Awas Penyakit Kulit Anak di Musim Hujan

Saat musim hujan seperti ini kerap kali anak bermain air hujan dan genangan air, padahal air bisa menjadi perantara bakteri dan kuman. Yang paling sering bersentuhan adalah kulit.

Oleh karena itu, di musim seperti ini kesehatan kulit harus lebih diperhatikan. Terlebih lagi untuk kulit anak, karena biasanya mereka sangat suka bermain di luar rumah tak peduli meskipun hujan sedang turun.

Sebagai orang tua, sudah seharusnya memberikan didikan serta teladan yang baik agar anak-anak kulitnya sehat serta tidak terserang oleh penyakit.


Kebanyakan anak kecil paling suka main air.
Apalagi pada musim hujan seperti ini, main di tengah hujan atau bermain di genangan airu tentu hal yang kerap dilakukan anak.

Walaupun memang menyenangkan, namun air yang tidak bersih malah akan dapat menjadi sumber penyakit.
Sebenarnya, air hujannya sendiri sih bersih, namun ketika air hujan sudah menjadi genangan air dan bercampur dengan kotoran, itulah yang perlu diwaspadai.
Adapun penyakit yang sering diderita oleh anak anak penyakit bawaan air atau Water Borne Disease.
Infeksi terutama pada kulit yang langsung berkenaan dengan air, bisa dikarenakan virus, jamur, parasit dan bakteri yang ditularkan oleh air.


Selain itu, pada musim hujan dengan hawa dingin seperti ini juga dapat menyebabkan alergi dingin atau memicu penyakit lain yang disebabkan oleh kelembabab yang tinggi.




Infeksi Jamur.
Untuk penyakit yang tidak disebabkan oleh kuman, biasanya terjadi pada anak yang alergi pada udara dingin. Kulit menjadi merah, bengkak, terasa menebal. Dan gejala ini sering disebut dengan nama BIDURAN.

Biduran bisa terjadi karena udara dingin, terkadang dialami anak sehabis mandi atau bangun tidur.






Edukasi orang tua memang penting.
Banyak penyakit kulit yang rentan dapat diderita anak saat musim hujan. Kebersihan kulit anak juga harus selalu dijaga, usahakan setelah anak terkena air hujan atau genangan air yang kotor, anak harus diajak untuk mencuci kaki dan tangannya.


Merawat Kulit Anak.
Oleh karena itu, agar anak tidakrentan terkena penyakit kulit di musim hujan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat kulit anak di msuim hujan:

1. Mandi Air Hangat.
Untuk menghindarkan kulit anak dari alergi dingin, tak ada salahnya ketika madi, air yang digunakan adalah air hangat. Karena, paparan udara dingin yang berlebihan juga tak baik untuk anak.

Selain itu, kipas angin dan AC ruangan ytang terlalu dingin di musim hujan juga tak baik bagi si kecil.




2. Pemakaian Sabun yang Tepat.
Untuk buah hati, pilih sabun yang tepat. Kalau memang masih bayi, maka gunakan sabun bayi, kalau sudah balita maka pakailah sabun untuk balita.

Sabun tak hanya berfungsi untuk membersihkan, nmaun juga dapat membantu mengatur pH Balance sesuai pH kulit. Untuk anak, pilih saja sabun yang bahan kimiawinya lebih sedikit.

3. Rajin Mengganti Pakaian.
Agar kuman di pakaian yang kotor rtidak membuat kulit tubuh anak terinfeksi, maka harus rajin mengganti pakaian anak. Kita tak tahu apakah ia habis bermain hujan saat di sekolah atau saat bermain bersama temannya.

4. Biasakan Cuci Kaki dan Tangan.
Selepas dari luar, biasakan anak untuk mencuci kaki dan tangannya. Selain untuk membersihkan dari bakteri, juga agar tak ada rasa khawatir jika ada bakteri atau kuman yang terbawa masuk ke dalam rumah.

5. Hati-Hati saat Berteduh.
Air hujan yang turun dari pohon bisa jadi sudah bercampur dengan getah atau ulat yang dapat menyebabkan infeksi kulit. Selain itu, bekali juga payung atau mantel hujan untuk si kecil agar ia tak harus terpaksa kehujanan saat sekolah atau bermain di luar.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Awas Penyakit Kulit Anak di Musim Hujan"

  1. Postingan yang bagus kang
    sukses selalu ya

    ReplyDelete
  2. datangnya musim hujan kita selalu waspada terhadap gejala penyakit dan juga Banjir mungkin.he.e.e.e

    ReplyDelete
  3. cah cilik deket tempatku malah hobi main comberan dan udan2an cak
    dan efeknya emang pada 'nggitar', karena gatel2, lengkap tipsnya
    thanks :)

    ReplyDelete
  4. pengingat buat orang tua..
    ijin berbagi gan...

    http://hary-apajadeh.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Permisi……..Numpang berbagi info gan, mudah2an ada manfaatnya untuk banyak orang sehingga blog anda juga menampung solusi dari problem yang di hadapi orang banyak. Terimakasih sebelumnya…….
    CIPADU HOLISTIC CENTER / CHC
    JL. Ulujami raya gang H. Dilun No 65 B Rt 05 / Rw 07, Ulujami, Pasanggrahan, Jakarta selatan. { Sebrang pondok pesantren Darunnajah Ulujami }
    Telp : 021.3638 2223 / 021.933 40 413 www. Multiterapi.blogspot.com
    InsyaALLOH CHC Bisa melayani Terapi :
    1. BEKAM
    2. SENGAT LEBAH
    3. SEDOT LINTAH
    4. HYPOTERMAL
    5. GURAH THT
    6. REIKI / PRANA
    7. MOCSIBASI
    8. REFLEKSI
    9. TOTOX
    10. EAR CANDLE
    11. MEDIPIC
    CHC juga memproduksi berbagai macam obat herbal multikhasiat untuk anda, serta membuka layanan konsultasi dan diagnose penyakit jarak jauh, baik permasalahan lahiriah maupun bathiniah.
    12. MASSAGE LIMPATIC
    13. CHIROPRACTIC YUMEIHO
    14. ACCUPRESURE
    15. PIJAT BAYI.
    16. OBAT-OBAT HERBAL
    17. CEK GULA DARAH.
    18. CEK ASAM URAT
    19. CEK CHOLESTEROL
    20. KONSULTASI PROBLEM LAHIRIAH DAN BATINIAH.
    21. Cek UA, Cholesterol, Gula.




    ReplyDelete

Labels