga dapat

      Hapus
  5. assalamualaikum...
    nice share
    nb. Aku tak meragukan justru brsyukur n terharu beliau sgt baik kepadaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap nih anonim
      pa ndak punya situs sama sekali yah

      Hapus
  6. wah ternyata lalat bisa menularkan penyakit juga yach sobat???

    BalasHapus
  7. ass.wr.wb
    lalat ini klo sdh muncul sulit diberantas byk pasukannya

    aku kmrn hx tanya maaf jk dianggap kesalahan besar. Ya Allah.,Apa salah jk aku ingin tau org yg baik pdku.

    BalasHapus
  8. jadi inget waktu ke rumah pamanku yg di suroboyo (sekitar 10km dari jembatan merah) cak,
    pernah nyasar beloknya, pas di gang yang laler ijonya sliweran :hehe
    ternyata banyak bawa penularan.
    makasih sharenya, met makan siang cak :D

    BalasHapus
  9. ya Allah..astaghfirulloh...aku sdh sgt hati2 brkata.maaf jk msh dinilai salah n jauh dr smpurna. Tak ada niat buruk dlm brtanya. Maaf bl tak brkenan d ht pean.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah ndak usah dipikir
      tak apa.
      Smg lekas sembuh

      Hapus
  10. asktm..
    Ndk plg..., nti sore titp k countr aisyah yg dl aku bl hp. n ktx akan dbw srvce orgx k wtc

    BalasHapus
  11. matur nuwun da dpost lg. Tengkyu..
    Hpku lcd g stbl kok batrene jd boros ya sampe drop.

    BalasHapus

Stop Spam, Stop Iklan Apapun
Tanpa Moderasi, Tanpa Verifikasi Kata, Komentar Langsung Tampil