Bahaya Makanan Manis pada Anak

Anak-anak memang paling senang mengkonsumsi makanan yang manis. Namun, bila terlalu berlebihan mengkonsumsinya, akan sangat berbahaya bagi kesehatan anak. Tak hanya menyebabkan si kecil terkena obesitas, tapi juga gangguan pada gigi, bahkan diabetes di usia dini.


Sebagai orang tua, terkadang membiarkan anak mengkonsumsi makanan manis.
Ada pepatah yang mengatakan sebagai berikut:
Like mother, like daughter.
Like father, like son.

Hal itu menggambarkan apa yang ada pada diri anak merupakan cerminan dari perilaku orang tuanya. Karena itu, sebaiknya orang tua memberikan contoh yang baik pada anak sedini mungkin dengan tidak mengakrabkan rasa manis berlebih pada setiap kegiatan makan dan minumnya.
Karena rasa manis itu ibarat zat adiktif yang sulit dilepaskan.

Kebiasaan Makan.
Pada umumnya, anak-anak tidak pernah bisa menolak karbohidrat sebagai salah satu sumber zat gizi yang memberikan rasa manis, terutama karbohidrat sederhana seperti gula, madu, atau gula dalam buah.

Coba saja perhatikan, anak-anak begitu mudah terbangkitkan selera makannya hanya dengan menambahkan 1-2 sendok teh gula pasir ke dalam susunya atau minuman lain. Sebaliknya, anak-anak tidak menyukai rasa pahit. Bisa dimaklumi kalau mereka biasanya juga tidak menyukai sayuran karena dalam sayuran terselip rasa pahit.



Meskipun anak tergila-gila pada jenis makanan tadi, sebaiknya orang tua tidak memanjakan mereka dengan memberikan makanan yang justru akan berakibat buruk tersebut.
Kalaupun tak kuasa menolak, cukup sesekali saja, soalnya kendati sebagi sumber kalori, gula dan karbohidrat yang dikonsumsi berlebihan hanya akan menyebabkan gangguan kesehatan di kemudian hari.

Diabetes Dini.
Terkait dengan dampak buruknya terhadap kesehatan anak, saat anak mengkonsumsi makanan atau minuman manis, maka rasa manis itu akan diserap dengan cepat ke dalam pembuluh darah, sehingga meningkatkan kadar hormon insulin.

Selanjutnya, hormon insulin ini akan bekerja menarik gula darah dan lemak dari darah untuk dismpan di jaringan tubuh sebagai persediaan di masa mendatang.

Proses penyimpanan ini jika tidak diimbangi dengan pengeluaran energi, maka akan menyebabkan kenaikan berat badan dan berlebih (over weight), lalu bisa meningkat menjadi kegemukan atau obesity. Ujung-ujungnya adalah akan timbul beragam penyakit, dan salah satunya yang paling mengancam adalah penyakit diabetes.

Tentu semua orang, khususnya orang tua akan bersedih jika anaknya yang masih kecil sudah terkena diabetes bukan?
Maka dari itu, sebaiknya sebagai orang tua ushakan mengatur asupan makanan yang manis-manis, khusunya gula pada anak.Dengan demikian akan terbangun kebiasaan pola makan yang baik sejak dini.

Merusak Gigi.
Selain itu, mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan karies gigi.
Karies gigi adalah lubang pada gigi yang disebabkan oleh kuman. Kuman itu bisa tumbuh subur di gigi karena ada makanan tersisa pada gigi.
Kuman sangat senang tinggal pada sisa makanan yang mengandung karbohidrat dan yang manis.

Jika dibandingkan penyakit lain seperti jantung dan diabetes, sakit gigi tampaknya memang ringan. Namun, jika tidak diperhatikan, gigi yang rusak bisa menyebabkan resiko yang lebih berat.
Misalnya saja perawatan yang kurang terhadap gigi anak balita. Akibatnya, gigi akan keropos dan berwarna kehitaman. Jika sudah demikian, anak tidak bisa mengunyah makanan dengan baik.

