Tuesday, July 12, 2011

Gejala Radang Payudara

Penyakit radang payudara memang beda dengan penyakit kanker payudara. Macam-macam radang payudara juga bisa dipilah dari penyebabnya, dimana radang ini biasa disebut dengan penyakit mastitis.
Pada dasarnya, gejala yang timbul akibat mastitis adalah timbulnya benjolan di payudara.
Benjolan atau penebalan ini berwarna merah, juga terasa panas dan nyeri.

Nyeri yang timbul bisa cenat-cenut di daerah payudara, apalagi bila benjolan ini sebagai bisul yang pecah, maka penampilannya jadi sangat mengerikan.
Rasa nyeri inilah yang merupakan perbedaan mendasar antara radang payudara dan kanker.


Pada kanker payudara, awalnya pengidap tidak akan merasa nyeri sama sekali, melainkan hanya timbul benjolan saja. Benjolan mastitis bukan seperti kanker yang bentuknya keras, melainkan berupa penebalan yang berisi cairan.




Mastitis ini biasanya menyerang salah satu payudara saja, tapi tidak menutup kemungkinan bisa menyebar hingga kedua payudara terinfeksi.

Pada beberapa kondisi, mastitis bisa menyebabkan keluarnya cairan dari daerah puting. Cairan ini berwarna putih kekuningan seperti nanah. Beda halnya dengan kanker payudara, cairan yang keluar dari puting biasanya merah atau kuning kecoklatan seperti noda darah.

Selain itu, terkadang puting juga terasa seperti tertarik. Pada mastitis yang disebabkan infeksi kuman, terkadang berkembang menjadi suatu kumpulan nanah dalam rongga baru di jaringan kelenjar payudara.

Nanah ini terbentuk dari kumpulan bakteri, jaringan dan leukosit, baik mati maupun hidup. Bahaya nanah ini bisa menyebar ke bagian tubuh lain hingga menyebabkan rasa merinag atau demam tinggi dan menggigil, keringat banyak, turunnya daya tahan tubuh bahkan hingga menurunnya kesadaran.

Labels

Berita