Friday, May 11, 2018

Obat Asam Urat Alami dan Terbaik - Daun Salam Pengalaman Pribadi

Ketika bangun tidur beberapa hari yang lalu saya kaget karena tidak mampu berjalan dikarenakan kaki rasanya nyeri sekali seperti tertusuk oleh jarum besar.

Saya lihat-lihat apakah ada jarum di kaki saya, ternyata tidak ada benda apapun yang menancap di kaki. Kemudian saya teliti lagi ada apa gerangan ini.

Waktu itu jam 3 pagi seperti biasanya, ketika akan ke kamarr mandi untuk berwudhu, tiba-tiba tidak mampu untuk berjalan. Mampu sih berjalan, akan tetapi jinjit.

Ada rasa nyeri di bagian pergelangan jempol kaki. Kuamati ternyata pergelangan jempol kaki terlihat merah membara. Ooo...ini ya yang menjadi penyebabnya, pikirku.

3 Penyakit Dengan Gejala Sama


Saya belum cek di laborat, terpaksa mengira-ngira sendiri sakitnya. Kalau gejalanya seperti itu biasanya sakit ini:

1. Kencing manis.
2. Kolesterol.
3. Asam urat.

Waduh, mau mencari obat kemana ini? Karena masih pagi sekali, subuhpun belum berkumandang, akhirnya saya mencari sendiri obat yang cocok untuk penyakit itu di kebun rumah.


Jatuhlah pilihan saya pada daun salam yang ketika itu masih terlihat kecil belum besar. Aku ambil daunnya sebanyak 10 lembar kemudian digodok dengan 3 gelas air hingga sisa satu gelas.

Setelah agak dingin, aku minum airnya. Subuhpun berkumandang, shalat dulu saja dan setelah itu rebahan di tempat tidur. Ada yang bergerak rasanya di pergelangan jempol kaki.

Ada apa ya, mungkin daun salam mulai bekerja, pikirku. Ah tidak secepat itu efeknya, akhirnya aku tertidur hingga ham setengan enam pagi.


Khasiat Daun Salam Untuk Obat Asam Urat

Ajaib, rasa nyeri di pergelangan kaki tadi menjadi berkurang. Alhamdulillah berkurang rasa nyerinya. Dan setelah sekitar jam 8 pagi, saya menuju dokter dan dicek lengkap, kolesterol, asam urat, diabetes dan tensi menggunakan alat-alat cek yang kecil.

Nilainya adalah:
- Tensi = 120/80
- Gula darah = 88 mg/dl (normalnya kurang dari 200mg/dl).
- Asam urat = 7,2 mg/dl (normalnya laki-laki 3,5-7 mg/dl, wanita 2,6-6mg/l).
- Kolesterol = 123 mg/dl (normalnya kurang dari 200mg/dl).

Kata pak dokter, semuanya normal, cuma asam uratnya yang kelebihan sedikit. Ini harus diberi obat. Maka terjadi kesepakatan, cek dan obat 85 ribu rupiah.

Anehnya, aku tanya obat yang alami apa ada untuk menurunkan kolesterol? Maklum saya kurang suka obat kimiawi. Dijawab pak dokter dengan tigas "Tidak Ada".

Ya sudahlah saya akhirnya pulang. Di rumah, obat pemberian pak dokter masih utuh dan saya tetap memakai daun salam untuk menyembuhkan asam urat.

Tentu saja hasilnya bervariasi terhadap pasien, tegantung seberapa parahnya penyakit asam urat yang dideritanya. Kalau belum parah benar, bisa pakai daun salam, murah meriah. Dan selang dua hari berikutnya, rasa nyeri hilang. Diminum pagi siang dan sore hari.


Karena Makan Hati

Aku ingat-ingat apa yang sudah aku makan satu dua hari yang lalu, teringatatlah aku bahwa kemarin aku makan hatinya kambing yang terpoles di bumbu masakan Padang.

Memang biasanya sih saya memilih lauk daging, tapi kebetulan hari itu sedang habis, dan akhirnya memilih hati sapi sebagai lauk pauknya.

Tidak menyangka akibatnya, padahal makan hanya seperempatnya saja.

Pantangan Asam Urat

Benjol...
B = Bayam.
E = Emping.
N = Nanas.
J = Jeroan.
O = Otak.
L = Lemak.

Terjadi Karena

Asam urat terjadi karena kelebihan purin di dalam tubuhnya sehingga kalau tidak dikeluarkan akan menumpuk di persendian, biasanya sendi daerah jempol kaki.

Purin jika lebih akan dikeluarkan melalui utine, keringat. Jadi sebaiknya minum air putih yang banyak agar purin bisa keluar melalui air seni.

Cukup sekian saja, terimakasih semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

10 comments:

  1. saya juga klau habis makan kacang banyak pasti terasa asam uratnya mas

    ReplyDelete
  2. Jadi ingat kata-kata ini, "kalau masak sayur asam banyakkin daun salamnya selain aromanya harum juga baik untuk kesehatan."
    Mungkin juga daun salam punya efek mengeluarkan purin dalam tubuh penderita asam urat
    Semoga lekas sehat dan tidak kambuh lagi

    Hati adalah jeroan

    ReplyDelete
  3. istriku malah rebus daun sirsak. tapi daun salam coba deh nanti siapa tahu ces pleng

    ReplyDelete
  4. Pantangan jenis makanan untuk penderita asam urat .. bisa dirangkai jadi Benjol, ya ..
    Kreatif juga mas Tomo ini 👍

    Ayoo, siapapun yang punya sakit asam urat atau punya keluarga penderita asam urat, resep artikel ini bisa jadi panduan untuk berobat herbal..

    ReplyDelete
  5. Iya bener ini.. aku juga pernah minuman rebusan daun salam untuk mengooati sakit pinggang.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih sharingnya, Mas. Semoga membantu bagi yang mengalami asam urat. Dan daun ini mudah ditemukan juga ya, Mas..

    ReplyDelete
  7. beneran ya ini bang,?
    bundaq soalnya sering bang asam urat.. kasian..
    coba saya sarankan bunda untuk tips ini. dan akan selalu q ingat
    Benjol...
    B = Bayam.
    E = Emping.
    N = Nanas.
    J = Jeroan.
    O = Otak.
    L = Lemak.

    thanks bang

    ReplyDelete
  8. Ini penyakit yg kalo sudah parah banget yg bisa nyebabpin benjolan benjolan di ruas2 jari itu yo mas? Pernah liat sih orang yg kayak gitu, ternyata mudah saja ya obat tradisonalnya.

    ReplyDelete
  9. Saya kirain hanya buat sayuran saja daun salam, ternyata manfaatnya banyak

    ReplyDelete
  10. saya sudah coba rebus daun salam kemarin, sayang gak keminum karena gosong. ceritanya ngrebus terus ditinggal tidur, airnya sampai habis dan...

    ReplyDelete

Categories