Friday, October 13, 2017

6 Khasiat Kentang Makanan Alternatif Program Diet

Kentang merupakan salah satu tanaman tahunan yang paling banyak ditanam di seluruh dunia. Kentang termasuk dari golongan herba semusim (tanaman pendek tidak berkayu, dan cocok untuk ditanam di dataran tinggi serta di daerah yang beriklim tropis.

Bagian kentang yang dimanfaatkan manusia untuk dimakan yaitu umbi batangnya. Penduduk eropa dan amerika memanfaatkan kentang sebagai makanan pokok.

Namun sekarang ini, banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai makanan alternatif untuk program diet. Hal ini dikarenakan kentang :

1. Kaya akan nutrisi.
2. Sumber karbohidrat.
3. Kandungan tepung dan gula tinggi.
4. Vitamin.
5. Serat.





Kentang memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan nasi, karena memiliki kandungan protein dan mineral yang lengkap. Kentang apabila dikonsumsi dengan kulitnya (dibersihkan dengan benar), masuk dalam kategori karbohidrat kompleks.

Kentang mempunyai banyak khasiat diantaranya,
1. Potasium.
2. Vitamin C (sumber kedua setelah jeruk).
3. Menyimpan karbohidrat kompleks.
4. Pengganti gula darah.
5. Penjaga tekanan darah.


Kentang cocok bagi yang mengalami kekurangan gula dalam darah. Selain itu, kentang merupakan sumber terbaik dalam pembentukan zat besi dalam darah.

Kentang juga menjamin sistem ketahanan badan karena kandungan vitamin serta kalsium yang tinggi. Dengan banyaknya kandungan gizi, maka kentang juga memiliki banyak manfaat.

Apa saja manfaat kentang?
Berikut manfaatnya.

1. Memelihara kesehatan sistem pencernaan karena mengandung serat yang cukup tinggi.

2. Mampu melawan penyakit.
Seperti jantung, gangguan saraf, tumor, kanker prostat dan rahim.

3. Memelihara kesehatan wajah.
Dengan membalurkan kentar di wajah dapat membuat kulit wajah bersinar dan mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam di wajah.






4. Mengurangi kadar kolesterol, karena kalorinya rendah.

5. Baik untuk perkembangan otak karena adanya zat besi dan tembaga.

6. Menghilangkan stres pikiran karena kandungan vitamin B6.

Kentang segar dengan kulitnya kaya antioksidan dari vitamin C. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa antioksidan flavonoid dan quercetin pada kentang memiliki sifat antikanker dan kardioprotektif.

Itulah enam khasiat dari kentang yang perlu diketahui.

5 comments:

  1. Nak makan kentang banyak2 lah lepas ni. Mmg sedap

    ReplyDelete
  2. Kentang direbus dikasih sambel kacang, kenyang deh. Kentang dapat dijadikan makanan pengganti nasi bagi mereka yang sedang terkena penyakit diabetes.

    ReplyDelete
  3. Betul sekali Mas Dody. Kentang dapat dijadikan makanan pengganti nasi bagi mereka yang sedang terkena penyakit diabetes. Silahkan dicoba ...

    ReplyDelete
  4. GV suka makan kentang goreng. sedap. hihi.

    ReplyDelete

Categories