Friday, June 28, 2019

4 Kebiasaan Si Kecil yang Bisa Merusak Gigi

Namanya juga anak kecil, selalu saja ada tingkah laku yang tidak sepatutnya dan membuat kelucu-lucuan. Tapi dalam satu hal ini, agar gigi si kecil tetap sehat dan rapih sebaiknya perlu dihindari.

1. Makan diemut.

Makanan yang terlalu lama diemut di mulut akan menempel di gigi dan memerangkap bakteri untuk membentuk asam dan merusak gigi.

2. Minum susu sampai tertidur.

Pemanis yang terdapat pada susu akan menempel pada gigi dan menjadi makanan bagi bakteri, karena pada saat tidur produksi air liur berhenti.


3. Mengisap jari.

Kebiasaan mengisap jari maka akan menekan atau mendorong gusi anak. Akibatnya bisa mengubah struktur gusi menjadi lebih maju.

4. Malas menggosok gigi.

Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi akan menjadi makanan bagi bakteri. Bertumpuknya sisa makanan ini memperbanyak asam yang dibentuk oleh bakteri sehingga bisa merusak gigi.

Itulah kebiasaan-kebiasaan anak yang patut diingatkan jangan dikerjakan.

4 comments:

  1. Bayi selalu lucu
    Gigipun masih susu
    Jika rewel karena gigi rusak yang bingung si ibu

    ReplyDelete
  2. Sering makan permen bisa masuk kategori merusak gigi gak ya? Soalnya ada yang suka makan permen dan giginya rewel, hehehe

    ReplyDelete
  3. kenapa yah anak kecil malas gosok gigi, padahal sudah saya belikan pasta gigi yang bergambar kartun dan rasanya juga dikhususkan bagi anak-anak. tapi kadang anak2 tetap malas

    ReplyDelete
  4. saya termasuk malas gosok giigi :( sehari sekali

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang SOPAN Sob...