Setiap kali makan, dia akan merasa sakit dan lama kelamaan dia akan tidak mau makan. Dan kalau sudah tidak mau makan maka orang tua yang akan repot sendiri nantinya.

Subscribe to receive free email updates:

27 Responses to "Bahaya Makanan Manis pada Anak"

  1. Satu wawasan yang menarik brada.
    salam,-

    ReplyDelete
  2. Ternyata diabetes juga menyerang pada usia dini, saya kira hanya pada orang tua saja.

    ReplyDelete
  3. Swaktu muda tak bs menjaga makanan, sewaktu tua juga tetap menuai akibatnya, sob. Nice info sob, happy morning...

    ReplyDelete
  4. kalo punya anak mesti dijaga dg baik dan perhatian soal makanan apalagi anak2 sukanya makan permen, coklat, juga minuman yg manis2 jangan sampai berlebihan ,....
    artikel yg bagus saya suka....:)

    ReplyDelete
  5. wah..
    trimakasih sblumnya..
    mngkin dari post ini saya bisa mengingatkan adik2 saya :)

    ReplyDelete
  6. wah baru tahu ane ... , kalau se umuran ane masih termasuk anak anak bukan yah ?? :D :D :D

    nice share :)

    ReplyDelete
  7. wah, saya udah gede om. bukan anak2 lagi. hehe

    ReplyDelete
  8. mungkin makanan manis juga berbahaya buat orang dewasa ya,,

    ReplyDelete
  9. iya kata orang tua dulu kata ga boleh banyak makan permen sebelum makan.

    ReplyDelete
  10. nek ane liat emang banyak yang seperti itu, jadi anak kecil terlalu dimanja sehingga kesenengane -dijor klowor- /terus dituruti tanpa melihat sisi negatipnya..
    iklan inpolingnya keyen cak, aku jadi pengin pasang sudah 1th reg ratau ditempel xixixi

    ReplyDelete
  11. anak saya suka makan yang manis..nih,,, thanks to share :)

    ReplyDelete
  12. sangat berguna gan lebih2 buat mereka yang sudah punya anak

    ReplyDelete
  13. yang lebih membahayakan bila jajanan di luar pakai pemanis buatan bahkan sintetic yg bisa menyebabkan kanker.

    Snack yg terlalu manis n asin jg perlu diwaspadai.

    Berikan aturan pola hidup sehat sejak dini....

    ReplyDelete
  14. agak milih2 dalam hal makanan sob.. rasanya miris kalo liat cara pembuatan pemanis tersebut..

    ReplyDelete
  15. wahhhh...kalo saya udh ga suka yg terlalu manis mas, bikin eneg tenggorokan

    ReplyDelete
  16. kalau gitu... biasakan dari sejak kecil minum yang pahit-pahit aja ya kali...

    ReplyDelete
  17. @®obinhut:
    Ya ndak begitu, yang dimaksud postingan di atas adalah makan makanan manis yang berlebihan gan. Bukannya identik dengan tidak boleh makan makanan manis

    ReplyDelete
  18. Hello, I really enjoy reading your posts, thank you for the great post!
    :)

    ReplyDelete
  19. Excellent post. I was checking continuously this blog and I’m impressed!

    ReplyDelete
  20. Very interesting your posting, thanks for putting up.

    ReplyDelete
  21. I really like this website , and hope you will write more ,thanks a lot for your information.

    ReplyDelete
  22. wah...ternyata mengkhawatirkan sekali yaa..mulai sekarang harus selalu berhati-hati dalam memberi makanan pada anak-anak...mksh bro infonya :)

    ReplyDelete
  23. I like this website, Thanks for sharing this information. Keep posting more.

    ReplyDelete
  24. I very happy to find this website on bing, just what I was looking for : D also bookmarked

    ReplyDelete