Berapa Jarak Ideal Operasi Sesar Pertama Menuju Yang Kedua

Sekarang jamannya operasi sesar, lagi trending di ibu-ibu yang hamil dengan alasan yang berbeda-beda. Namun yang utama adalah keselamatan ibu dan bayi.

Selain boleh tidaknya sering melakukan operasi sesar, jarak ideal untuk melakukan operasi sesar juga kerap membuat ibu hamil bertanya-tanya. Berapa ya jarak idealnya?





Memang sampai saat ini belum ada batasan yang jelas antara operasi sesar sesudah dengan operasi sesar sebelumnya. Namun dari beberapa kepustakaan menyebutkan bahwa angka 18 bulan adalah jarak optimal antara operasi sesar datu dengan operasi sesar berikutnya.

Alasannya yaitu dengan memberi kesempatan pada tubuh ibu agar dapat menyembuhkan luka sesar sebelumnya dan menurunnya insiden ruptur atau robeknya rahim akibat kontraksi.

Hal inilah yang perlu dicermati khususnya oleh ibu-ibu yang baru satu kali melakukan operasi sesar dan berencana untuk melakukan persalinan normal pada kehamilan berikutnya.


Dengan memberikan jarak yang optimal dari operasi sesar sebelumnya maka diharapkan penyembuhan luka lebih baik, dimana dinding rahim tempat luka sesar sebelumnya tidak terlalu tipis.

Namun pada ibu-ibu hamil jarak dekat dengan operasi sesar sebelumnya, dianjurkan untuk melahirkan dengan operasi sesar lagi. Hal ini dikarenakan penyembuhan luka operasi yang belum optimal. Ada kemungkinan dinding rahim tempat sesar menjadi tipis pada kehamilan berikutnya, sehingga meningkatkan kemungkinan terjadinya robek rahim saat kontraksi atau mules.

Meski demikian, persalinan normal setelah riwayat operasi sesar dimungkinkan jika ibu baru mempunyai satu kali riwayat operasi sesar sebelumnya. Tingkat keberhasilannya menjadi lebih besar bila ibu mempunyai riwayat melahirkan normal atau sesudah operasi sesar sebelumnya.






Bila jarak kehamilannya lebih dari 24 bulan, kemungkinan penyembuhan dinding rahim bekas sesar lebih sempurna. Selain itu, faktor lain yang menentukan adalah ukuran bayi yang tidak terlalu besardan posisi kepala yang turun masuk ke pintu atas panggul juga mempengaruhi keberhasilan.

Dokter tentunya akan menilai apakah dinding rahim bagian bawah masih tebal dan memungkinkan untuk dilakukan persalinan normal. Kalaupun sesar, harus dilakukan di rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dan mampu untuk operasi sesar darurat jika ditemui adanya ancaman robekan di bagian bawah rahim.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berapa Jarak Ideal Operasi Sesar Pertama Menuju Yang Kedua"

Post a Comment

Labels