6 Manfaat Makan Makanan Berserat

Makanan berserat adalah makanan yang mengandung sert dimana tubuh tidak dapat mencerna atau menyerapnya. Karena tidak dapat dicerna oleh bagian pencernaan dalam tubuh, maka serat ini tak dapat menghasilkan energi atau kalori bagi tubuh kita.

Serat banyak ditemukan dalam,
- Buah.
- Sayur.
- Kacang-kacangan.
- Gandum.

Dalam Islam, makan yang baik adalah dengan makan sebelum kita lapar, dan berhenti sebelum kita kenyang. Bahkan Rasulullah menganjurkan untuk mengelola cara makan seperti itu.





Selain itu, perut kita dibagi menjadi tiga bagian yaitu,
- Bagian perut untuk makanan.
- Bagian perut untuk air.
- Bagian perut untuk udara.


Dengan menyeimbangkan ketiga unsur tersebut di dalam perut kita, maka kita akan menemukan kesehatan. Dan makanan berserat akan membantu dalam rasa kenyang dan kesehatan.

Kenapa kita harus makan makanan berserat? Karena makanan berserat ini sangat membantu dalam proses pencernaan. Apa saja manfaat makan makanan berserat?
Berikut penjelasannya.

1. Mampu mengatasi diabetes.

Serat larut membantu memperlambat proses pemecahan dan penyerapan glukosa. Meskipun hormon insulin penderita diabetes jumlahnya terbatas sekali.

2. Mencegah sembeli.

Bagi mereka yang lebih banyak menyantap makanan olahan pabrik dan kurang makanan berserat bisa mengakibatkan kesulitan mengeluarkan kotoran dalam tubuh, maka konsumsilah cukup serat.

3. Menurunkan berat badan.

Makanan berserat memiliki tingkat lemak yang rendah, maka secara otomatis meminimalisir total asupan yang dikonsumsi. Makanan berserat menimbulkan rasa kenyang.




4. Sebagai obat awet muda.

Serat dari sayur mayur dan buah kaya akan antioksidan, mampu melawan radikal bebas sebelum kerusakan pada sel-sel tubuh. Sehingga bisa menghambat penuaan.

5. Membantu proses detoksifikasi.

Serat akan memudahkan sisa makanan, sisa metabolisme yang dibuang pada waktunya tidak sampai terfermentasi oleh bakteri pembusuk. Bersamaan dengan gerakan maju mendorong di dalam usus, serat dalam sampah makanan sekaligus mengikis endapan kotoran yang terdapat pada dinding usus.
Dengan demikian membantu proses detoks.

6. Membantu mood, selagi tidur, kondisi tubuh.

Seolah sedang berpuasa singkat, kadar gula juga rendah. Makan makan berserat akan membuat kadar gula darah kita stabil. Sehingga kita cukup energi sampai tiba waktu makan selanjutnya.

Itulah enam manfaat dari makan makanan berserat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Manfaat Makan Makanan Berserat"

Post a Comment