Monday, August 5, 2019

6 Karakteristik Dasar Makhluk Hidup

Objek biologi adalah makhluk hidup. Makhluk hidup memiliki karakteristik tersendiri jika dibandingkan objek sains lainnya.

Karakteristik dasar makhluk hidup itu adalah sebagai berikut:

1. Makhluk hidup disusun oleh sel.

Setiap makhluk hidup terdiri atas satu sel atau banyak sel. Dan setiap sel itu dilindungi oleh membran yang memisahkannya dari lingkungan.

Sel disebut sebagai unit struktural, unit fungsional terkecil dari makhluk hidup. Semua makhluk hidup di bumi ini disusun oleh datu atau sampai miliaran sel.

Ukuran sel yang sangat kecil, sehingga harus menggunakan alat bantu mikroskop untuk dapat mengamatinya.


2. Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan yaitu perubahan ukuran sel menjadi semakin besar ataupun pertambahan jumlah sel. Pertambahan tinggi atau pertambahan berat suatu organisme merupakan tolsk ukur pertumbuhan yang teramati oleh kita.

Sejalan dengan pertumbuhan itu, sel-sel makhluk hidup akan mengalami perkembangan. Perkembangan itu meliputi perubahan sel menjadi bentuk yang berbeda dan menjalankan suatu fungsi tertentu.

3. Makhluk hidup melakukan proses metabolisme.


4. Makhluk hidup memberikan respon terhadap rangsang.

Setiap makhluk hidup sensitif terhadap rangsang, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar tubuh. Dan contoh rangsang yang diterima makhluk hidup antara lain adalah perubahan warna, arah dan intensitas cahaya, suhu, tekanan, kadar air dan suara.

5. Makhluk hidup melakukan reproduksi.

6. Makhluk hidup mampu beradaptasi dengan lingkungan.

Setiap makhluk hidup mampu beradaptasi sehingga dapat bertahan meskipun keadaan lingkungan senantiasa berubah.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang SOPAN Sob...