Friday, February 16, 2018

7 Organ Pernapasan Manusia dari Luar Hingga Dalam

Dapatkah kalian menyebutkan apa saja organ yang menyusun sistem pernapasan manusia? Tentu saja bisa, namun belum tentu bisa menyebutkan semuanya secara lengkap.

Mungkin hidung, tenggorokan serta paru-paru sering kita kenal. Organ penyusun sistem pernapasan tersebut dikelompokkan berdasarkan struktur dan fungsinya.


Ini urutannya.

1. Hidung.
2. Faring.
3. Laring.
4. Trakea.
5. Bronkus.
6. Bronkiolus.
7. Paru-paru.
8. Alveolus.

Itulah urutan organ pernapasan manusia dari luar hingga ke dalam.

Rokok Perusak Organ Pernapasan


Pernah suatu ketika saya dicemooh oleh kawan baik saya karena sudah berhenti merokok cukup lama. Dia bilang kalau teman saya itu merokok cukup lama namun aman-aman saja dari penyakit.


Jujur, saya sendiri juga heran. Padahal dia setiap hari mampu menghabiskan rokok sebungkus bahkan lebih. Karena kawan baikku, saya tidak menggubrisnya dan hanya tersenyum saja.

Secara medis, penyakit akibat rokok tidak bisa langsung menyerang. Semuanya menusuk secara bertahap ke tubuh manusia.Lingkungan juga mempengaruhi.

Yang penting lagi adalah faktor keturunan.
Ya sudahlah, ayo berhenti merokok tanpa syarat.

21 comments:

  1. Hidung dan paru2 doang tahunyq, yg lainnya baru tahu..

    ReplyDelete
  2. ubtubg saya sudah 8 tahun berhenti merokok

    ReplyDelete
  3. Organ yang sangat penting.
    mari kita jaga kesehatannya. :D

    ReplyDelete
  4. rokok bisa merusak semua organ tersebut ya

    ReplyDelete
  5. Baru tahu saya, yang saya tahu ya paling hidung sama paru paru ,hehe

    ReplyDelete
  6. Perokok berat seperti kakak saya pasti nggak suka banget nih baca ginian.

    ReplyDelete
  7. saya tahunya hidung dan paru paru ternyata ada. salah satunya masalah berarti pernafasan terganggu

    ReplyDelete
  8. Dampak buruk kesehatan akibat rokok memang tidak langsung, tapi jangka panjang sdh banyak yang terbukti terutama orang terdekat kami

    tp ya gitulah selalu saja ada pembenaran

    ReplyDelete
  9. So say no to smoking. Harus jaga kesihatan organ pernafasan.

    ReplyDelete
  10. Merokok efek nya tidak di rasakan secara langsung, bisa berakibat fatal beberapa tahun mendatang.
    Kabar nya merokok 1 batang mengurangi jatah hidup 1 hari di masa mendatang.

    ReplyDelete
  11. Setelah membaca tulisan diatas... Jadi takut aku merokok... Meski tidak bisa total intinya secara perlahan tapi pasti...thanks sob..😄😄😄

    ReplyDelete
  12. Karena merokok efeknya tak langsung dirasa, makannya hampir semua orang susah berhentinya karena merasa aman-aman saja

    ReplyDelete
  13. Ternyata organ saluran pernafasan dari luar hingga dalam panjang juga ya...sampai melewati 8 organ lain...

    ReplyDelete
  14. Merokok memang tidak baik bagi kesehatan paru-paru dan kantong, tapi sebagian besar orang Indonesia hobi merokok.

    ReplyDelete
  15. siapapun boleh merokok, asal ditelann asapnya :)
    supaya tdk mengganggu orang lain.
    saya sudah lama stop rokok

    ReplyDelete
  16. Temenku cewek demen bgt ngrokok, aku mah apa cuma bau asap rokok aja pusing bgt, hhh

    ReplyDelete
  17. Saya paling benci kalau ada orang yang merokok ditempat umum, harusnya sono ditempat khusus sendiri...biar orang lain nggak sesek gara gara asapnya

    ReplyDelete
  18. saya g ngerokok.. tapi g anti juga sama orang yg merokok.. asal tahu etika aja dalam merokok.. dan saya baru sadar.. ternyata lingkungan di sekitarq g ada yg ngerokok.. :D

    ReplyDelete

Categories