Cara Cerdas Mengonsumsi Teh

Teh adalah suatu minuman yang kaya akan vitamin dan mineral. Alangkah baiknya dalam mengonsumsi teh tidak lebih dari lima cangkir dalam sehari untuk menghindari efek samping dan dibareni dengan mengonsumsi air putih.

Dalam menyeduh teh, maka perhatikanlah cara menyeduh yang baik dan benar. Untuk menyeduhnya, gunakan air mendidih bersuhu 70 atau 80 derajat celsius. Jangan terlalu lama direndam di air karena akan kehilangan manfaat teh.





Teh celup juga memiliki khasiat seperti halnya teh tubruk. Namun alangkah baiknya berhati-hati dengan kantung pembungkusnya karena terdapat zat klorin dalam kantung tersebut. Klorin berfungsi sebagai desinfektan pada kertas agar kertas terbebas dari bakteri pembusuk.

Dengan demikian kerta bisa bertahan lama. Selain itu perhatikan karena kertas tersebut bisa larut dalam teh yang akan diseduh, jadi sebaiknya jangan terlalu lama menyeduhnya.


Agar amannya, cukup celupkan teh maksimal tiga menit saja karena kalau semakin lama maka jumlah klorin yang larut akan semakin banyak. Dan dampak negatifnya jika dilakukan berulang-ulang maka dapat menimbulkan akumulasi kronik. Diantaranya beberapa masalah seperti gangguan liver, ginjal dan jantung.

Teh Jangan Direbus


Teh sebaiknya jangan direbus karena kalau direbus zat antioksidannya akan menguap. Padahal antioksidan ini berguna untuk menetralisir racun dalam tubuh.






Jadi, usahakan teh diseduh saja jangan sampai direbus. Teh juga mengandung kafein, jika direbus konsentrasi kafeinnya akan meningkat.

Sebaiknya simpan teh dalam wadah yang gelap dan kedap udara untuk menghindari kualitas dan arom teh. Sebaiknya membeli teh dalam jumlah kecil saja agar tidak kadaluarsa dan selalu simpan di tempat yang sejuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Cerdas Mengonsumsi Teh"

Post a Comment

Labels