Friday, April 27, 2018

Jangan Makan ini Jika Sakit Asam Urat

Penyakit asam urat ini sakitnya luar biasa hebatnya, bahkan sampai tidak bisa berjalan. Rasa ngilunya tak tertahankan, berbaring pun juga masih terasa sakit.

Asam urat adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C₅H₄N₄O₃ (wikipedia). Anehnya, asam urat ini tidak langsung menimpa pada seseorang, namun dalam jangka waktu 10 atau 20 yang akan datang.

Benarlah apa kata pepatah, masa 10 tahun yang lalu akan menentukan masa sekarang. Ingat kata Mas Deddy yang mengatakan bagaimana ya orang itu bisa kurus? Pak Deddy mengatakan ya tanyakan apa yang diperbuatnya 10 tahun yang lalu.



Sakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena kelebihan purin dalam darahnya. Sasarannya terletak pada ugel-ugel atau ruas pada jari dan kaki. Dimana purin kurang mampu dibuang lewat urine.

Sakit asam urat dianjurkan makan makanan bergizi serta hindari makanan yang terbuat dari kacang, kacang-kacangan. Padahal sebenarnya yang paling bahaya dan paling banyak kandungan purinnya adalah bayam.
1. Bayam.
2. Emping.
3. Nanas.
4. Jeroan.
5. Otak.
6. Lemak.

Buah yang berbahaya bagi asam urat adalah buah nanas. Jadi kalau bisa jangan dimakan saja jika sudah menderita asam urat. Toh tidak makan nanas tak masalah, masah ada yang lain.

Itulah makanan pantangan dari sakit asam urat.

6 comments:

  1. wah.. ortuku perlu q kasih info ini nih.. biar menghindari makanan2 ini. terlebih bayam...

    ReplyDelete
  2. Penyakit asam urat ini memang didapat dari gaya hidup, saya perhatikan ada seseorang yang gaya makannya yang sangat sembarangan dalam arti berlebihan dampak buruknya akan terlihat kemudian, betulah adanya penyakit itu bermula dari perut
    itu sebabnya hati-hati dari awal soal makanan

    ya bayam penyumbang purin yang paling banyak selain jeroan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayam yang di luar dugaan karena dia ini adalah sayuran. Banyak yang salah arti

      Delete
  3. Waduh.. gak boleh makan bayam ni bang, beneran? Padahal saya sering nih makan banyak sayur bayam, pantas aza kakiku sering merasa sakit, mungkin itu kali ya penyebabnya, jadi asam uratku kambuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul maz
      Pak Dokternya ayahku yang memberitahu

      Delete

Categories