Sehat Tidaknya Warna Urine

Sebelum berlanjut berobat ke dokter, kenali terlebih dahulu warna urine agar tidak kaget, bisa mendeteksi lebih dini bahwa seseorang sedang sakit. Warna urine bisa melambangkan jenis penyakit yang sedang diderita, dari itu meski terlihat sepele namun manfaat untuk kemudian sangat besar.

Biasanya yang berhububungan dengan urine adalah penyakit ginjal karena gampang terdeteksinya, kalau sudah begitu maka warning dan paling baik adalah hentikan mengkonsumsi alkohol.
Jika tidak, batasi hanya minum dua porsi kecil minuman sehari bagi pria dan satu porsi kecil untuk perempuan.

Konsumsi makanan bergizi dan seimbang, sertakan buah dan sayur dalam menu sehari-hari.
Kurangi makanan tinggi garam dan lemak.


6 warna urine yang umum:
1. Putih.
Kalau warna urine berwarna putih, berarti sehat. Kemungkinan putih di sini karena seseorang banyak mengkonsumsi air putih di atas rata-rata.

2. Kuning.
Kalau warna urine kuning pucat atau kuning gelap, menandakan urine sehat.
Urine yang begini ini tergantung pada tingkat hidrasinya.

3. Hijau.
Hal ini terjadi karena obat antiseptik dan obat anestesi.
Hijau berarti ginjal sedang bekerja mengurainya.
Jika urine berwarna hijau, tak perlu khawatir.

4. Orange.
Kalau berwarna orange, menandakan adanya disfungsi hati.
Biasanya disertai dengan feses berwarna putih.
Segera ke dokter.

5. Cokelat.
Menandakan ada masalah pada ginjal.
Tanda penyakit ginjal yang serius.
Segera ke dokter.

6. Merah.
Menandakan adanya kandungan darah dalam urine.
Tanda pendarahan atau kanker kandung kemih.
Segera ke dokter.

Dari ke enam warna urine tersebut, warna cokelat dan kadang merah yang aku alami.
Positif sakit batu ginjal bagian kiri. Untunglah dan bersyukur karena yang kanan masih normal meski cepat letih kala beraktifitas.

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Sehat Tidaknya Warna Urine"

  1. kebetulan hobi cak minum wedang kendi he he
    makasih infonya, met aktipitas :)

    ReplyDelete
  2. pas banget sobat, saya ada keluhan nih sobat, saya jarang bgt minum air putih, terus sering sekali buang air kecil, dan rasany iba datng begitu saja, ketika buang air kecil cuman seidkit, tapi jika minum banyak air putih kencing saya banyak dan berwarna putih...

    mohon pencerahan dari sobat...

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah aku type yg putih n kadang kuning. Berarti sehat ya

    njenengan byk minum air putih ya kang biar cpt pulih n jgn lupa istirahat.

    ReplyDelete
  4. wah pertanyaan saya belum dijawab nih sobat???

    ReplyDelete
  5. siang sobat pa kabar na neh gimana pundi nya dah kenceng belom salam dari admin Acehsoftware.info

    ReplyDelete
  6. akhirnya dapat juga jawabannyaa..
    thank's gan.

    ReplyDelete
  7. bener2 bermanfaat :)
    thank's

    ReplyDelete
  8. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    ReplyDelete
  9. Alhamdulilah sesuatu

    ReplyDelete
  10. Ijo nih gw gan.. Kya'y dri jamu deh, soal'y 2hri llu gw mnum jamu ada pil yg wrna'y ijo gtu

    ReplyDelete

Labels